Roti Sehat Seperti Apa, Sih?

Saat pagi menjelang, biasanya ibu-ibu sering sekali nemuin drama pagi hari. Kalau sudah begini, boro-boro, deh, bisa masak untuk sarapan pagi. Yang ada, semuanya jadi ribet dan maunya serba ringkes. Ujung-ujungnya saya paling sering membuat sarapan yang mudah seperti roti sandwich. Untungnya, Bumi juga doyan :D

Toh, kalau dipikir-pikir selain cepat, kandungan sandwich juga komplet, ya. Seperti yang diutarakan dr. Eva Kuniawati Mgizi, “Untuk sarapan, bikin saja sandwich. Selain membuatnya sangat mudah dan cepat, gizinya juga lengkap karena ada vitamin dan mineral dari selada dan tomat. Tapi gunakan seladanya jangan selembar, kalau memang nggak ada selada bisa diganti dengan sayuran lain seperti pokcay.  Supaya lebih sehat jangan lupa tambahkan telur. Protein putih telur, 90 persen bisa diserap tubuh,” katanya saat saya temui beberapa waktu lalu saat kunjungan media ke pabrik roti Pane De Giorno.

Waktu itu dokter Eva juga menyarankan saat sarapan sebaiknya memang tetap memperhatikan komposisi gizi menu yang seimbang. Mulai dari  kandungan karbohidrat, protein, hingga lemak. Lewat acara tersebut, saya juga  jadi tahu bagaimana memilih roti yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Mengingat sekarang ini banyak banget roti yang ada di pasaran, urusan memilih roti pun kadang suka bikin bingung. Lantas seperti apa, sih, roti yang baik?

Roti tawar gandum Pane De Giorno

Tanpa Bahan Pengawet

Berbicara soal roti yang sehat, dr. Eva menerangkan bahwa sebaiknya kita harus pintar memilih roti yang baik untuk dikunsumsi.  Saat ditanya roti apa yang sehat, tentunya roti yang tidak mengandung bahan pengawet.

Kalau selama ini saya hanya tahu Pane De Giorno sebatas merek roti thok, sekarang saya jadi lebih tahu kalau roti yang berada di bawah naungan PT. Belanja Makanan Indonesia ini merupakan salah satu pilihan roti yang sehat dan baik untuk dikonsumsi setiap hari karena roti ini sama sekali nggak menggunakan bahan pengawet. Hal ini saya ketehui lewat kunjungan ke pabriknya bersama teman-teman media lainnya.

Karena memang semua produknya dibuat tanpa bahan pengawet, roti olahan Pene De Giorno ini hanya mampu bertahan selama 3 hari saja. Kalau Mommies ingin rotinya lebih awet, bisa  memasukannya ke dalam lemari pendingin. Selain itu, kalau bosan dengan roti tawar, Pene De Giorno juga menawarkan  berbagai pilihan lainnya. Mulai dari croissants, pasteries, sandwiches, bahkan ada Pene De Giorno juga memproduksi aneka  pasta.

Roti Gandum

Dibandingkan dengan roti putih, roti gandum tentu jauh lebih sehat. Hal ini dikenakan kandungan seratnya yang begitu tinggi. Terlebih lagi jika roti gandum tersebut diolah dari biji-biji gandum utuh.  Kandungan serat pada roti gandum ini bahkan hampir enam kali lipat lebih tinggi daripada roti putih, sedangkan kandungan energi dan karbohidratnya lebih rendah daripada roti putih. Jadi, nggak heran bagi yang sedang menjalani program diet, roti gandum sering jadi pilihan karena memang mampu menjaga berat badan ideal.

Dan ternyata, selain tidak menggunakan bahan pengawet, roti yang mengusung konsep “Fresh Bakery and Foods on the Go” ini juga menggunakan bahan baku pilihan. Yaitu whole wheat atau gandum sebagai bahan adonan. “Yang lebih sehat memang roti gandum karena rendah kalori. Selain itu, roti gandum mengandung vitamin B, E, besi, magnesium, dan serat yang dibutuhkan tubuh,” jelas dr. Eva.

Pengolahan yang Higienis

Waktu kunjungan ke pabrik,  saya sempat melihat proses pembuatan roti Pane De Giorno yang mengunakan mesin-mesin dengan teknologi tinggi.  Soal kebersihan atau higienitas, roti yang satu ini nggak perlu diragukan lagi, deh. Soalnya saat masuk ke pabrik, setiap orang harus menggunakan jubah putih seperti dokter, lengkap dengan penutup rambut dan mulut.

Selain itu, saya juga sempat membaca bahwa kualitas roti ditentukan atau diihat dari oleh beberapa hal, misalnya bentuk simetris, kulit kecoklatan dan bagian dalam roti juga berpori halus dengan teksturnya yang  elastis dan lembut. Selain itu,  flavor gandumnya masih terasa. Bisa disimpulkan, untuk mendapatkan kualitas roti yang baik seperti itu, tentu dibutuhkan bahan baku yang berkualitas.Saat kunjungan ke pabrik roti Pane De Giorno, saya mengetahui bahwa  mereka mengunakan formula dasar roti berkualitas.

Beberapa teman media sedang menyimak proses pembuatan roti  Pane De Giorno

Kunjungan ke salah satu gerai Pane De Giorno

Asiknya lagi, Pane De Giorno juga memberikan kemudahan bagi pelanggannya dengan adanya fasilitas berlangganan. Jadi, roti yang masih sangat fresh setiap harinya siap diantarkan langsung ke tempat tujuan.

Kalau koran atau majalah bisa langganan, kenapa roti nggak bisa? Ada yang berminat?

 


Post Comment