Eksplorasi Ke Taman Kota

Pada dasarnya saya suka melihat anak melakukan aktivitas outdoor seperti berlari, bermain sepeda  atau sekedar berlompat-lompatan. Biasanya kalau akhir pekan kami suka jalan ke taman kota, selain murah rekreasi ke taman ini juga menyehatkan loh karena orang tua dan anak bisa sekalian berolah raga sekaligus bermain.

Kami sudah pernah mengunjungi beberapa taman di Jakarta. Siapa tau bisa menjadi inspirasi mengisi waktu selama liburan akhir tahun, nih!

Taman Suropati

Pertama kali ke Taman ini awalnya dari ketidaksengajaan, kami nyasar waktu pulang dari kondangan dan langsung tertarik untuk main ke taman ini begitu melihatnya.

Taman yang terletak di daerah Jalan Imam Bonjol ini, tergolong taman yang sering dikunjungi oleh warga Jakarta. Konon di akhir pekan, taman ini banyak aktivitas yang dilakukan. Mulai dari komunitas musik sampai olahraga yang suka latihan di sana.

Halaman rumput di taman ini lumayan luas dan ada kolam air mancur yang membuat suasana semakin sejuk, lalu ada beberapa rumah untuk burung dara sehingga anak-anak bisa bermain bebas  bersama burung-burung itu, waktu ke sana Tania lari-lari mengejar burung sampai kecapean :D

Taman Cattelya

Taman ini letaknya cukup tersembunyi di daerah Jakarta Barat, tepatnya di Jalan S Parman persis di dekat Mal Taman Anggrek. Kalau yang sering melintas di jalan layang arah tol Tangerang pasti sering melihat taman ini.

Kebetulan taman ini dekat banget dari rumah eyangnya Tania, jadi kami pernah juga eksplorasi ke taman ini.

Waktu ke taman ini, kami niat banget sampai bawa cemilan dan sepeda untuk bermain di sana. Kami juga mengajak sepupu nya Tania biar bermainnya makin seru.

Di taman ini, parkiran cukup luas, area hijaunya juga lumayan dan dilengkapi juga dengan jogging track. Ada juga danau kecil di tengah taman, sayangnya danau ini keruh jadi seolah seperti tidak terawat.


Di taman ini tidak ada mainan buat anak seperti perosotan atau ayunan, walau begitu taman ini cukup enak buat olahraga jalan pagi, senam atau jogging. Buat bermain anak juga bisa, seperti main sepeda, lari-larian atau apapun yang membutuhkan area luas.

Tania dan sepupunya, Rafif, senang bermain di taman ini, mereka main sepeda dan main kejar-kejaran sampe keringetan badannya dan justru saya suka banget ngeliat anak keringetan karena aktivitas outdoor.

Menurut saya , penempatan taman ini pas banget di daerah yang biasanya super macet untuk menetralisir udara sekitar, jadi bisa sedikit meredam polusi.

Taman Mataram


Tahu taman ini dari ayahnya yang sudah pernah duluan ke taman ini, taman ini tergolong baru di bangun dan letaknya sangat strategis di pusat kota banget, tepatnya bersebelahan dengan Al-Azhar pusat.

Taman yang terletak di Jalan Mataram ini, dulunya bekas SPBU lalu dipugar jadi sebuah taman cantik dan menyenangkan. Tamannya bagus, dengan lahan hijau yang lumayan luas terus banyak bunga-bunga. Yang bikin Tania hepi adalah banyaknya mainan yang bisa dimainkan sama dia. Apalagi waktu kami ke sana cuaca lagi mendukung banget, nggak panas terik jadi makin puas deh mainnya.

Selain bisa lari-larian sepuasnya, ada juga main mainan lain seperti ayunan trus semacem mainan seperti alat fitness yang saya tidak tahu nama pastinya.

So far taman ini cukup rekomen buat dikunjungi lagi dan lagi karena semua fasilitasnya masih terpelihara dengan baik, mungkin karena masih baru. Tapi ada kelemahannya, karena bekas SPBU, terkadang masih tercium sedikit bau bahan bakar.

Taman Spathodeya

Awal menemukan taman ini tidak sengaja waktu saya sama ayahnya mencari jalan alternatif buat berangkat ke kantor, waktu melihatnya langsung sepakat mau ajak Tania eksplor ke sini. Letaknya di Jagakarsa, persisnya di Jalan Kebagusan.

Kalau dilihat dari luarnya taman ini terlihat sempit, tapi pas saya masuk ke dalamnya, langsung hepi soalnya taman ini luas dan baguuss!

Di pintu masuk taman ini, banyak juga orang jualan dari nasi uduk, bubur sampai mainan dan balon juga. O, ya jangan lupa untuk membeli makanan ikan ya, dengan harga seribu per bungkus kita bisa memberi makan ikan-ikan yang berada di danau buatan pada taman ini.  Danaunya lumayan bagus dan banyak banget ikan-ikannya, bikin Tania happy banget.

Taman ini mempunyai area untuk jogging yang lumayan panjang dengan medan yang naik turun, jadi olahraga di sini lumayan bikin cape deh.. saya aja yang dorong-dorong stroller jadi lumayan berkeringat :D

Area bermain di taman ini ada dua, pertama agak di depan yang terdiri dari ayunan, perosotan dan juga mainan untuk memanjat. Dan yang kedua di bagian belakang taman yang hanya terdiri dari ayunan dan mainan panjat.

Taman ini masih sangat terawat banget dan saya lihat sedang ada pembangunan untuk toilet umum dan sepertinya akan di bangun musholah juga.

Pengunjungnya sudah mulai ramai, namun masih sangat nyaman banget kok. Sayang area parkir di taman ini kurang luas kalo untuk mobil. Jadi ya saran saya lebih baik naik motor atau datang lebih pagi kalau mau naik mobil.

Selain taman-taman di atas, taman kota mana lagi ya yang bisa di eksplorasi? Mommies bisa bantu?