Membawa Anak Ke Kantor, Ini Aturannya!

Si Mbak pengasuh mudik atau resign? Wah, hal ini sih pasti jadi momok bagi semua ibu bekerja, ya. Salah satu solusi yang populer di beberapa ibu (dan ayah) bekerja adalah membawa anak ke kantor. Ya, pemandangan bawa anak ke kantor, belakangan ini sudah jadi hal yang lumrah. Kalau di kantor kami, sih, jangan ditanya. Haha.

*Langit ikut waktu launching party-nya Travelers Daily

Walaupun si bos sudah memberikan ACC saat kita bawa anak ke kantor, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan, lho! Antara lain:

  • Pastikan anak istirahat yang cukup di hari sebelumnya. Hal ini mencegah anak cranky saat Mommies harus bekerja.
  • Atur waktu meeting dengan pihak luar. Kalau saya, nih, selalu mengaturulang jadwal meeting jika ternyata di hari itu saya bawa anak ke kantor. Kalau nggak bisa gimana? Gantian deh, suami yang bawa Langit kerja :)
  • Sediakan cemilan favorit anak supaya Mommies nggak kerepotan bolak balik minta tolong office boy kantor (psst, kan nggak enak juga karena seharusnya OB itu mengerjakan tugas kantor, ya) atau Mommies harus ke minimarket terdekat. Kalau saya nih, yang pasti saya bawa adalah buah. Saat makan buah, Langit bisa super duper anteng. Jadi kalau saya harus mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi penuh, saya keluarkan ‘senjata’ buah ini.
  • Bawa mainan favorit anak. ini juga penting. Kalau saya, sebelum berangkat, pasti saya akan tanya mainan mana saja yang akan dibawa. Ingat, anak kecil biasanya bosenan, maka bawa beberapa mainan si kecil tapi keluarkannya satu per satu.

*Kehabisan mainan, jadi apa yang ada di atas meja ibunya dimainin :D

  • Sediakan pakaian ganti. Walaupun seandainya nggak ada tempat mandi di kantor, tapi seharian bermain pasti si kecil berkeringat, jadi kalau bisa sore hari tetap si kecil digantikan pakaian, dilap sedikit pakai tisu basah biar lebih segar. Atau bisa juga pakai sabun untuk travelling-nya Erha.
  • Janjian dengan teman kantor yang anaknya seusia. Kalau kasusnya si mbak masih mudik pasclebaran, bisa nih janjian bawa anak ke kantor seperti yang sering saya dan teman-teman kantor lakukan. Anak-anak kalau sudah ketemu temannya kan suka ‘lupa’ sama bosan, ya. Lumayan, kami para ibu bisa bekerja karena anak-anak anteng main dengan temannya.

Main sama Igo-nya Manda dan Bumi-nya Adiesty

Siapa yang nggak senang kalo main sama teman seharian?

  • Janjian juga dengan anak supaya tidak terlalu gaduh saat berada di kantor. Kalau saya sih berpatokan pada, di antara 10 orang yang saya kenal nggak semuanya suka dengan tindakan saya. Lagipula kasihan juga rekan kerja lain jika anak kita terlalu heboh, kan?

Terakhir, nih, kalau kasusnya si mbak resign dan nggak balik-balik plus belum dapat pengganti, segera cari alternatif. Entah cari daycare atau, ya, nuwun sewu sama orangtua/ kerabat, jika Mommies mau menitipkan anak-anak.

Karena bagaimanapun, saat bekerja dan kita bawa anak, seanteng-antengnya si anak, pasti konsentrasi kita (atau rekan kerja?) kepecah. Eh, saya sih, iya. Mommies bagaimana?