Motherhood Monday: Mimi Alysa the Full Time & Entrepreneur Mom

Mommies disini udah pada akrab sama Devita yang biasa dipanggil Mimi Alysa ini kaan? Kalaupun nggak mengenal langsung orangnya, pasti kenal lewat brand baju muslimnya, SimplyMii atau lewat berbagai channel online-nya. Mommy dari Xebi -6 tahun-  ini memang gak bisa diam, being an active blogger sejak masih bekerja kantoran, kemudian resign dan menjadi ibu rumah tangga, waiting time-nya cuma 1 bulan sampai akhirnya langsung menjadi seorang entrepreneur dengan bisnisnya yang ngebut.

 

Mii..ceritain dong dulu bisa berbalik haluan, dari corporate darling sekarang menjadi enterpreneur.

6 tahun biasa kerja di kantor, tiba-tiba terpaksa harus resign karena nggak ada yang ngurus anak (tahun itu mama meninggal and mbak yang ngasuh Xebi dari kecil mendadak minta pulang), 1 bulan pertama jadi IRT masih asik-asik aja, di bulan ke dua mulai jenuh karena biasa sibuk… jadi lah iseng-iseng mulai cari kesibukan, dengan modal sisa pesangon yang ala kadarnya mulai bikin clothing line, mencoba mewujudkan cita-cita masa kecil jadi fashion designer, Alhamdulillah lancar sampai sekarang.

Mimi sebenarnya sudah akrab banget berbisnis dari kecil, mulai SD sudah jualan sticker, kertas surat dan lain-lain, dan mulai SMP juga sudah bisa mencari uang sendiri dengan menari (wow!).

Mimi pernah bilang dulu kalau kelahiran Xebi itu jadi turning point-nya Mimi, tell us more.

Kelahiran Xebi memang amazing banget, pertama dari gue yang  mantan seorang penari, dan gak pernah terpikir akan berhijab bisa dapat hidayah untuk berhijab.  Ke dua, saat mulai berbisnis tadinya mau bisnis santai aja nyari-nyari uang tambahan sampe one day Xebi nemenin gue bazaar terus kita makan di fancy resto gitu, tiba-tiba dia bilang “Enak banget makanan disini, aku mau, Mi, makan di sini tiap hari”. Nah hari itu gue seperti ditabok, kebutuhan anak itu banyak, walau cukup dan terpenuhi dari penghasilan suami tapi memang kita nggak bisa hanya “cukup” harus “lebih”. Dari situ eke berniat seriusin bisnis clothing ini.

Sejak dalam kandungan hingga kelahirannya, Mimi memang mengalami masalah dengan kondisi Xebi yang sangat mungil. Tetapi pelan-pelan hal tersebut bisa diatasi, dan karena itu sampai sekarang Mimi masih get her hand full on Xebi.

Sekarang SimplyMii sudah berkembang pesat, suami juga ikut mengurus bisnis ini ya Mi?

Alhamdulillah bisnis ini berkembang sampai sekarang, karena Allah beri kelancaran. Bisa buka toko, bikin workshop sendiri, dan punya kantor sendiri walau sederhana. Melihat peluang bisnis bagus dan istri yang gak pengalaman bisnis suami gue akhirnya ikut terjun ngurusin bisnis clothing ini, dan subhanallah banget dengan dibantu suami usaha jadi makin lancar, Alhamdulillah… Jadi most of the time di kantor memang eke bareng suami, persis seperti cita-cita sebelum nikah dulu, pernah kepikiran mau buka usaha bareng biar bisa kerja bareng. Karena 6 tahun awal menikah memang waktu kita habis di kantor masing-masing. Alhamdulillah banget doa kepingin lebih sering sama keluarga di-ijabah Allah dengan usaha ini.

Gak masalah, tuh, bekerja bareng suami terus?

Fun banget, hahahaha! Karena cita-cita bersama memang, well jadi partner kerja di kantor beda pendapat sering banget urusan kerjaan tapi sampe rumah ya balik jadi istri, nurut sama suami, ngeladenin suami, dan lain-lain walau di kantor tadi bete hahahaha ;)

Xebi itu involved banget dalam bisnis ini ya, mulai dari jadi model, diajak kemana-mana.. Rasanya cuma Mimi, seorang desainer-pebisnis yang ke mana-mana selalu terlihat bareng anaknya. Jadi bagaimana si pemahaman Xebi tentang bisnis mamanya ini?

