Asyiknya Liburan di Bromo

Berencana membawa anak-anak menyaksikan keindahan Gunung Bromo? Tak usah ragu lagi dan segeralah rencanakan perjalananan wisata Anda. Gunung Bromo cukup aman untuk anak asalkan dengan pengawasan yang lumayan ketat dari orangtua atau pendamping mereka. Dan yang paling penting adalah anak dalam keadaan sehat dan sudah bisa berjalan sendiri (idealnya minimal usia 3 tahun supaya mereka juga mulai bisa menikmati perjalanannya).

Banyak orangtua yang merasa khawatir untuk membawa anak-anak ke Bromo karena cuaca yang ekstrem pada bulan-bulan tertentu, namun percayalah..begitu sampai di sana dan menyaksikan sendiri keindahan Bromo secara langsung, kekhawatiran itu pun akan sirna dan Ayah Ibu pun dapat berbagi keindahan alam bersama buah hati tercinta.

Bagi para orangtua, yang harus diperhatikan adalah kostum anak-anak supaya mereka siap dengan cuaca Gunung Bromo, terutama ketika kita akan mengajak mereka menyaksikan suasana Matahari terbit yang mengharuskan para wisatawan berangkat dari penginapan sejak jam 3 pagi menuju ke Pananjakan 1. Pananjakan 1 adalah salah satu lokasi dengan view terbaik untuk melihat peristiwa matahari terbit dan berfoto ria berlatar belakang keindahan Gunung Bromo, Gunung Semeru & Gunung Batok. Detailnya akan di-share di artikel siang nanti, ya!)

Kostum anak lengkap untuk cuaca dingin sebaiknya semua dikenakan atau paling tidak dibawa di dalam tas sebagai persiapan, mulai dari : baju hangat (sweater), jaket, topi, sarung tangan, masker penutup hidung dan mengenakan kaus kaki & alas kaki yang nyaman, tertutup dan tidak licin (karena kaki kecil mereka akan menaiki 250 anak tangga untuk menuju kawah Bromo dan sangat disarankan untuk mengenakan sepatu kets atau sepatu olahraga).

Jangan lupa juga untuk membawa banyak minuman air putih, susu, cereal, roti, abon, nasi dan cemilan favorit anak untuk berjaga-jaga bila anak haus atau lapar dalam perjalanan pergi maupun perjalanan pulang. Semua bekal ini nantinya bisa kita titipkan di mobil Jeep Hard Top yang kita sewa dan oleh karena itu sangatlah penting untuk menghapal nomor plat dan warna mobil Jeep Hard Top sewaan kita agar kita bisa menemukannya kembali setelah selesai menikmati  tempat-tempat wisata di Bromo.

Dan bila perlu bawalah bantal untuk leher khusus ukuran anak sehingga anak bisa tidur dengan nyaman di perjalanan. Dengan memperhatikan kostum, bantal leher & bekal makan minum anak, anak akan lebih siap tempur dan dapat lebih menikmati petualangan yang tak akan terlupakan bersama Ayah Ibu tercinta.

Gimana? Gak ada yang harus dikhawatirkan ‘kan untuk mengajak anak-anak ke Bromo? Persiapan yang matang akan membuat perjalanan & petualangan terasa jauh lebih menyenangkan dan menenangkan :)

Mengenai penginapan.

Sebenarnya cukup banyak pilihan penginapan di kawasan Bromo, namun ada 2 tempat unik yang bisa dipilih, terutama bila membawa anak-anak, yaitu Java Banana Lodge atau Lava View.

Java Banana Lodge

Keistimewaan Java Banana Lodge ini adalah tamannya yang luas, coffee shop dan terasnya yang unik plus makanannya enak! Ada panggung outdoor yang besar untuk event tahunan “Jazz Gunung” di bagian belakang penginapan.

Bagi keluarga yang membawa balita atau anak-anak namun tidak ingin mengajaknya ke Bromo karena usia atau kondisi yang belum memungkinkan, Java Banana bisa menjadi pilihan. Sambil menunggu Ayah exploring Bromo di pagi hari, Ibu dan Si Kecil bisa menunggu Ayah dengan melaksanakan kegiatan rutin seperti makan pagi di coffee shop hotel, berjalan-jalan di taman Java Banana yang luas sambil melihat kebun sayur yang ada di sebelah pagar pembatas lobi utama.

Walaupun terdapat air hangat untuk mandi namun kamar mandinya berbentuk shower yang menempel ke dinding bagian atas, sehingga untuk balita yang senang mandi dengan bak atau ember, terpaksa mungkin harus membeli ember dulu di perjalanan menuju penginapan di Bromo. Dan juga jangan lupa untuk membawa mainan, buku dan boneka favorit anak yang dapat dimainkan bersama Ibu sambil menunggu Ayah pulang.

Lava View

Di Lava View, pemandangan memesona dari Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru adalah view yang bisa langsung dinikmati oleh para tamu hotel yang menginap ataupun berkunjung untuk makan pagi di coffee shop mereka, tanpa harus bersusah-susah bangun tengah malam untuk berangkat melihat Bromo dari Pananjakan. Pemandangan yang ditawarkan oleh Lava View sama indahnya dengan view dari Pananjakan dan bisa duduk dengan tenang di kursi kayu panjang yang telah mereka sediakan. Namun untuk pemandangan Matahari terbit-nya masih tetap lebih bagus dan lebih jelas bila dilihat dari Pananjakan.

Meskipun bangunannya tidak secantik dan makanannya tidak seenak Java Banana Lodge, namun penginapan ini tetap menjadi favorit bagi wisatawan Bromo. Biasanya wisatawan yang memilih Lava adalah mereka yang membawa keluarga atau anak-anak dan tidak ingin bangun dan pergi di tengah pagi buta dan mengalami kehebohan penuh orang dan asap rokok di Pananjakan namun tetap bisa melihat kecantikan Bromo.

Hanya satu catatan untuk Lava View: Good Location with breathtaking view but room need some improvement. It’s ok lah kalau hanya untuk menginap 1 malam :)

Sedikit catatan tentang pilihan waktu kunjungan ke Gunung Bromo:

Pada Musim Kemarau:

Kelebihannya:
Bisa mendapat pemandangan Sunrise atau Matahari terbit yang sempurna karena tidak tertutup awan

Kekurangannya:
Cuaca / suhu akan lebih dingin menusuk tulang, debu-debu pasir banyak yang berterbangan karena cuaca yang kering dan Bukit Teletubies akan berwarna kecoklatan bukan hijau segar karena padang rumputnya mengering.

Pada Musim Hujan :

Kelebihannya:
Cuaca/suhu tidak sedingin saat musim kemarau, debu-debu pasir tidak terlalu banyak berterbangan,  dan Bukit Teletubies akan terlihat lebih indah karena padang rumputnya yang menghijau segar dipandang mata.

Kekurangannya:
Pemandangan Sunrise yang kemungkinan tertutup awan hujan dari malam sebelumnya, tangga menuju kawah Bromo akan lebih licin karena terkena air hujan (harus extra hati-hati terutama untuk anak-anak saat menuruni anak tangga).
Selamat bertualang!

 

 


One Comment - Write a Comment

Post Comment