Lebih Kreatif di Dapur

Salah satu hal yang paling menyenangkan dan saya tunggu-tungu kalau bulan Ramadhan seperti  ini adalah hunting makanan pembuka atau takjil. Tapi biasanya, sih, menu pembuka yang saya santap cuma itu-itu melulu. Selain es buah, takjil lainnya paling hanya  kolak, bubur sumsum, lupis, bubur candil, atau gorengan.

Kurang variatif, ya? Maklum, berbeda dengan ibu saya yang jago masak, ilmu saya tentang segala resep makanan memang sangat dangkal. Makanya, kalau ada event cooking class saya termasuk getol untuk ikutan. Biar tambah ilmu dan bisa menyediakan makanan istimewa untuk suami dan anak. Syukur-syukur kalau menunya nggak ribet, saya bisa mempraktikannya di rumah bersama Bumi.

Nah, belum lama ini saya mengikuti Klop Cooking Class with Chef Juna. Alasan kenapa dibuat acara “Klop-in Ramadhan-mu with Chef Juna”  ini memang nggak terlepas dari keinginan Biskuit Klop untuk membekali para ibu dengan ide segar dalam membuat kue yang bisa dinikmati saat berbuka puasa di rumah. Dan yang nggak kalah penting, menu ini juga bisa dibuat bersama si kecil di rumah, lho!

*Kelompok saya ada prianya, lho :)

Seperti yang diungkapan Yuna Eka Kristina, selaku Head of Corporate and Marketing Communication OT Group saat cooking class yang dilangsungkan di Pejaten Village, Jakarta Selatan, “Acara ini diadakan agar ibu-ibu Indonesia bisa lebih terinspirasi dan lebih kreatif lagi dalam menghadirkan menu pilihan sahur dan berbuka. Kali ini, inspirasi menunya datang dari Chef Juna,” ungkapnya waktu itu.

Beruntung sekali waktu itu saya saya berkesempatan mengikuti acara ini bersama- puluhan ibu-ibu lainnya. Rupanya, acara ini juga sekaligus jadi ajang meet and great antara ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas fanpage Klop dan Chef Juna selaku Brand Ambassador Klop. Sebelum cooking class dimulai, Chef Juna juga mengaku kalau dirinya sangat terkesan melihat banyak sekali ibu-ibu yang antusias mengikuti acara tersebut. Soalnya, banyak juga, lho, peserta yang khusus datang dari luar Jakarta, seperti Jawa Tengah dan Lampung.

Waktu itu, saya dan puluhan ibu-ibu lainnya berkesempatan mempraktikan 2 resep yang khusus dibuat oleh Chef Juna. Kue tape Vanila Coklat dan Klop Pandan and Chocolate Sundae. Ia mengatakan kalau kedua menu ini sengaja dipilih untuk memberi ide baru dan berbeda dari takjil yang biasa disantap. “Selain itu, bahan-bahannya mudah ditemukan,” katanya.

Sambil mendemokan resepnya, Chef Juna juga tetap mengawasi dari satu meja ke meja yang lainnya, lho.  Alhasil bukannya pada masak, banyak juga, lho, ibu-ibu yang justru heboh mau foto bareng dengan Chef Juna :D

*Chef Juna sedang kasih kiat memasak untuk peserta

Disamping memberikan intruksi step-step aja saja yang harus kami lakukan, Chef Juna juga memberikan banyak kiat untuk menghasilkan kue sempurna. Salah satunya soal proses mengaduk adonan. Menurutnya, untuk menghasilkan adonan hingga kalis, proses mengaduk bahan-bahan harus dilakukan perlahan lahan. Selain itu, mixer harus dimulai tekanan yang paling kecil hingga paling besar. Sehingga adonan dapat menyatu dengan sempurna.

Chef Juna juga sempat berpesan, untuk menciptakan resep masakan berbuka puasa ini, kita hanya perlu kreatif dalam menciptakan menu makanan untuk keluarga. Salah satunya dengan menggunakan biskuit Klop yang memiliki dua rasa tersebut, pandan & coklat serta susu & coklat.

Ah, jadi mau buru-buru mempraktikannya bersama, Bumi, nih!

 

 


Post Comment