Popok Kain Modern

Pada dasarnya saya ini tipe ibu yang praktis. Kalau ada pilihan yang memudahkan hidup saya, plus nggak merugikan, saya nggak akan pikir panjang untuk memilihnya. Mungkin, contoh gampangnya ketika saya memutuskan untuk menggunakan Bumi pospak sekali pakai.

Memang, sih, kalau dipikir-pikir, menggunakan pospak ini bikin kantong bolong. Berbeda dengan menggunakan clodi. Meskipun untuk membeli clodi pada awalnya memerlukan dana yang nggak sedikit, tapi untuk ke depannya, clodi bisa jadi warisan yang sangat berguna.

Cuma, yaa…. karena saat Bumi baru lahir nggak ada ART yang bisa bantu ngurus ini-itu, jadi rasanya pospak JAUH LEBIH ringkes. Setelah pakai, bisa langsung buang. Sebenarnya waktu itu saya sempat membeli 2 clodi untuk trial. Satu produk lokal dan satunya lagi produk import. Tapi nggak tau kenapa, saya merasa nggak cocok dengan kedua clodi tersebut.Umh, mungkin memang belum ketemu produk yang pas saja, sih, ya? Lagi pula jujur saja, waktu itu informasi saya akan clodi memang tidak banyak.

Padahal, kalau mau dihitung-hitung dengan menggunakan clodi, kita melakukan penghematan, lho. Misalnya, nih, Bumi menggunakan pospak setiap hari dan harus menggantinya selama 6 kali. Maka kalau mau dihitung-hitung pengeluaran pospak untuk setahun bisa sampai 3 juta lebih.

Asumsinya, harga satuan pospak Rp 1500/ buah jadi untuk penggunaan pospak selama setahun

Rp 1500 x 6 buah x 365 hari = Rp 3. 285.000

Nah, perhitungan ini baru untuk setahun. Bumi sendiri baru lepas pospak ketika usianya 2 tahun. Jadi, bisa dibilang pengeluaran pospak selama dua tahun sudah 6 juta lebih. Cukup banyak, ya.

Sedangkan untuk penggunaan clodi tentu akan ada selisih pengeluaran. Misalnya, nih, saya asumsikan harga clodi Rp 150 ribu. Mengingat clodi bisa dicuci, kira-kira jumlah yang kita butuhkan 12 clodi. Jadi selama setahun uang yang kita keluarkan hanya Rp 1.800.000. Nah, selisihnya cukup banyak bukan?

Ah, kalau dihitung-hitung lagi seperti ini bikin saya nyesel kenapa nggak menggunakan clodi. Jatah pospak kan bisa saya alihkan ke tas atau sepatu, ya? Hehehehe…

Kalau Mommies sedang cari-cari informasi soal clodi, coba, deh, baca buku ‘Popok Kain Modern’ yang ditulis oleh Syita Puspita. Buku ini berisi informasi lengkap soal popok kain. Mulai dari pemilihan clodi. Berdasarkan sistem, merek, produk lokal atau import, sampai pemilihan bahan inner, outer, dan bahan penyerapnya.

Masalah perawatan pun diulas secara lengkap di sini. Frekuensi mencuci, temperatur air yang tepat, cara pembilasan dan pengeringan yang tepat, sampai metode peyimpanan popok kain kotor.

Buku ini juga banyak memberikan kiat penting yang patut diketahui ketika Mommies memutuskan untuk memilih clodi untuk si kecil. Dengan begitu, masalah kebocoran , noda, ataupun masalah ruam yang bisa terjadi bisa segera dihindari dan diatasi.

 


Post Comment