Fit and Fab Mommy, Sehat Nggak Pakai Susah

Beberapa waktu yang lalu, untuk pertama kalinya saya hadir di salah satu event yang dibuat oleh Mommies Daily, yaitu Fit and Fab Mommy. Meski hampir tiga tahun menjadi member (yang lumayan aktif), tapi baru kali ini saya bisa setor muka dan bertemu dengan member lainnya. Senang? Pasti dong. Kapan lagi bisa bertemu teman baru sembari menyerap ilmu gratisan.

Yup, event kali ini benar-benar mengajak Mommies untuk hidup lebih sehat. Ditambah lagi kedatangan Philips yang mengajak kami semua (para peserta) untuk berpikir dan sharing ide-ide segar yang bermakna. Jadi, Philips mengajak kita semua untuk menuangkan ide yang inovatif dan fresh dan berguna untuk khalayak ramai. Kerennya lagi, ide yang terpilih akan diwujudkan oleh Philips dan disokong penuh lho (info lebih lanjut, silakan ke situs Philips-Inovasi Bermakna). Sayangnya, ide saya nggak kepilih sih. Tapi ide salah satu member mengenai penyediaan fasilitas untuk ibu menyusui di tempat-tempat umum menjadi juara malam itu. Tentu saja saya setuju jika Philips mewujudkan ide ini. Kebayang kan mudahnya memberikan ASI pada anak kita di tempat yang aman dan nyaman meski kita berada di public area.

Kembali ke tujuan utama untuk menyehatkan Mommies, kehadiran Rani Panggabean (Pofelo) dan Tiara Soemakno (Redsoxangel) sangat menginspirasi saya. Gimana nggak, mereka berdua adalah bukti nyata bahwa sehat itu hukumnya mutlak tanpa pandang jenis kelamin (fyi, Rani adalah instruktur Pilates dan Tiara adalah seorang Personal Trainer dan “berani” melakukan angkat beban). Selama talkshow berlangsung, saya makin yakin bahwa olahraga itu bisa dilakukan di rumah dan nggak mesti ribet. Banyak gerakan sederhana yang bisa kita praktikkan dan hasilnya badan jadi oke, asalkan disiplin dan teratur ya.

Ada beberapa hal yang di-share mengenai cara mengolah tubuh oleh Rani dan Tiara. Bahkan, mereka mempraktikkan langsung di depan para peserta dan mengajak peserta untuk langsung melakukan uji coba beberapa gerakan di tempat. Misalnya, Rani mengajarkan pada peserta bagaimana caranya mengetahui otot perut yang siap dilatih setelah melahirkan, stretching untuk punggung yang bisa dilakukan di rumah (gerakannya sederhana banget), tahapan melakukan plank atau pemilihan waktu kapan saja ibu bisa berolahraga di rumah. Waktunya boleh kapan saja, yang penting konsisten. Kalaupun Mommies masih susah membagi waktu untuk berolahraga, disarankan untuk bergerak lebih aktif. Main bersama anak atau mengajak anak berjalan kaki selama setengah jam juga bisa membantu kita tetap sehat. Intinya, lebih banyak bergerak aktif.

Searah jarum jam: Rani ngajarin plank, peserta ikut mengecet otot, Rani mengecek otot perut dan Tiara ngajarin push up

Sementara Tiara juga mengajarkan beberapa gerakan mudah yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengencangkan tubuh. Yang sempat dipraktikkan adalah squat dan push up. Melakukan squat dan push up masing-masing 36 kali, setiap hari mampu mengencangkan otot-otot tubuh kita. Selain memberikan contoh gerakan sederhana tanpa alat yang bisa dilakukan di rumah, Tiara juga mengingatkan bahwa makanan sehat lebih baik ketimbang makanan olahan (terutama yang mengandung pengawet). Karena makanan sehat memberikan kontribusi yang cukup banyak agar tubuh sehat kita terjaga.

Tiara mencontohkan squat. Cek video gerakan ini di Fashionese Daily

Yang membuat saya terkagum-kagum dengan Rani dan Tiara adalah mereka berdua pernah hamil, pernah mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan (bahkan Tiara sudah dua kali hamil dan keduanya mengalami kenaikan hingga puluhan kilogram!) dan mereka menyusui secara full sampai anak-anak mereka berusia 2 tahun! Dengan perannya sebagai ibu, keduanya konsisten untuk melaksanakan gaya hidup sehat. Tak hanya memilah makanan, mereka juga mengajarkan pada saya bahwa olahraga nggak mesti pergi ke gym. Di rumah pun kita bisa berolahraga.

Setelah acara berakhir, saya menanamkan pada diri sendiri bahwa hidup sehat itu harus dilakukan dan bukan pilihan. Bonusnya lagi, badan jadi lebih bagus dan berat badan terjaga di angka ideal (sudah dibuktikan oleh Rani dan Tiara). Jadi, besok dan seterusnya, saya mau lebih rajin olahraga secara teratur dan makan makanan sehat, ah! Meski, sesekali jajan yang nggak sehat juga boleh lah ya :D Ngomong-ngomong makan sehat, demi mendukung ke-fitnfab-an kami, makanan yang disediakan juga sehat, lho! Dari Healthy Box, sehat dan enak pula!

Foto bareng #FitnFabMommy yang datang malam itu :)


4 Comments - Write a Comment

Post Comment