I Want to Do It by Myself!

Saka 2th 7bln  lagi heboh ingin melakukan semuanya sendiri. Mulai lepas dan pakai baju, pilih baju, sisiran, makan, dll. Sampai terakhir mulai beberapa hari lalu Saka lepas celana sendiri, ke kamar mandi dan pipis sendiri. Karena bundanya masih suka spontan ikut campur dan kepo, malah kena semprot Saka deh ” Bunda sini aja, jangan ikut – ikut “, hahaha.
Eh bukan cuma kali ini sih kena semprot Saka, waktu Saka nyanyi dan bunda ikutan juga nggak dibolehin Saka. Dilarang ikut-ikut pokoknya, please cari lagu sendiri hahahaha.

Soal pipis ini akhirnya aku ikuti di iklan, sebelum dan sesudah pipis cuci tangan pakai sabun biar kumannya ga pindah tempat. Dan PR ayah sama bunda buat nyediain tempat sabun yang terjangkau oleh Saka plus rajin-rajin sikat lantai kamar mandi biar ga licin pas Saka ke kamar mandi sendiri.

*gambar dari sini

Nah, kalau soal pakai baju, bunda bebasin Saka mau pake baju apa saja, karena bajunya sudah dikelompokkan ke baju buat pergi, di rumah dan baju tidur. Dari kejadian itu aku dapat pelajaran berharga juga:

  • Respect your child in every aspect of their life ( its just like we put ourselves in others shoes )
  • Freedom of movement & choice ( kita aja ga mau kan, dilarang ini itu sementara kita punya alasan for do that? Jadi anak juga sama kayak kita )
  • Teach independence
  • Teach not by correcting but by modelling ( hehehe ini yang aku paling suka, ga usah bawel sana sini deh, dicontohin aja dulu sama sikap kita a.ka rajin – rajin ngaca )
  • Patience
  • Love and support them

Ternyata banyak hal yang bisa dipelajari dari si kecil, ya. Yang penting kita bisa mengambil hal positif dari segala yang dilakukan anak :)

 


Post Comment