Mobil Sehat, Untuk Masyarakat Peduli Kesehatan

Saat Idul Fitri kemarin, entah berapa banyak kalori, lemak dan gula yang masuk ke dalam tubuh saya. Ya, bayanging saja, setelah menjalankan  ibadah puasa, Lebaran seakan-akan jadi momen yang pas buat balas dendam. Ibaratnya, mau makan enak dan apapun juga, boleh :D

Jadi, bisa dibilang sudah hampir nggak terhitung berapa jumlah makanan yang masuk ke dalam perut. Mulai dari ketupat dan sayurannya, sop buntut, opor ayam, rendang, sambal goreng hati, pempek, siomay, dan belum lagi kue kering dan minuman dingin. Duh!

Jadi, nggak heran, ya, kalau ujung-ujungnya setelah Lebaran, masalah kesehatan sering timbul. Mungkin salah satu yang paling sering adalah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan atau bahkan naiknya tingkat kadar gula darah, kolesterol.

Di rumah, justru ayah saya lah yang jadi salah satu yang merasakan dampaknya. Di hari lebaran ke tiga, ayah saya mengalami BAB sepanjang hari. Mungkin, selain karena makannya sembarangan dan kurang selektif, karena faktor usia juga, kali ya?

Meskipun saya, dan suami nggak sampai mengalami hal serupa, bukan berarti kami berdua nggak was-was. Perasaan takut kalau gula darah, kolesterol ataupun asam urat jadi naik tetap saja ada. Makanya, kami pun akhirnya memutuskan untuk segera kontrol dengan pengecekan darah.

*Saya dan beberapa teman media sedang melakukan pengecekan

Sebelum niat tersebut terpenuhi, kebetulan saya datang menghadari peluncuran ‘Mobil Sehat Soylution’. Sebuah kampanye yang dilakukan Soyjoy sebagai cemilan sehat dari kacang kedelai yang selalu commit terhadap kesehatan masyarakat. Rupanya, dengan menghadirkan mobil sehat ini Soyjoy berharap bisa membantu masyarakat untuk mengetahui kesehatannya lebih cepat.

Soalnya, di mobil sehat ini kita langsung melakukan pengecekan darah untuk mengetahui gula darah, tekanan darah, body mass index dan dilanjutkan dengan konsultasi dengan ahli gizi atau dokter gizi. Semua ini bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Saya yang memang ingin melakukan pengecekan, tentu nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini, dong! Jadilah waktu itu saya cek kadar gula darah, tekanan darah, dan body mass index. Alhamdulillah, meskipun waktu Lebaran makan saya cukup kebablasan, ternyata hasilnya semua normal :)

Saat berbincang dengan media yang hadir, Adhalia Latjeno selaku Produk Marketing Manager Soyjoy yang berada di bawah payung PT. Amerta Indah Otsuka ini mengatakan kalau mobil sehat Soylution ini merupakan salah satu kontribusi Soyjoy dalam menumbuhkan dan meningkatkan hidup sehat di masyarakat. Alasannya memilih mobil sebagai media juga dikarenakan agar lebih ringkas dan dapat menjangkau masyarakat lebih dekat lagi.

Sejak diluncurkan, mobil ini sudah menjangkau 49 lokasi yang memang untuk sementara waktu difokuskan di Jakarta terlebih dahulu. Lewat pemeriksan terhadap 2.092 pengunjung ditemukan bahwa seringkali kondisi yang ditemui adalah penyakit degeneratif seperti kencenderungan pra-diabetes dan diabetes, serta penyakit lain yang sering disebabkan karena pola makan yang kurang sehat.

Niat untuk menjangkau lokasi yang lebih luas dan pemeriksaan terhadap anak-anak sudah ada. “Tapi, untuk sementara waktu, memang kita fokuskan di Jakarta dan untuk penyakit degeneratif yang biasanya dialami orangtua dulu. Harapannya, sih, kalau orangtuanya sehat karena sudah melakukan pola hidup yang benar, tentu bisa mengajarkan dan memberi contoh pada anak-anaknya.”

Wah, saya setuju sekali, nih, dengan pandangannya. Jika kita sebagai orangtua sudah bisa menjalankan pola hidup sehat, tentu dengan sendirinya akan menular pada anak-anak. Oh, ya, kalau Mommies bersama komunitasnya ingin melakukan pengecekan bersama di mobil sehat ini, bisa langsung mendaftar lho di  www.soylution.co.id