Healthy Cooking For Healthy Life

Kalau disuruh memilih antara beres-beres rumah dengan memasak, saya pasti pilih memasak. Buat saya, ketika berhasil masak sebuah menu yang sehat dan disukai anak dan suami, rasanya tuh puas bukan main. Mungkin, kegemaran masak ini karena melihat mama yang jago masak. Makanya saya rada terobsesi untuk bisa menghasilkan makanan seenak mama.

Demi mewujudkan impian tersebut, saya paling suka kalau datang ke acara cooking class. Selain bisa nambah ilmu, saya jadi bisa punya kesempatan untuk berbincang dengan para ahlinya. Nah, belum lama ini saya sempat datang ke acara cooking class bersama Chef Arimbi Nimpuno. Waktu itu, Mbak Arimbi banyak share soal bagaimana bisa masak makanan sehat dengan cara yang lebih efisien. Hal ini tentu sangat berguna buat Mommies yang bekerja di mana waktunya memang terbilang terbatas.

Yang pasti, healthy food menurut Mbak Arimbi merupakan  menu makanan yang seimbang, ada sayur, daging, ikan dan ayam.

Batasi Konsumsi Nasi

Foto dari sini

“Kebiasan makan nasi putih sebenarnya kurang bagus. Memang nasi banyak memberikan energi, tapi kalau nggak diimbangi dengan dengan makan serat yang banyak akhirnya bisa meng-create obesitas karena kandungan gula di dalamnya,” begitu kata Mbak Arimbi waktu saya bertanya kiat makanan sehat darinya.

Jadi nggak heran kalau sejak lama, Mbak Arimbi hanya sesekali saja mengonsumsi nasi. Bahkan kebiasaan ini sudah ia tularkan pada seluruh anggota keluarganya. Kalaupun memang masih terasa berat untuk meningggalkan nasi, Mbak Arimbi menyarankan untuk memilih brown rice , besar merah ataupun hitam. “Ada bagusnya lagi kandungan karbohidrat ini diganti dengan sumber yang lain seperti kentang”.

Canola Oil

Foto dari sini

Supaya hidup lebih sehat, Mbak Arimbi mengatakan kalau dirinya jarang sekali memasak menu yang goreng pada sajian yang ia konsumsi dan masak sehari-hari. Kalaupun ada makanan yang harus digoreng, ia mengatakan biasanya menggunakan canola oil.

Canola oil memang jenis minyak goreng yang kaya akan sumber alfa-linolenat, asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Jadi nggak heran, yah, kalau Mbak Arimbi memilih mengganti minyak goreng biasa dengan canola oil.  Bisa dibilang, canola oil ini memang banyak manfaatnya. Selain kandungannya memang bagus untuk tubuh, minyak yang memiliki rasa yang netral ini mempunyai tinggi titik didih yang terbilang tinggi sehingga cocok untuk menggoreng, menumis ataupun buat aneka makanan yang dipangggang..

“Minyak canola ini  punya daya tahan panas yang jauh lebih tinggi dibandingkan minyak yang lain. Untuk makanan  yang disangrai saya juga biasa memakai light olive oil,” ujarnya.

Mbak Arimbi menyarankan kalau memang harus masak dengan cara menggoreng harus memperhatikan temperatur. Dengan temperatur panas yang pas dan sesuai, menggoreng tidak perlu terlalu lama sehingga minyak yang diserapnya tidak banyak.

Perhatikan Alat Masak


Makanan yang sehat ternyata nggak terlepas dari pemilihan alat masak yang tepat. Makanya, setiap masak Mbak Arimbi mengaku nggak mau sembarang menggunakan alat masak. Katanya, selain harus aman, ada beberapa faktor yang jadi pertimbangan seperti segi kepraktisan serta memiliki power yang tinggi.

“Kalau alat masak yang kita pilih praktis, kita jadi nggak ribet saat masak. Sambil masak, kita juga bisa sambil mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Jadi nggak perlu kita lihat setiap saat nunggu hingga makasakan matang. Untuk power juga harus diperhatikan, soalnya ada alat-alat masak yang powernya kurang optimal sehingga hasilnya juga maksimal.”

Saat ini Mbak Arimbi mengaku kalau dirinya banyak terbantu dengan peralatan dapur yang dikeluarkan Philips karena meringankan pekerjaan. Efektif dan efisien. Di antaranya adalah tiga produk terbarunya, electric pressure cooker HD 2136 yang membantu membuat masakan jadi jauh lebih empuk, food steamer HD 9140 yang berfungsi untuk mengukus atau memanaskan makanan dengan cara praktis dan soya milk maker HD 2016 yang bisa digunakan untuk membuat susu kacang kedelai ataupun berbagai soup yang dihaluskan.

No MSG

Dalam memasak, Mbak Arimbi memang selau memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Semua resep makanan yang ia hasilkan pun tanpa MSG. Meskipun begitu, bukan berarti makanannya nggak kaya rasa, lho. Soalnya setiap kali masak, Mbak Arimbi selalu nggak pelit dalam memberikan bumbu.

Oh, ya, buat Mommies yang terbiasa menggunakan bumbu penyedap atau MSG, mungkin bisa mengikuti saran Mbak Arimbi agar menggantinya dengan sedikit gula dan garam saja. Dengan cara ini, gurih masakan justru akan lebih keluar. Selain itu, bawang putih juga bisa dijadikan salah satu alternatif lain sebagai bumbu alami yang bisa membuat masakan jadi lebih gurih. “Banyakin saja bumbunya, bawang putih, daun bawang, garam laut dan gula,” ujarnya.

Gimana, nggak sulit kan masak makanan sehat?

 


Post Comment