Perangi Diare, Yuk!

Diare ternyata menjadi momok yang sangat menakutkan buat anak-anak di Indonesia. Menurut survei yang dilakukan Kementrian Kesehatan pada 2007, tingkat kematian anak akibat diare di Indonesia cukup tinggi. Tercatat 2 dari 5 kematian anak di bawah 5 tahun serta 1 dari 5 kematian anak 5 – 14 tahun disebabkan karena diare dan infeksi saluran pernapasan. Menurut dr Jane Soepardi, Direktur Bina Kesehatan Anak, Kementerian Kesehatan RI, pengobatan dua penyakit itu sebenarnya sederhana, tapi tidak boleh sampai terlambat penanganannya. Khusus diare, yakni bisa memberikan oralit, tablet zinc, serta ASI eksklusif dan membiasakan cuci tangan pakai sabun setiap habis beraktivitas dan sebelum makan. Sayangnya, kebiasaan mencuci tangan yang diakui lebih mampu mencegah kuman malah sering ditinggalkan.

Kebiasaan cuci tangan pakai sabun yang ternyata dapat mengurangi risiko diare juga telah dibenarkan melalui penelitian oleh Stephen P Luby, Mubina Agboatwalla, Daniel R Feikin, John Painter, Ward Billhimer MS, Arshad Altaf dan Robert M Hoekstra. Bahkan, mereka menyebut risiko itu bisa dikurangi lebih dari setengahnya melalui kebiasaan sederhana tersebut.

Melihat fenomena itu, Dettol melalui Sentuhan Sehat Dettol melakukan sebuah inisiatif membangun fasilitas cuci tangan yang layak berupa wastafel dan sabun cuci tangan untuk mendukung kebiasaan hidup bersih dan sehat di tempat yang membutuhkan, seperti di Sekolah Darurat di Tempat Penampungan Sampah Sementara Bantar Gebang, Rusun Marunda, lingkungan RW 013 dan 02 Gandaria Utara, dan sekolah-sekolah lain yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

Dettol telah sejak lama memberikan edukasi soal cara mencuci tangan yang benar dan diharapkan anak-anak dapat terlindung dari kuman dan penyakit. Selain itu, melihat pentingnya peranan orangtua bersama sekolah, Dettol juga mengadakan seminar soal kesehatan dan kebersihan tangan. Dengan demikian, orangtua turut mendukung anak-anaknya untuk memulai kebiasaan baik hidup bersih dan sehat.

Dettol percaya bahwa dengan mengajarkan kebiasaan baik sedini mungkin, anak-anak akan dapat mengingat dan menerapkannya hingga mereka dewasa kelak. Diharapkan dengan Sentuhan Sehat Dettol ini dapat mengurangi tingkat kematian anak akibat diare karena kebiasaan baik anak mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Karena itu, dukungan dari Mommies sangat berarti untuk kesehatan anak-anak Indonesia yang merupakan tumpuan harapan masa depan bangsa. Sentuhan Sehat Dettol juga merupakan aksi kampanye berupa dukungan terhadap penyelenggaraan Global Hand Washing Day (GHWD) atau Hari Mencuci Tangan Sedunia yang jatuh tepat pada 20 Oktober. Tak hanya di Indonesia, gerakan cuci tangan pakai sabun yang telah memasuki tahun ke-6 ini juga dilaksanakan di seluruh pelosok dunia demi menyelamatkan harapan generasi muda untuk tetap tumbuh sehat.

Yuk dukung gerakan ini di www.sentuhansehatdettol.com agar lebih banyak anak yang bisa hidup lebih sehat. 1 klik Mommies bisa membantu 1 anak yang membutuhkan.

 


One Comment - Write a Comment

  1. Pernah denger Baby Mild Castile Dr. Bronner’s magic soap? Produk ini bagus banget untuk kulit sensitif bayi. Tidak mengandung salah satu minyak esensial seperti sabun lainnya dan memiliki dua kali konsentrasi minyak zaitun yang bikin bahkan lembab. Hanya aja pada penggunaanya hati hati untuk tidak mengenai mata,

    Produk ini terkenal dengan khasiat 18 in 1, yang artinya selain aman untuk badan juga aman untuk mencuci sayuran dan bahan makanan lainnya.

    Cegah diare dengan menjaga kebersihan.. selamat mencoba :)

Post Comment