banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Menuju #Sehat2014

author

mamul24 Jan 2014

Menuju #Sehat2014

Menjelang pergantian tahun kemarin, saya ditowel oleh seorang teman di socmed dengan tag ini : #sehat2014. Ow, keren banget ya tag ini dan (langsung) saya klik. Sayangnya, masih sepi postingan. Ndilalah,sekarang  saya malah kerajinan memakai tag ini, manakala saya sedang berusaha menyebarkan virus yang fitNfab.

Iya, banyak dari kita yang sudah membuat goal tahun 2014 harus melakukan ini atau begitu. Bisa jadi dalam rencana itu, ada terselip: saya ingin diet sehat, saya ingin mengatur makanan yang masuk, saya ingin belajar hidup sehat, saya ingin makin rajin olahraga, dll. Tapi seiring waktu berjalan, rencana tinggallah rencana dan di akhir tahun saat kita merenung, baru tersadar dan ada sedikit penyesalan karena tidak berhasil melakukan hal-hal sederhana yang menunjang kesehatan kita.

Mumpung masih minggu pertama di tahun yang baru, coba kita wujudkan satu per satu niatan untuk hidup sehat. Nggak perlu yang susah, semua bisa dimulai dari hal yang kecil loh, misalnya :

  • Penuhi standar hidrasi tubuh, minum air putih minimal 2 liter/hari.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman kemasan.
  • Selalu makan sayuran di waktu makan siang dan makan malam.
  • Usahakan ada buah-buahan di waktu cemilan atau saat lapar diluar jam makan utama.
  • Makanan dan minuman tinggi kalori dikonsumsi saat akhir pekan saja.
  • Melakukan stretching tiap kali bangun pagi. Pelan-pelan ditambah squat, crunch dan lunges (kemudian silakan tambahkan dengan kegiatan aktif lainnya di pagi hari),
  • Selebihnya, tambah sendiri yaaaa…
  • Nah, mudah kan? Bahkan, hal-hal kecil di atas bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Biasanya sih, setelah terbiasa melakukan hal-hal kecil tersebut secara rutin, lama-kelamaan kita akan menaikkan standar pola hidup sehat kita. Misalnya dengan mengurangi konsumsi garam dan gula. Kalau di awal-awal rencana kita langsung menerapkan pola mengurangi konsumsi gula dan garam, saya yakin banget pelaksanaan rencana hidup sehat kita akan bubar di tengah jalan, kurang dari sebulan.

    Maka santai saja dan lakukan rencana hidup sehat tanpa harus merasa terbebani. Seandainya teman kita berencana melakukan diet vegetarian selama sebulan di awal tahun ini, ya kita juga ngga perlu ikut-ikutan kalau merasa berat kan. Intinya, lakukan yang kita bisa, wujudkan dalam bentuk rutinitas harian dan nikmati pola hidup sehat ini. Percayalah, di akhir tahun akan ada hasil yang menggembirakan jika kita telaten menjalankan pola hidup sehat yang sudah direncanakan. Siapa tahu, lingkar pinggang kita mengecil dan perut jadi rata *tersenyum senang*.

    Share Article

    author

    mamul

    pecinta lemon hangat dan yoga. suka dengan makanan manis, terutama bolu keju. selalu girang ketika mendengar teman/kerabat/kenalan hingga anggota forum melakukan diet sehat disertai olahraga. slogan penyemangat hidup dalam menghadapi jungkir baliknya dunia parenting adalah "i'm not their perfect mother, but i always try to be the best for my kids, myself and my husband, be the best for my family".


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan