Motherhood Monday: Maya, I Lost 34kgs!

Kalau Mommies rajin nongkrongin thread Fit n Fab kami, pasti akrab banget dengan 1 username: Mamul. Maya ini bisa dibilang ‘suhu’ di thread Fit n Fab, karena selain nggak pelit bagi ilmu, Maya juga rajin semangati member lain yang sedang dalam proses diet atau ingin memulai olahraga.

Fyi, Maya ini ibu rumah tangga dari Fadlan yang sekarang berusia 2,5 tahun dan tanpa pembantu. Makanya, saya jadi penasaran bagaimana Maya mengatur waktunya untuk berolahraga. Yuk ah, kita ngobrol sama Maya.

Gimana sih, May, awalnya termotivasi untuk memiliki pola hidup sehat?

Awalnya… Hmmm.. Agak-agak memalukan nih. Jadi suami saya komplen kalo tidur saya jadi sering ngorok tiap malam. Dan pernah di suatu siang pas lagi bobo siang sama anak, mendadak dada saya sesak sampe sakit. Ada kali setengah jam saya berjuang buat nafas yang bener. Pas bisa bangun, saya hampir nangis dan nelpon suami (waktu itu saya  tinggal di Cirebon dan suami masih di Jakarta), nangislah saya soalnya berasa nafas mau putus. Malah ditakut-takutin sama suami sambil inget-inget ibu saya yang ada lemah jantung, hiks

Dari situ saya ngerasa takut dan mulai searching sesak nafas saat tidur penyebabnya apa. Dan salah satunya, dueng, karena overweight  dan overweight bisa menyebabkan sleep apnea dan sleep apnea itu bahaya hiks..

Terus konsultasi ke dokter atau apa?

Sempet ngobrol sama DSA, soalnya DSA saya bengong liat berat saya kiloannya ga turun-turun (pascamelahirkan) hahaha..

Terus ditanya-tanya sama DSA pola makannya gimana, nah dari situ saya berubah. Langsung ikutin kata-kata DSA. Katanya demi kualitas ASI saya juga.

Kalau boleh tau, berapa kilogram saat itu?

Nimbang di RS sih 73-74kg hehehe.  Tapi kalo nimbang di rumah 72kg hihihi

Terus..

Dokternya ngubah banget pola makan saya. Tadinya kan saya berprinsip kalo nyusuin makannya double dan terus-menerus makan, nah DSA-nya ubah itu semua. Dikasih tau juga kalo cadangan lemak saya banyaaakkkk.. Asal makannya bener dan jadwalnya bener plus menu makannya sehat pasti menyusui bisa bakar kalori dan bantu nurunin kiloan saya dan saya bisa balik ke kiloan semula pas sebelum hamil (63kg).

Jadilah sejak dinasehatin DSA, saya cuma makan yang dianjurkan beliau aja. Plus dicukupkan air putihnya.

Setelah itu langsung olahraga atau diet aja?

Dari situ, saya diet sehat plus banyakin aktivitas dan olahraganya jalan sore 1 jam sambil dorong stroller. Iseng-iseng buka FD kan (tadinya saya aktif di skincare aja) terus masuk ke forum healthy (dulu namanya bukan fit n fab yak). Iseng-iseng baca thread yoga. Dari situ saya pengen yoga lagi dan mulai tanya-tanya video yoga untuk weightloss. Dikasih, deh, link Youtube-nya Sadie Nardini

Dapet link video, saya praktik yoganya. Eh, bisa hehehehe… Tapi saya berani yoga karena dulu sebelum nikah pernah ikut kelas yoga.

O, ya, pas dianjurkan mengubah pola makan itu, saya benar-benar kudu musuhan ama makanan /minuman kemasan, makanan/minuman yang dikasih gula/garam tambahan. Terus saya diminta ga pake MSG.

Jadilah tiap malem sebelum tidur saya yoga. Awalnya sesuai video aja sekitar 10 menitan. Lama-lama intensitas saya naikin dan mulai cari-cari video yoga dari Sadie yang lainnya. Setelah 3 bulan, akhirnya berat saya turun ke 58, horeeeee… Hahahaha…

Wiiiih pola makan tetap dijaga?

Iyaaaa… Dan selama 3 bulan itu saya ga cheating. Ga makan junkfood, ga makan jajanan.. Total makan buah, sayuran, protein (saya lebih sering makan tahu/tempe/telur). Masih makan nasi putih tapi diminta DSA cukup makan 6 sendok makan/hari. Jadi saya bagi aja, lunch 3sdm dan dinner 3sdm.

Woow!

Cuma ya gituuuuu… Kalo suami ngajak makan ke resto cepat saji, saya biasanya ga order. Cuma order air putih hahahaha..  Tapi kalo ke Pizza Hut masih aman karena saya masih bisa makan buah-buahannya tanpa saus mayo, hihihi.

Dapet info nutrisi atau olahraga dari mana? Forum aja atau konsul ahli juga?

Kalo nutrisi kan waktu itu masih ada pakemnya dari DSA. Patokannya dari situ aja.

