Supaya Mudik Tetap Asyik

Ada yang bersiap-siap mudik? Persiapan transportasi, pakaian, konsumsi, pasti sudah dicatat, ya. Tapi ada yang kepikiran secara detail tentang hiburan untuk anak selama di perjalanan? Nah, di sini saya coba share, ya.

Ada beberapa jenis barang yang bisa dimanfaatkan untuk menghibur si kecil selama perjalanan mudik.

  • Gadget.

Ada beberapa Mommies yang khusus membawa gadget sebagai aktivitas anak saat perjalanan. Jika membawa gadget untuk aktivitas anak, Mommies bisa persiapkan games yang ada di dalam gadget. Nah, kalau bisa sesuaikan dengan usia dan minat anak, ya!

Saya pernah lihat di ELC ada mainan yang konsepnya seperti tablet, yaitu Leap Pad. Isinya? Khusus mainan anak-anak semua.

Kalau saya, kebetulan Langit kurang terlalu suka gadget, tapi kadang-kadang kalau bosan, maka dia pinjam gadget saya untuk… lihat videonya sendiri *narsis entah mirip siapa, hihi*

  • Buku cerita

Ini merupakan benda yang wajib saya bawa. Bukan hanya sebagai aktivitas Langit di perjalanan saja, tapi juga selama di kampung halaman. Kebetulan baca buku sebelum tidur adalah salah satu aktivitas wajib buat Langit.

  • Boneka

Anak-anak dan boneka bisa dibilang nggak terpisahkan. Setiap kali kami melakukan perjalanan, boneka pasti dibawa. Boneka ini selain untuk teman tidur Langit selama di jalan, juga untuk teman bermainnya.

  • Alat tulis dan menggambar

Kebetulan Langit sangat suka menggambar. Dia bisa gambar di mana saja, bahkan kalau lagi di rumah, buku gambar yang 12 lembar itu bisa habis dalam waktu 1 jam. Kalau lagi traveling, perabotan ini nggak boleh ketinggalan. Tapi kalau lagi di jalan, agak repot ya ngeluarin buku gambar dan alat-alat tulisnya.

Maka saya gantikan dengan Scribbler. Biar lebih ringkas lagi, saya pilihnya pocket scribbler. Tinggal digantungkan di tasnya, nggak akan tercecer atau ketinggalan, deh!

  • Kamera

Generasi anak-anak kita, pasti sudah pada fasih megang kamera. Ya nggak? Kamera ternyata bisa jadi aktivitas seru buat mereka supaya nggak bosan. Nilai plusnya lagi, hasil-hasil fotonya bisa kita gunakan untuk bahan cerita, kan.

Kalau tahun lalu, pas mudik, Langit pegang handphone saya untuk foto-foto. Nah, tahun ini, saya lagi ngincer kamera ini di ELC. Sudah lihat-lihat di situsnya, walah, makin pengen! (ini buat ibunya apa anaknya, ya? Haha)

Lucu banget, ya?

  • CD lagu anak

Kalau sudah bosan main, maka yang dilakukan oleh Langit selanjutnya adalah ngaca dan bergaya. Hal ini dia lakukan sambil nyanyi. Makanya, CD lagu favorit dia nggak boleh ketinggalan.

Saat ini Langit lagi suka sama lagu-lagunya Popzzle. Pernah dong, kami ke Bandung, sepanjang jalan, ya, 10 lagu Popzzle itu yang kami dengarkan, bolak balik. Alhasil tanpa sadar, saya dan suami ikutan nyanyi lagu-lagu tersebut, hihi.

Banyak, ya, peralatan hiburan yang saya bawa? Hal ini nggak lain nggak bukan adalah karena jarak tempuh mudik saya adalah sekitar 24-30 jam. Iya, seharian penuh, karena kami mudik ke Bengkulu, di Sumatera naik mobil sendiri! Makanya, perlu banyak aktivitas untuk Langit selama di jalan :)

Ada yang mau berbagi hiburan apa lagi yang biasa dilakukan selama perjalanan?


3 Comments - Write a Comment

Post Comment