Sekolahku Semi Palar, Bandung

Awalnya bingung banget mau milih sekolah buat Ninda. Tanya sana sini, kok semakin banyak sekolah yang dalam tanda kutip komersil. Saya semakin sulit menemukan sekolah yang sesuai dengan bayangan ideal saya.

Tiba-tiba, saya menemukan sekolah ini, namanya Rumah Belajar SemiPalar. Kok rumah belajar ya? Rumah Belajar karena baik murid, guru dan orangtua sama-sama “belajar”. Suatu hari Sabtu, saya survei bareng suami ke sekolah tersebut ternyata ada sepupu yang menyekolahkan anaknya di situ, karena terpampang foto bersama keluarga di jendela kelas PG. Wah lumayan kan bisa dapat referensi dari saudara bagus tidaknya sekolah tersebut .

Konsep pengajaran di sini yaitu pembelajaran holistik. Esensi tujuan pendidikannya yaitu untuk mempelajari, memahami, menghasilkan, menghayati serta mematangkan jiwa manusia. Intinya dengan kematangan jiwa inilah yang berguna untuk mencari, menemukan dan mengenal Tuhan dan bersiap kembali berserah kepada-NYa. Sesuai dengan arti dari Rumah Belajar SemiPalar itu sendiri, tumbuh menjadi harapan. Di Rumah Belajar SemiPalar, BUKAN bertujuan menjadikan anak super atau anak istimewa, melainkan mendampingi anak-anak agar melalui tahap tumbuh kembang yang sewajarnya sehingga kelak menjadi manusia seutuhnya. Saya tertarik sekali, dan ternyata suami saya pun sependapat!

Kami sepakat untuk ikut open house dan trial, sampai akhirnya Ninda dinyatakan lulus tes, waduh senangnya. Untuk jenjang TK, lebih diutamakan anak-anak didik yang sebelumnya di PG sekolah ini, hanya 5 orang saja yang dari luar sekolah. Begitu juga nantinya untuk masuk SD di Rumah Belajar SemiPalar, belaku hal yang sama. Karena Ninda nggak sPG di sini, makanya Ninda harus ikut tes. Tes di sini bukan calistung, lho, tapi lebih ke aspek kemandirian, kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru serta kemauan mengikuti proses pembelajaran selama di kelas.

Buku Bintang aka Buku penghubung sekolah dengan orangtua

Sampai saat ini, Ninda sangat antusias sekolah di Rumah Belajar SemiPalar, saya selalu rajin menanyakan perasaannya apakah dia bahagia di sekolah tersebut atau tidak, jawabnya selalu “Ya mam, aku senang..” Terbukti di beberapa stiker di buku bintangnya selalu menunjukkan bahwa dia amat sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelajaran setiap hari.

Salahsatu isi dari Buku Bintang

Outing bersama orangtua

Rumah Belajar Semi Palar

Sukamulya 77-79, Bandung

022-7017 3412

http://semipalar.sch.id/

 


One Comment - Write a Comment

Post Comment