Segera Berbuat, Serentak Bergerak!

Beberapa bulan yang lalu, saya ikut dalam sebuah program sosial bertajuk Kelas Inspirasi. Awalnya, saya hanya tau dari Twitter, kemudian Hani dan Vanya ikut program ini lebih dulu. Kelas Inspirasi, sederhananya adalah sebuah program di mana kita memberikan info pada anak-anak Indonesia mengenai profesi yang kita jalani.

Saat ini kan yang namanya profesi seseorang sangat beragam, ya. Tapi yang anak-anak ketahui biasanya hanya sebatas Polisi, Dokter, Guru, dan sebagainya. Profesi sebagai penulis, peneliti, atau account manager, bukan hal yang sering mereka dengar. Mungkin kalau anak-anak kita sudah biasa, ya, mendengar profesi ini. Selain karena lingkungan anak-anak kita yang lebih beragam, di sekolah biasanya juga lebih kaya akan pengetahuan mengenai hal ini. Bagaimana dengan anak-anak yang bersekolah di sekolah yang tidak menunjang kekayaan pengetahuan ini? Sekedar informasi, sekolah tempat kami mengajar adalah Sekolah Dasar Negeri yang jarang disentuh oleh berbagai informasi mutakhir.

Awalnya, saya bingung, bagaimana mau menjelaskan profesi saya. Latar belakang saya sebagai pekerja televisi, tapi saya nggak ngurus bagian tekhnis. Kemudian saya bekerja di periklanan, tapi nggak lama. Semua bidang pekerjaan saya benang merahnya adalah menulis. Menulis naskah program televisi, menulis naskah iklan, menulis berita, review film, dan lain sebagainya. Walaupun agak malu untuk menulis pekerjaan sebagai penulis, tapi akhirnya saya memilih penulis sebagai profesi saya.

*akhirnya merasakan jadi guru sehari :’)

Ketika pertama anak-anak mendengar pekerjaan saya adalah penulis, mereka tampak bertanya-tanya. Ada, sih, yang sudah bisa menebak apa yang saya kerjakan, tapi sisanya clueless. Ada yang bilang saya menulis lagu, nulis puisi, dan seterusnya. Hehe.

Banyak sekali hal yang saya dapatkan saat mengikuti Kelas Inspirasi ini. Saya mendapat teman baru yang tergabung dalam kelompok 7 Kelas Inspirasi. Mereka dari berbagai profesi seperti Peneliti, Therapist, Pengusaha Sepatu, Auditor, Banker, dan banyak lagi. Saya juga dapat banyak pelajaran dari anak-anak murid SDN 02 Cinere. Dan yang pasti, ada kebanggaan tersendiri karena sudah bisa melakukan sesuatu bagi anak-anak Indonesia.

*Pak Adjie, dosen yang datang jauh-jauh dari Bandung ke Cinere untuk Kelas Inspirasi sedang dikerumuni anak-anak

*bersama anak-anak murid kelas 3 dan Ibu Titi (paling belakang), auditor

*saya dengan murid-murid kelas 5, yang sudah pada ABG. Gadis cilik paling kanan ini cita-citanya berani beda, yaitu jadi penyanyi :)

*Bareng teman-teman sekelompok yang sangat inspirasional dan hebat!

Mengutip dari email yang dikirimkan oleh Bapak Anies Baswedan selaku penggagas aktivitas ini:

Ya, secara fisik Anda cuma beberapa jam di sekolah itu, tetapi inspirasi yang Anda tanamkan bisa hidup amat lama, bisa tumbuh amat kuat. Anda datang dengan hati, dan merekapun akan menerima Anda dengan hati. Kehadiran dengan hati itu sungguh dahsyat efeknya. Anda bisa menginspirasi mereka, yang efeknya amat panjang. Biarkan cerita Anda, wajah Anda, ketulusan Anda dan semangat Anda jadi bagian dari narasi mimpi mereka.

Semoga, suatu saat kelak, mereka jadi seseorang dan bercerita bahwa inspirasinya tumbuh saat Anda, kakak sebangsanya, datang ke sekolahnya. Biarkan mereka menyimpan cerita Anda sebagai bagian dari semangat memenangkan masa depannya.

Terharu banget saya baca email itu. Andai saya punya lebih banyak waktu dan kemampuan untuk menyebarkan ilmu yang tidak seberapa ini ke anak-anak, ya. Saya dan teman-teman sekelompok yang saat ini masih aktif di Whatsapp Group juga seperti #GagalMoveOn dari kegiatan ini. Kami masih sering berdiskusi mengenai apa lagi yang bisa kami kerjakan untuk anak-anak Indonesia.

Obrolan ini seperti dijawab oleh penggagas Gerakan Indonesia Mengajar dengan mengadakan Festival Gerakan Indonesia Mengajar pada tanggal 5-6 Oktober 2013. Festival ini diadakan di Econvention Hall, Ancol, Jakarta. Festival ini bukan pameran, bukan pula seminar apalagi workshop. Selama 2 hari, kita akan #KerjaBakti mendukung pendidikan Indonesia dengan membuat materi-materi belajar untuk siswa-siswa SD di ujung negeri ini melalui wahana yang disediakan di Festival ini. Mommies juga bisa mengajak si kecil lho! Untuk lebih detail Mommies bisa lihat situs mereka: Festival Gerakan Indonesia Mengajar sementara jika ada yang ingin ditanyakan, bisa ke thread mengenai Festival Gerakan Indonesia Mengajar.

Yuk kita “segera berbuat, serentak bergerak” demi anak-anak Indonesia :)


2 Comments - Write a Comment

Post Comment