Jadi si Xebi ini “terpaksa” gue bawa kemana-mana karena nggak punya mbak di rumah, dari awal bisnis ini jalan dia gue ajak beli kain, diskusi dengan tukang jahit, photoshoot, sampai fashion show. Sebenernya agak kasihan tapi lebih baik dia gue bawa daripada gak ada yang ngurus kan di rumah, lagipula dia sangat enjoy ikut-ikut mamanya. Karena Xebi-lah lahir brand KidsMii, semua tentang KidsMii atas permintaan Xebi. Tiba-tiba dia minta dibikinin baju, dia minta jadi model, dia minta photoshoot sampe show hahahaha. Ya diarahin aja selama dia masih merasa fun, karena pernah suatu hari dia bilang ke gue, “Aku mau jadi fashion designer seperti mimi, enak kerjanya gambar, beli kain, dibikin baju, difoto, terus jualnya pake iPad and dapat duit deh, asik bisa mainan iPad terus. Hahaha, jadi kurang lebih dia sudah mengerti secara garis besar bagaimana proses bisnis ini berjalan, dan semoga itu bisa menjadi inspirasi untuknya nanti.

Berarti memang bisnis ini berpengaruh sekali ke dia ya.

Yes exactly, kayaknya karena lingkungannya di bisnis ini jadi dia memang ter-influence. Dia juga sudah tahu tentang bisnis ‘online’, karena dia sering banget ke kantor dan karyawan di kantor kan online semua pegang gadget atau laptop untuk jualan.

Ada pembagian waktu, di mana bisa mengurus bisnis dan mengurus Xebi sepenuhnya?

Iya, sejak Xebi masuk SD gue minta ijin sama suami untuk remote kerjaan dari rumah, karena pengen kasih dia masa SD seperti anak-anak normal lainnya, karena semenjak TK sudah banyak ‘berkorban’ ikut berdagang. Jadi sekarang gue yang ngalah, abis jemput Xebi sekolah ya pulang ke rumah atau ke tempat les, semua kerjaan gue kerjain later di rumah. Alhamdulillah suami sudah membagi tugas masing-masing dan kita gak boleh “cross border” kerjaan untuk mencegah konflik.

Mimi juga sangat concern dengan pendidikan dan pengasuhan Xebi. Selain blog SimplyMii dan label premiumnya, Mimi Alysa, Mimi juga masih sempat untuk sharing tentang keluarga, parenting, and everything in between dalam blognya Mimilovelyday.

Mimi dan Xebi seringkali terlihat kompak dalam berpenampilan. Bagaimana pendapat Xebi? Dia senang kalau bisa serasi sama mamanya?

Xebi yang selalu kepingin kembaran sama Mimi-nya, itu juga alasannya KidsMii terwujud, karena pernah suatu hari dia bilang “Bikin-nya baju mimi terus, baju aku kapan?” Sebisa mungkin dia ikutin entah model baju atau warna baju yang gue pake.

Terakhir, bagaimana kiat dan cara Mimi untuk konsisten menjalankan bisnis sembari jadi full time mom buat anak?

Do what you love the most jadi nggak terasa capek lelah repotnya. Start to explore yourself dengan berpikir kalo lo berada di luar comfort zone elo sekarang, what will you do? Kalaupun suami sudah memberi lebih dari cukup jangan merasa cukup dan hanya bisa belanjainnya aja, eh walau uang dari usaha kita gak sebesar pemberian suami tetep rasanya lain lhoooo…

Kalo aku pribadi lebih ke arah tanggung jawab terhadap karyawan sekarang. Maksudnya gini, SimplyMii mungkin brand baru dan belum semua orang tau tapi buat 20 karyawan gue di kantor dan workshop label ini adalah tempat mencari nafkah, untuk anak istri mereka. Jadi itu juga yg menjadi penyemangat gue dalam berkarya. Untuk bisnis yang sedang berkembang seperti bisnis gue tipsnya harus percaya dan bisa delegasi kerjaan ke orang lain. Karena kita nggak bisa mengerjakan semuanya sendirian, karena ada anak yang perlu perhatian penuh dari ibunya.

Satu lagi, tugas utama perempuan adalah tetap menjadi istri dan Ibu, jadi 2 hal itu harus tetap didahulukan.

—–

Wah, kalau mengikuti cerita Mimi, pasti akan sependapat dengan saya, she’s a kind of hiperactive mom! :D Selain semua kegiatannya tadi, Mimi juga sedang aktif mendalami yoga dan rajin menularkan kebiasaan hidup sehatnya melalui food combining. Yes for balance life!

 


3 Comments - Write a Comment

Post Comment