Ultimate Baby Shops in Bandung

Dulu saya memang tinggal di Bandung untuk kuliah dan bekerja, selepas itu kembali ke Jakarta dan menikah kemudian punya anak. Eh, tanpa disangka, suami dipindah tugas ke Bandung, jadi kembalilah kami ke haribaan Kota Kembang. Dulu ketika di Jakarta, tidak merasa bingung mau belanja ke mana, semua petunjuk toko bayi yang online atau on-ground dari A-Z lengkap di forum MD. Ketika pindah ke Bandung, saya clueless!

Gambar dari sini

Info pertama justru datang dari Ayah. Beliau menunjuk satu toko bernama LAVIE yang ada di jalan Imam Bonjol (dekat R.S Borromeus, Dago). LAVIE ini sudah berdiri sejak tahun 1992, dan ada tiga ruko berbeda milik LAVIE di Jalan Iman Bonjol. Ruko pertama, sebelah kanan jalan, tepat setelah pujasera Imam Bonjol yang terkenal dengan lomie-nya itu, berisi mainan dan perlengkapan berat untuk anak-anak. Dari mulai boneka segala merk, mobil-mobilan dari yang kecil hingga besar, puzzle, rattle, baby bouncer, baby rattle, alas main, stroller, sepeda, ember, perlak meteran, hingga box dan furniture kamar bayi-anak, ada disini.

Ruko kedua dan ketiga ada di sebelah kiri jalan, jaraknya sekitar 10 meter dari ruko pertama. Ruko kedua menjual berbagai jenis pakaian bayi (bukan newborn), sepatu, hingga kostum-kostum. Butuh kostum princess untuk pentas anak atau baju putih untuk acara baptis, ada disini. Toko terakhir berisi berbagai perlengkapan newborn. Dari mulai kosmetik seperti sabun, shampoo, minyak telon, gel pengurang rasa gatal, clodi, training pants, berbagai jenis pakaian bayi dan anak untuk di rumah, breast pump, botol kaca ASIP, bottle warmer, sterilizer, gendongan bayi, diaper bag, slow cooker, dan masiiiihhh banyak lagi! You know, it’s one stop shopping for your baby needs! Nah, ada satu kios kecil di depan toko ketiga, ini menjual aksesori lucu-lucu seperti bando, payung, tas anak, hingga kuteks yang aman untuk anak-anak. Jangan lupa cicipi sate ayam atau sapi yang ada di depan kantin kecilnya, ya, mommies! Biasa, khas Bandung : murah dan enak! Untuk harga, saya boleh bilang, LAVIE menawarkan harga yang paling murah diantara toko perlengkapan bayi di Bandung atau Jakarta.

Kekurangannya hanya satu, jika datang terlalu siang, susah cari parkir, dan toko juga penuh pastinya. Amannya, datang pukul 9 pagi atau setelah maghrib sekalian.

Gambar dari sini

Selain LAVIE, Mommies juga bisa mencoba YEN’S Baby Shop yang ada di Jl. Setiabudi no 174, setelah Suis Butcher Setiabudi. YEN’S sudah ada sejak tahun 1990, dan sekarang bangunannya sudah bertingkat 4 lantai. Lantai dasar isinya baju untuk newborn baby, baby carrier, kosmetik, berbagai macam merk popok sekali pakai, dan diapers bag. Naik ke lantai 1, ada koleksi baju anak laki-laki, baju bayi (3 months and above) perempuan dan laki-laki, koleksi buku anak, dan kasir. Naik ke lantai 2 ada koleksi baju anak perempuan, dari mulai baju santai sampai baju pesta atau party costume! Di lantai 3 ada koleksi mainan yang lengkap, peralatan berenang, dan sepatu anak. Terakhir di lantai 4, ada baby hard gears dari mulai box, baby cot, stroller, high chair, dan sepeda.

Satu kelebihan YEN’S adalah barang yang terorganisir dengan rapih dan pramuniaga yang siap melayani pengunjung. Bukan mbak-mbak penjaga yang hobi ngobrol di pojokan dan pura-pura nggak dengar kalau dipanggil, gitu loh! Beberapa perlengkapan bayi impor juga ada di sini. Di bagian depan toko ada toko minuman dan cemilan yang biasa saja. Kalau lapar sesudah belanja di sini, bisa jalan sedikit ke Bebek Slamet atau Suis Butcher! By the way, harga pospak di sini juga bersaing! Selisih harga pospak yang biasa dipakai Menik bisa sampai Rp20.000,- walau sedang tidak promo. Kebayang, dong, kalau tiba-tiba YEN’S menggelar promo pospak!! YEN’S buka dari pukul 09.00-21.00 setiap harinya.

Sebetulnya dua toko ini adalah andalan ibu-ibu di Bandung. Selain itu, ada MIVI di jalan Eyckman dekat RSHS yang isi tokonya mirip dengan LAVIE. Nah, ada satu toko bayi baru yang sepertinya akan jadi favorit juga, letaknya di jalan Sukajadi (seberang Raa Cha, hampir masuk jalan Setiabudi), yaitu Fany Baby Shop yang merupakan cabang dari Fany Baby Shop di ITC Kuningan! Kemarin sempat masuk kesini, tapi karena baru buka, barangnya belum terlalu lengkap seperti yang di Jakarta.

Alternatif lain jika sedang jalan-jalan di Bandung dan ingin mencari toko pakaian bayi dan anak, ada beberapa pilihan seperti Anak Kecil di jalan Citarum (belakang gedung sate) yang jadi tempat favorit saya untuk beli kaos putih polos Menik yang nyaman, atau Macadamia di jalan Setiabudi dengan koleksi baju anak yang modis, sepatu anak yang koleksinya berbeda dengan toko lain, serta baju berenang anak yang lucu-lucu.

Happy shopping, Mommies!


5 Comments - Write a Comment

  1. Paling suka ke Yens soalnya deket rumah, lbh rapih n lebih murah dari Lavie sekalipun.. Tp lbh lengkap Lavie sih, apalagi mainannya tp suka pusing sendiri saking penuhnya barang :D hahhaaaaa Klo tempat lain sih blum pernah, soalnya 2 tempat itu udah yg paling komplit dehh. Apalagi sambil kumpulin struknya buat dituker hadiah :D

  2. Jalan2 ke BIP mau cari barang elektronik di ES sebelahnya saya liat toko perlengkapan bayi,
    kayanya sih masih baru nama’y OROKU BABY SHOP
    saya liat2 sih cukup lengkap, disitu saya liat ada tas balita, tas nya asli lucu2 tp ga tau harganya berapa.. :(

    yg jelas saya browsing juga ternyata ada onlineshopnya
    http://www.orokubabyshop.com/

    just share.

Post Comment