Family Friday: Alya Rohali Disiplin Rawat Kesehatan Gigi Anak

Mengajarkan si kecil untuk merawat kesehatan mulut khususnya gigi memang harus dilakukan sejak dini. Saya sendiri mulai rutin menggosok gigi Bumi sejak ia mulai MPASI. Sedangkan saat Bumi masih ASI dan belum punya gigi,  sesekali saya membersihkan mulutnya dengan kain kassa.

Rupanya, hal ini juga yang diterapkan  Alya Rohali. Untuk urusan kebersihan mulut, ibu dari Namira Adjani Ramadina, Diarra Anissa Radini, dan Savannah Nadja Rachbini ini memang sangat disiplin. Bahkan karena nggak mau gigi anak-anaknya rusak atau keropos, sejak dini Alya tidak membiasakan anak-anaknya untuk tidak minum susu pada malam hari. Terutama jika sudah menggosok gigi.

Untuk itu, mantan Puteri Indonesia tahun 1996 ini pun mengganti susu dengan air putih saja. “Saya membiasakan mereka tidak minum susu waktu malam hari. Jadi ketika mereka terbangun karena haus, biasanya hanya dikasih air putih saja. Saya mencegah memberi susu untuk anak-anak kalau malam hari.”

*Alya bersama dua puterinya, Diarra Annisa Rachbini (6) dan Savannah Nadja Rachbini (3)

Hal ini pun memancing saya untuk bertanya, “Sejak kapan pola pemberian air putih ini dilakukan? Biar bagaimanapun saat sedang memberikan ASI eksklusif hal ini tentu belum bisa diterapkan?”

“Sejak anak-anak saya masih ASI, saya selalu berusaha membuatnya kenyang dulu sebelum tidur, sehingga mereka nggak merasa haus dan terbangun lagi saat dini hari,” jelasnya saat saya jumpai di acara pembukaan Pepsodent Dental Expert Center, Gandaria City beberapa waktu lalu.

Selain itu, istri dari Faiz Ramzy Rachbini ini mengatakan bahwa sejak ketiga anak-anaknya masih bayi ia selalu rajin membersihkan area mulut dengan kain kasa. Ketika sudah tumbuh gigi, ia baru membiasakan anak-anaknya menggunakan sikat gigi.  Jadi nggak heran ketika  putri bungsunya,  yang kini berusia tiga tahun sudah rajin  menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Terutama  malam hari sebelum tidur.

Alya juga mengaku kalau dirinya terbantu dengan  banyaknya  produk  perawatan gigi yang lucu-lucu baik sikat gigi ataupun pasta gigi dengan varian rasa yang ditawarkan. Baginya, hal ini semakin memudahkan orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya. “Anak-anak jadi lebih mudah tertarik untuk menggosok gigi,” katanya.

Upaya Alya membiasaakan ketiga anaknya untuk disiplin  menjaga kesehatan mulut ternyata memang nggak sia-sia. Soalnya, hingga saat ini, puteri pertamanya Anjani yang kini menginjak usia 14 tahun tidak pernah mengalami gangguan kesehatan gigi. Bahkan ketika banyak orangtua yang repot harus mencabut gigi susu anaknya ketika mengetahui gigi tetap sudah mulai muncul, hal ini tidak pernah dialami oleh Alya.

“Soalnya, gigi susu Anjani bisa tanggal dengan sendiri. Ya, tahu-tahu, copot begitu saja. Jadi kalaupun ke dokter gigi, hanya untuk pemeriksaan rutin saja, bukan karena ada masalah kerusakan gigi.”

Di acara yang sama, Ketua PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Drg. Zaura Anggraini, MDS, juga menjelaskan bahwa kondisi yang dialami Anjani  merupakan contoh kasus yang baik. Ternyata kalau kesehatan gigi dijaga dengan baik dan sehat, gigi susu  memang akan tanggal dengan sendirinya tanpa kita harus repot-repot mencabutnya.

Wah, patut ditiru, nih, Mommies!


Post Comment