banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Kok, Belum Bisa Jalan?

author

nenglita11 Nov 2013

Kok, Belum Bisa Jalan?

Duh, saya pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini. Langit, di ulangtahunnya yang pertama, memang belum mantap melangkahkan kakinya sendiri. Kalau dituntun, sih, udah capcus banget! Saat itu, kebetulan di forum Female Daily banyak yang hamil dan melahirkan dalam jangka waktu yang bersamaan, sehingga anak-anak kami usianya mirip. Nah, mulai deh, membandingkan satu sama lain.

“Kok si A anaknya udah bisa jalan?”

“Kok si B dari usia 8 bulan anaknya udah gesit merangkak ke mana-mana”

Dan seterusnya.

Apalagi menurut cerita mama saya, saya termasuk bayi yang cepat. Usia 10 bulan sudah bisa jalan, usia setahun bicara sudah jelas. Langit saat itu memang bicaranya sudah pintar sekali. Tapi masalah jalan,  ini lho!

Hasil curhat di thread behaviour and development, saya kemudian memperbanyak floor time untuk Langit. Alias melarang pengasuh atau mama dan papa saya sering-sering menggendong Langit. Kok kesannya saya obsesif banget ya? Hihihi. Biasa deh, ibu-ibu baru peer pressure masih tinggi dari lingkungan. Sampai saya belikan Langit walking trainer yang harganya nggak terlalu murah itu. Hasilnya? Dipakai juga nggak! Lesson learned: jangan terlalu napsu beli kids gear kalau belum tau banget hasil akhirnya.

Alih-alih menggunakan walking trainer, Langit malah lebih suka dorong-dorong kursi plastik keliling ruangan :D Tau gitu, kan, uangnya saya belikan kursi plastik aja yang banyak *ibu-ibu pelit*

Sebulan setelah Langit berulangtahun pertama, kami mudik ke kampung halaman suami. Saya sudah nggak terlalu obsesif lagi akan kemampuan berjalan Langit. Nanti akan tiba saatnya, kok, begitu pikir saya. Lalu, pas lagi di pantai, saat Langit melihat ombak, dia super excited dan berlari sampai lepas pegangan dari tangan saya... she’s walking!

*Salah satu langkah-langkah pertamanya yang berhasil terekam

Duh, saya terharu.

Setelah itu, Langit seperti nggak bisa dihentikan. Jalaaaaaan terus keliling rumah! Padahal rumah kami luasnya ya segitu-gitu saja :D

Padahal kalau saya mau bersabar sedikit, anak bisa ditunggu langkah pertamanya hingga usia 15-16 bulan. Mommies boleh waspada jika di usia 18 bulan si kecil belum juga berjalan sendiri. Yang penting kita sebagai orangtua, harus rajin menstimulasi si kecil dan rajin memerhatikan setiap perkembangannya.

Ah, melihat foto ini, saya jadi terharu sendiri. Rasanya baru kemarin hati saya membuncah melihatnya bersemangat melangkahkan kaki, sekarang sudah besar :')

 

Share Article

author

nenglita

Rock n Roll Mommy


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan