Bermain Bersama di Perjalanan

Masih lekat dalam ingatan, dulu saat mulai bisa membaca, mama saya sering sekali mengajak bermain tebak-tebakan kata jika kami sedang dalam perjalanan. “Ayo, Dis… coba itu tulisannya, apa?” ujarnya sambil menunjuk billboard yang mengiklankan sebuah produk.

Buat saya, momen seperti ini sangat menyenangkan. Jika semula perjalanan terasa begitu membosankan, main tebak kata seperti ini bisa membunuh waktu. Bikin perjalanan terasa cepat. Apalagi, kadang-kadang jika saya bisa membaca  dengan cepat dan tepat, mama suka memberi saya reward :D jadi tambah semangat!

Seakan me-rewind masa dulu, saat ini saya pun suka mengajak Bumi melakukan aktivitas tersebut jika sedang dalam perjalanan. Tapi, berhubung Bumi memang belum bisa membaca, saya hanya mengajaknya untuk mengeja kata-kata yang kami temui sepanjang jalan. Yah, hitung-hitung sekalian mengenalkan Bumi pada huruf-huruf.

Nah, buat Mommies yang akan melakukan perjalanan mudik, terjebak di dalam mobil saat perjalanan panjang pasti sangat sangat melelahkan. Jangankan untuk si kecil, kita saja bisa cepat merasa bosan. Daripada si kecil merengek nggak karuan,  Salah satu cara terbaik untuk mencegah si kecil nggak rewel,  bisa dengan mengajaknya bermain.

Kalau Lita dan Kirana juga sudah share tentang kiat mudik, maka belum lama ini, saya sempat berbincang dengan Mbak Rini Hildayani, M.Si. Psikolog anak sekaligus Praktisi TheraPlay ini memberikan contoh beberapa permainan yang bisa Mommies lakukan bersama si kecil kala melakukan perjalanan mudik.

“Biasanya permainan yang bisa kita lakukan bersama si kecil saat sedang perjalanan lebih bersifat ke verbal. Yang terpenting saat mengajak anak bermain di dalam perjalanan mudik, harus memperhatikan usia dan kemampuan anak juga,” ujarnya.

Menyanyi bersama

Yang paling gampang dan mudah dilakukan untuk membuat perjalanan lebih fun bagi anak dan bisa dilakukan bersama-sama adalah dengan mengajaknya bernyanyi bersama. Memberikan suasana tenang. Mengajak si kecil bernyanyi bersama nggak hanya sebatas mengenalkannya pada seni saja. Termasuk juga membantu mengasah emosi, membantu menguatkan daya ingat, mengasah kemampuan apresiasi, improvisasi, imajinasi serta kreasi.

Merangkai kata dari plat mobil

Saat di jalan, pasti pemandangannya nggak akan lepas dari deretan mobil, ya. Nah, dalam hal ini kita bisa memanfaatkannya untuk mengajak si kecil merangkai kata dari plat mobil. “Misalnya kita lihat ada plat mobil BTA, dari sana kita bisa mengajak anak untuk membuat sebuah kalimat yang  menggunakan huruf tersebut. Permainan ini bisa kita praktikan bersama anak memang usainya sudah besar dan bukan balita lagi.

Tebak awan


Saat cuaca cerah, coba, deh, ajak si kecil melihat kondisi awan di luar sana. Seperti yang kita ketahui, bentuk awan itu kan hampir selalu berubah, jadi alangkah serunya kalau kita bisa mengajak si kecil menebaknya bersama. Lewat kegiatan ini, kita juga bisa mengajak si kecil berimajinasi, menganal bentuk bahkan meningkatkan daya ingat.

“Coba ajak anak untuk menebak bentuk awan, biarkan dia menentukan bentuk awan yang dinginkan. Jika awalnya memang sulit, kita sebagai orangtua bisa memancing terlebih dahulu”.

Tebak ABC

Dulu, waktu zaman SD, bisa dibilang tebak ABC merupakan permaian yang sering sekali saya lakukan bersama teman-teman di kelas. Dan, rasanya Mommies pasti pernah, juga ya merasakan keseruan bermain tebak ABC ini. Di mana kita bersama-sama harus menebak sesuatu bersama-sama sesuai dengan huruf yang di tentukan.  “Permainan yang ringan seperti main tebak ABC ini juga bisa kita praktikkan jika sedang dalam perjalanan mudik. Permainan ini juga bisa menambah kosa kata untuk anak-anak.”

Meneruskan kata

Menurut Mbak Mbak Rini,  permainan yang menyenangkan lain yang bisa dipraktikkan saat perjalanan mudik adalah meneruskan kata. Permainan ini bisa dimulai dari obrolan ringan lebih dahulu. Mommies bisa mengatakan atau bercerita tentang sesuatu.  Misalnya, “Minggu lalu, kita pergi ke kebun binatang. Di sana, ada banyak hewan seperti….”. Ajak si kecil untuk meneruskan kata tersebut, dan melanjutkan dengan kalimat ringan lainnya. Oh, ya, permainan ini juga bisa melibatkan semua yang ada di dalam mobil, lho.

———–

Seru juga, ya, ide-ide dari Mbak Rini yang bisa kita manfaatkan saat mudik nanti. Buat saya pribadi, permainan tradisional dan alami seperti ini justru  jauh lebih bermanfaat ketimbang jika si kecil hanya asik di depan gadget-nya.


Post Comment