Donor Darah, Bermanfaat Bagi Semua

Ada yang pernah donor darah?

Sejak lama saya ingin sekali melakukan hal ini. Dulu pernah beberapa kali niat, tapi pada akhirnya nggak jadi karena dilarang sama petugas karena tekanan darah saya rendah. Sekalinya dalam kondisi oke, saya pingsan melihat darah segitu banyak mengalir dari tubuh teman saya *tutup muka*.

Beberapa waktu lalu, OT Group, menggelar OT Peduli Donor Darah. Aktivitas ini merupakan bukti nyata dari tanggung jawab sosial. Selain OT Peduli Donor Darah, OT juga secara rutin mengadakan bakti sosial mengunjungi dan memberi bantuan kepada panti jompo serta panti asuhan.

OT Peduli Donor Darah tahun ini mengambil tema “1.000 kantung darah = 3.000 nyawa.” Tema ini dipilih, selain menjadi target pendonor, namun sekaligus juga mengedukasi bahwa hanya dengan menyumbangkan 350 ml darahnya (= 1 kantong darah), setiap pendonor berarti telah menyelamatkan 3 nyawa. “Ini edukasi sekaligus ajakan, bahwa dengan satu langkah berbagi, kita menyelamatkan hidup orang lain,” ujar Yuna Eka Kristina, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

Mengenai donor darah sendiri, kita semua tentu tahu bahwa donor darah tak hanya bermanfaat bagi orang yang membutuhkan juga berguna bagi tubuh kita. dr. Dian Winarti, Kepala Bidang Pengadaan Darah Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, menjelaskan bahwa, ”Darah yang yang telah didonasikan akan diolah menjadi 3 komponen yaitu darah merah, trombosit dan plasma. 3 komponen ini kemudian dapat ditransfusi kepada 3 orang yang membutuhkan. Mendonorkan darah secara teratur, tentu saja membawa keuntungan bagi pendonornya, seperti mencegah penyakit seperti stroke, menurunkan risiko penyakit jantung, dan secara teratur memeriksakan kesehatan (meliputi pemeriksaan tekanan darah, nadi, suhu; berat badan, hemoglobin, serta kemungkinan penyakit: hepatitis B/C, HIV dan penyakit dalam)“.

Selain manfaat kesehatan fisik, mendonorkan darah akan mendatangkan kepuasan sendiri karena telah menyelamatkan nyawa orang lain, lho. Ya, berbagi pada orang lain itu menimbulkan perasaan berbeda, miracle of giving. “Setiap tahunnya, PMI membutuhkan sekitar 4 juta kantung darah, dan sekarang baru terpenuhi sekitar 3 juta, berarti masih dibutuhkan sekitar 1 juta kantung darah. Oleh karenanya, kami sangat berterima kasih bila saat ini, OT membantu mendonorkan 1.000 kantung darah, dan ini pasti sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan,” ungkap dr. Dian.

Nah, buat Mommies yang berniat mendonorkan darah, yuk jangan segan-segan untuk melakukannya. Kalau saya, umm.. tampaknya harus mengatasi gimana caranya biar nggak pingsan kalau melihat darah dulu, nih :(

 

 


Post Comment