Party Decoration Workshop

Ketika mendapat tawaran untuk memandu acara kerjasama antara Command Indonesia dan Mommiesdaily tanggal 7 September lalu, saya super excited! Selain karena memang saya suka sama yang namanya prakarya sejak kecil, saya juga akan bertemu salah satu orang yang blog-nya sering menjadi inspirasi ketika mencari proyekan DIY, anak perempuan saya juga akan berulang tahun di bulan Oktober. Jadi pas sekali untuk menyegarkan otak demi ide-ide menarik seputar pesta ulang tahun.

Iya, awal September lalu di kantor Command Indonesia daerah TB Simatupang Jakarta, saya menghadiri sekaligus menjadi MC di acara Party Decoration Workshop dengan pengajar Amesh dari Dreamesh (www.dreamesh.com) yang juga biasa membuat Workshop In A Box. Ketika baru sampai di venue, aroma pesta anak-anaknya sudah terasa. Dekorasi khas Amesh dari mulai dessert table, backdrop photobooth, hingga hiasan dinding dan langit-langit memenuhi ruangan. Tema yang diambil untuk workshop ini adalah Circus! Kebayang, dong, meriahnya dekorasi ruangan yang disiapkan Amesh dan timnya. Di atas meja peserta juga sudah diberikan Party Decoration Kit yang berisi: kain, jarum, benang, kertas pembungkus kado, beberapa macam tali, lem dan gunting.

Eh, Mommies sudah tahu belum, kalau Command Indonesia menyediakan peralatan yang mendukung untuk mendekorasi namun tetap melindungi dinding agar tidak rusak? Iya, Command merupakan produk dari 3M yang memiliki produk-produk ramah pada dinding. Produk Command ini memiliki strip perekat berteknologi Stretch And Release yang bisa dipastikan akan merekat kuat namun tidak akan meninggalkan bekas saat dilepas. Produk unggulan yang bisa dijadikan pegangan saat mendekorasi rumah adalah Strip Perekat serta Hooks dengan tiga pilihan ukuran;  Medium Hooks, Small Hooks, dan Mini Hooks, yang memiliki kekuatan menahan beban masing-masing. Produk-produk ini bisa didapatkan di beberapa tempat seperti Toko Buku Gunung Agung, Ace Hardware, Carrefour dan Hypermart.

Nah, di workshop kemarin, Amesh memberikan tutorial untuk membuat goodie bag (yang ternyata tidak sulit sama sekali!) dan juga paper bunting. Pertama 40 peserta terpilih menyimak instruksi dari Amesh, dan 10 menit kemudian terjadi keheningan di ruang workshop. Iya, semua peserta sibuk menjahit goodie bag, jadi tidak ada suara sama sekali. Kainnya sudah disiapkan oleh Amesh, peserta tinggal menjahit jelujur sisi kanan dan kiri kain agar berbentuk tas, menjahit bagian atas untuk tempat tali, dan masukkan talinya. Jadi, deh! Pilihan kain bisa disesuaikan dengan tema pestanya. Lanjut membuat Paper Bunting yang juga ternyata mudah dan bisa dikreasikan sesuai kreativitas masing-masing. Pertama buat polanya terlebih dahulu, paper bunting ini biasanya berbentuk segitiga terbalik. Namun bisa juga berbentuk setengah lingkaran, diberikan inisial nama anak, atau bahkan mobil-mobilan (seperti peserta yang terpilih sebagai yang terkreatif, and surprisingly, a DADDY!). Gunting pola di atas kertas pembungkus kado dengan motif yang serasi dengan tema pesta. Buat secukupnya, kemudian gantung dengan tali yang sudah ditempel. Paper bunting ini biasanya diletakkan di atas dessert table.

Sebelum workshop selesai, Amesh memberikan beberapa kiat seputar dekorasi pesta, seperti perhatikan penggunaan dan pemilihan warna, batasi di 4 warna berbeda untuk mix and match agar tidak terlalu ramai dan membuat mata sakit. Untuk mencari tema, selain sesuaikan dengan kesukaan anak, gunakan si Google. Cari juga tutorial pernak-pernik untuk melengkapi dekorasi. Terakhir, dengan menggunakan strip perekat dari Command, semua dekorasi yang ditempel didinding bisa disimpan untuk digunakan kembali saat dibutuhkan, karena strip perekat ini tidak merusak.

Seru sekali, loh, Party Decoration Workshop-nya kemarin. Selain jadi tahu apa saja yang harus dilakukan untuk berkreasi, Mommies juga mendapatkan penyegaran untuk berbagai macam ide seputar dekorasi pesta, dan tentunya tidak perlu khawatir dinding rusak pasca pesta karena tempelan dekorasi tadi. Tanggal 2 November 2013, akan ada workshop lagi bersama Command dan Amesh. Temanya, Kids Room Decoration. Wah, kalau yang ini, jangan sampai ketinggalan, ya!


4 Comments - Write a Comment

Post Comment