Memanfaatkan Game Online

Dewasa ini banyak anak-anak yang menggantungkan waktunya untuk bermain game, mereka ‘kecanduan’ hingga membuat mereka melupakan segalanya. Mulai dari makan, tidur hingga waktunya untuk belajar dan bersekolah. Bahkan banyak di antara mereka yang rela membolos sekolah hanya untuk bermain game online, membohongi orang tua, yang parah lagi hingga menggunakan uang iuran sekolah untuk bermain game online. Jika hingga seperti itu, seorang anak telah menjadi pecandu berat atau lebih awam kita dengar adalah game addiction.

Bagaimana cara mengubah kebiasaannya menjadi lebih positif?

Ada kalanya saat bermain, mereka lebih mengesampingkan kemampuan mereka dalam berfikir logis, mereka lebih sering berimajinasi bahkan selalu dijejali hal-hal yang identik berbau dengan kekerasan. Karena pada kenyataannya game yang banyak digemari adalah game perang, game saling bunuh antar genk, game malawan zombie, dan masih banyak contoh lainnya.

Cara mengubah kebiasaannya adalah salah satunya dengan mereka diajak untuk membuat game, game yang mengedukasi dan dapat membantu mereka dalam belajar di sekolah juga tentunya, mereka belajar cara berproses, cara menyelesaikan sebuah masalah, cara berdiskusi dengan teman sejawatnya dalam menyelesaikan masalah tersebut. Social skill mereka terbentuk, pola berpikir logis dan sistematis, mereka juga menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Karena dalam memrogram sebuah game kini tak lagi harus menggunakan bahasa yang rumit sehingga anak-anak pun dapat dengan mudah membuat game, mereka hanya seperti menyusun sebuah puzzle.

Kebetulan anak saya sudah kecanduan game, namun belum sampai addiction akut. Kebetulan dia saya masukkan ke Kursus Membuat Game Untuk Anak yang terletak dibilangan Bukit Golf Cibubur yang bernama Clevio Coder Camp. Belum pernah saya melihat anak saya antusias dalam menyelesaikan perhitungan, berebut melihat daerah dalam globe dengan team nya. Di sana anak-anak diajarkan untuk team work dalam mengerjakan project game yang dibuatnya. Biasanya dalam satu team terdiri dari 3 anak, ada yang menjadi project manager, project designer, hingga project programmer. Mereka bertanggung jawab atas tugasnya masing-masing, kadang lucu juga melihat tingkah pola mereka. Bayangin, anak saya masih SD sudah jadi project manager hehehe..

Clevio Coder ini juga sering mengadakan seminar untuk para orangtua. Yang paling dekat jadwalnya adalah ANAK & GAME : Mengubah Addiction Menjadi Motivasi Belajar”. Seminar ini gratis diadakan tanggal 30 November 2013 tempat seminarnya di rumah tebing Bukit Golf Cibubur. Info lebih lengkap bisa lihat di facebook nya di https://www.facebook.com/ClevioCamp.


Post Comment