Royal Kidzania Hotel

Ada yang rutin mengajak anak-anak ke Kidzania? Saya salah satu yang senang dengan konsep ‘bekerja dan digaji’ serta permainan profesi di Kidzania. Konsep ini selaras dengan yang saya terapkan di rumah. Anak-anak tidak begitu saja memperoleh apa yang mereka mau, tapi minimal harus memenuhi syarat seperti nilai bagus, shalat tidak bolong, bangun tidak susah, dll. Atau…mereka jualan..hahaha. Darris sudah beberapa kali berhasil membuat trendsetter mainan kertas yang bisa dijual pada teman-temannya.

Saya selalu menekankan bahwa uang tidak datang dengan sendirinya. Orang harus bekerja untuk mendapatkan uang. Nah, permainan profesi di Kidzania membantu saya menunjukkan seperti apa bekerja itu. Kalau cuma ngomong saja, kan, anak belum tentu paham.

Kali ini ada establishment baru di Kidzania, yaitu Royal Kidzania Hotel Jakarta yang mengusung bidang hospitality atau perhotelan. Berlokasi di Main Square, sebelah kanan Theater, menggantikan Sport Gym, hotel ini eye catching berupa bangunan tiga lantai dengan miniatur ruang makan dengan meja buffet dan meja makan, counter resepsionis, ruang tunggu tamu, dan dua kamar dengan kamar mandi dalam. Hotel ini hadir atas sponsor dari PT. Royal Abadi Sejahtera yang merupakan produser matras Lady Americana dan Elite.

Ada tiga profesi yang bisa diperankan disini, yaitu:

  • Housekeeper

Tugas karyawan housekeeping diantaranya merapikan tempat tidur, membersihkan kamar termasuk mengelap kaca dan mengepel lantai, serta mengganti peralatan kamar mandi seperti tisu dan toiletries.

  • Server

Tugas karyawan serving berkutat di restoran hotel. Merekalah yang menata meja makan dan buffet. Belajar tentang alat-alat makan sesuai dengan jenis-jenis hidangan seperti makanan pembuka, makanan utama, pencuci mulut, dan minuman, serta menata alat-alat makan tersebut di meja.

  • Resepsionis

Tugas front men ini diantaranya menerima reservasi tamu, memasukkan data tamu ke komputer, dan mengantar tamu untuk tur hotel.

O, ya, usia minimal anak yang ‘diterima’ menjadi karyawan hotel ini adalah 6 tahun, dengan durasi permainan selama 20 menit dan gaji 10 kidzos. Sayangnya ketiga profesi ini tidak bisa dimainkan bersamaan oleh satu anak, tapi diundi. Jadi dari satu tim dengan 8 anak yang masuk ke establishment, diundi dengan bola pingpong yang bertuliskan nama profesi. Dua orang akan bekerja sebagai server, dua lainnya resepsionis, dan sisanya housekeeper. Kemarin Darris kebagian resepsionis sementara Dellynn server. Ah, padahal saya ngarep salah satu dari mereka kebagian housekeeping biar belajar merapikan tempat tidur hahaha..

Karena berlantai tiga, agak susah untuk orang tua memantau aktivitas anak dari luar. Hotel Kidzania dilengkapi dengan dua monitor CCTV di luar hotel yang bisa menampilkan aktivitas anak-anak di dalam bangunan hotel.

Tertarik mengajak anak mencoba?

 


Post Comment