Ford Fiesta Ecoboost 1.0, Review From A Driving Mom

Salah satu alat yang membantu kehidupan para Mommies yang memiliki mobilitas tinggi, selain alat komunikasi adalah kendaraan. Walaupun sehari-hari saya jarang mengendarai mobil sendiri, tapi kalau bepergian dengan Langit, pasti saya menggunakan mobil.

Nah, baru-baru ini, saya diajak oleh Ford Motor Indonesia untuk test drive mobil terbaru mereka, Ford Fiesta Eco Boost 1.0 di Chiang Mai, Thailand. Saya bukan penggila mobil, bagi saya, selama mobil itu bisa jalan plus melindungi saya dan keluarga dari hujan saat bepergian, maka aman. Tapi setelah mengendarai Ford Fiesta Eco Boost 1,0 ini, perspektif saya berubah!

Ini alasannya:

  • Kendaraan ini masuk kategori 1000cc, sehingga pajak lebih murah. Tapi, kemampuan mesinnya diklaim setara dengan yang 1600cc. Apakah itu? Haha. Tenang, saya juga nggak ngerti. Tapi setelah test drive, saya baru paham bahwa mobil ini sangat mantap dikendarai.
  • Kemampuan mesin ini yang menyebabkan si mobil mungil yang cantik ini hemat bahan bakar. Suami saya cukup terkesan saat saya cerita bahwa perjalanan test drive kami sepanjang kurang lebih 230 km hanya menghabiskan bahan bakar kurang dari setengah tangki! Full tank kendaraan ini ada di angka 42 liter. Makanya, engineer dari Ford mengklaim untuk di Indonesia, perjalanan Jakarta- Surabaya, kita hanya perlu isi bensin 1 kali full tank.
  • Walaupun matic, tapi saat saya mengendarai di wilayah berbelok ala di Puncak atau Lintas Sumatera (beneran deh, daerah yang kami lewati lebih mirip sama Lintas Sumatera, belokan sekaligus tanjakan), mesin tetap prima. Bahkan, fitur manual yang disediakan kalau-kalau mesin nggak kuat nanjak nggak kepake. Ini sebenarnya ada penjelasannya, tapi berhubung saya (dan saya yakin, Mommies juga) agak kurang paham, jadi biarlah para suami saja yang mengurusnya. LOL.
  • Mesinnya halus sekali walaupun 3 silinder. Nah, lagi-lagi, kalau saya pribadi nggak paham ya. Tapi hasil obrol-obrol dengan rekan media lain yang kebanyakan laki-laki, pasar Indonesia konon memiliki trauma pada mesin 3 silinder karena mesin yang kasar suaranya dan nggak stabil tarikannya. Tapi keraguan ini dijawab dengan pasti oleh Ford Fiesta Eco Boost 1,0. Nggak hanya saya yang notabene nggak ngerti mesin yang terkesan, tapi mereka yang dari media otomotif pun mengakuinya. O, ya, mesin Ford Fiesta Eco Boost 1,0 juga dianugerahi sebagai International Best Engine 2012-2013. Fyi, biasanya pemenangnya adalah mesin keluaran sekelas Ferrari atau Maserati.  Jurinya yang  terdiri atas 87 jurnalis otomotif dari 35 negara di seluruh dunia juga menggelari mesin ini sebagai “Best Engine Under 1.0-liter”.

*tampak belakang Ford Fiesta Ecoboost 1.0 hatchback dengan latar belakang langit Chiang Mai. Keren!

  • Fitur SYNC yang asyik. Aduh, ini beneran seru. Secara ya, mobil ini bisa langsung di-synchronize dengan telepon genggam kita. Jadi kalau menerima telepon (bahkan membacakan pesan masuk!) kita nggak perlu lagi meraih handphone. Tinggal ngomong aja, bak lagi ngobrol sama orang yang ada di sebelah kita.
  • Fitur voice command yang juga bikin hidup lebih mudah, haha. Saya nih, sampai ketagihan mencoba voice command untuk mencari lagu yang saya inginkan. Sampai-sampai, fotografer dari Jakarta Globe yang kebagian semobil dengan saya bilang “Nih mobil bawa pulang aja, Lit, kayanya voice command-nya udah cocok banget sama suara elo”. Hahaha!

  • Untuk safety sudah pasti ada air bag dong, ya. Lalu, hampir semua mobil Ford ramah terhadap ibu hamil, karena salah satu tes yang mereka lakukan adalah menggunakan Ford Empathy Belly. Mobil ini dibuat dari rangka baja bernama Ultra High Steel yang bisa meminimalisir kerusakan parah terutama di bagian penumpang.
  • Ini yang paling penting di antara fitur-fiturnya: laci penyimpanan di bawah jok penumpang bagian depan. Wah, serius, menurut saya ini fitur paling keren! Haha! coba Mommies cek di bawah kursi penumpang bagian depan, ada apa di sana? Sepatu? Laptop? Atau plastik yang berisi pakaian ganti? Laci ini padahal hal yang sederhana ya, tapi kok bisa kepikiran? Seperti mengakomodir kebiasaan para perempuan yang menjadikan mobil sebagai kamar atau rumah kedua, deh :D

Gimana, Mommies, sudah mulai naksir sama mobil ini? Nah, silakan di-propose ke suami dan mulai nabung karena mobil ini baru akan diluncurkan di Indonesia tahun 2014. Masih ada waktu, kan? *ngomong sama cermin*