Di forum biasanya saya diskusi. Tapi kalo ada yang ganjel, saya ajak bicara DSA sambil chek up si kecil, hehehe.

Ada satu yang bikin hepi sih, Lit… Suami saya kalo pulang dan tidur, pas bangun dia bilang saya ga ngorok lagi. Yaiy!

Hihihi.. FD ngebantu ga sih yang bagian Fit n Fab terutama?

Banggeettt… Gara-gara FD saya jadi tau video-video olahraga di Youtube. Terus kita sering diskusi soal kemajuan diet kita bersama. Nah, pas ada Wulan di Fit n Fab, saya lebih terarah lagi. Jadi paham tentang fatloss, BMI dan body fat. Dan saya inget banget, meski saat itu berat badan udah 56kg tapi body fat saya masih 23% deh, hahaha..

Dari Fit n Fab juga saya kenal olahraga lain, selain yoga dari. Nah.. Dari situ mulai deh saya coba HIIT dan latihan beban tapi pake badan sendiri bebannya. Jadi beragam olahraga yang saya lakuin.

O, ya.. Senengnya lagi, diarahkan untuk diet sehat selalu. Itu yang nyenengin dari grup diet (di forum) pas zaman saya dulu hehehe..

Ngatur jadwal olahraga gimana? Secara ibu-ibu beranak satu..

Ngatur jadwal olahraga sebisanya saya sih. Tapi biasanya malem pas anak udah bobo. Atau sebelum sholat subuh.

Hah, sebelum subuh? Itu tiap hari?

Iya, tiap hari 30 menit.

DSA saya pernah ngomong juga olahraga sebisa mungkin tiap hari. Kalo jalan kaki sama baby, ya, sejam lah. Pas baca-baca di forum, kalo intensitasnya cukup/sangat tinggi 30 menit aja asalkan tiap hari.

Total turun berapa kilogram dan fat-nya jadi berapa sekarang?

Total turun dari Oktober sampe hari ini sekitar 21kg. Kalo dari setelah melahirkan (januari 2011,85kg) sampe hari ini 34kg.

Fatnya terakhir hitung sekitar 2 minggu yg lalu ada di 16,7%.. Buletin aja jadi 17% yak..

*Kiri: Maya di bulan Janiari 2011 (85kg), kanan: Maya di bulan Juli 2013 (51kg)

Wooow… Ibu-ibu sering ngeluh ga ada waktu olahraga. Kiat atau pendapat Maya apa?

Saya juga dulu bilang begitu. Bahkan pernah berprinsip “kalo udah ibu-ibu ga bakal dapet badan seperti sebelum hamil”. Tapi kalo kita mau dan mau meluangkan waktu, olahraga itu bisa dilakuin kapanpun, kok. Memang berat ya, yang lain pada udah tidur kita masih lompat hahahaha… Atau adzan subuh belom berkumandang, kita malah olahraga hahahaha.. Tapi kalo udah liat hasilnya, kita ga bakal mau berhenti olahraga deh.

Sampe sekarang masih rutin olahraga dan pola makan sehat?

Masih. Udah jadi kebiasaan kali ya. Tapi sekarang udah berani makan junkfood atau donat kesukaan di luar hehehe… Tetep dibatesin, seminggu cukup satu menu aja. Makanya sering dilakuin pas akhir pekan sambil makan di luar sama suami

Suami komentar apa selain ga ngorok lagi? :D

Hmmm… Komennya badan saya lebih bagus dan semua (yess, semua yaaa.. Mulai dari mertua, orang tua, kakak sampe saudara dari pihak suami dan pihak saya) kaget saya bisa seperti sekarang hahahaha… Sejak kuliah sampe nikah kan saya “bongsor” hahaha… Makanya waktu itu suami cuma bilang, “Yah kita liat aja mama sanggup atau ngga balikin badan seperti sebelum hamil”. Eh, malah bablas seperti jaman SMA, hahahaha..

Tapi seneng dooong suami

Iyaaa.. Hahahaha… Sekarang sama-sama seneng sih. Saya seneng bisa nularin pola hidup sehat dan suami seneng saya jadi gesit dan ga gampang capek kalo diajak jalan-jalan.

Kalo Maya sendiri seneng ga dengan kondisi saat ini atau masih ada target?

Hepi banget di kondisi seperti sekarang. Tapi saya juga masih ada target sih seperti bisa lari 10km non stop dan stabil plus bisa ilangin gelambir-gelambir di bagian tertentu.  Agak susah memang ilangin sisa-sisa gelambir jaman obese dulu.

Target terdekat, bisa lari bareng-bareng elo di Jakarta Marathon tapi ga malu-maluin pace-nya hahahaha *dikeplak lita*

Waaaah, salut banget sama Maya! O, iya, asal tau aja, Maya juga senang banget lho bikinin jadwal olahraga buat teman-teman forum. Sampai ketemu di Jakarta Marathon ya, May, kalo gitu!


10 Comments - Write a Comment

Post Comment