What To Expect When You’re Expecting

Ketika hamil, salah satu buku yang menjadi pegangan saya adalah What To Expect When You’re Expecting, milik Heidi Murkoff. Saya beli buku ini karena setelah bolak-balik browsing, saya merasa inilah buku yang bisa jadi kamus berjalan semasa hamil. Di beberapa review yang saya baca, banyak yang merasa ketakutan setelah membaca buku ini. Tapi entahlah, ini tidak terjadi pada saya. Menurut saya, sih, bule-bule yang reviewnya bilang buku ini seram dan membuat mereka takut menjalankan kehamilannya, adalah lebay. Tapi, namanya juga review, pasti subjektif ya? Hehee.

Anyway, buku yang terdiri dari 7 bagian dengan 23 bab, sangat membantu saya bersiap-siap akan menghadapi perubahan apa setiap bulannya. Dari mulai preconception prep for moms, prenatal diagnosis, pregnancy lifestyle, the amazing nine months, when you’re expecting multiples, bahasan umum dan hal-hal yang bisa terjadi soal kehidupan setelah melahirkan, hingga dad section yang membantu calon ayah ikut mengerti akan ada apa selama 9 bulan hamil dan setelah anaknya lahir.

Di bagian kedua, dari mulai bab 7 hingga 15, adalah bagian favorit saya. Setiap babnya ada judul-judul besar “Your Baby This Month” dan “What You May Be Feeling” yang memperlihatkan bagaimana kira-kira bentuk janin kita sesuai umurnya beserta perkembangannya. Ini bisa dijadikan acuan ketika kita kontrol bulanan ke dokter kandungan. Nah, abis gitu bisa dicocokan ke bagian “What You Can Expect at This Month’s Checkup”, deh. Kebanyakan sama hasilnya, this is why I love this book.


Mungkin gambar seperti ini yang bikin para calon ibu Parno, ya?

Kemudian bagian All About juga memberikan banyak pengetahuan seputar kehamilan. All about pampered pregnancy, weight gain during pregnancy, pregnant on the job, exercise during pregnancy, sex and the pregnant woman, childbirth education, easing labor pain, breastfeeding, pre-labor, false labor, real labor, childbirth, multiple childbirth, getting started breastfeeding, getting back into shape, and getting support you need. Lengkap ya! Bentuk tulisannya berupa artikel tanya jawab yang singkat namun padat, disertai data medis yang menunjang, saran dan anjuran apa yang harus ditanyakan ke dokter kandungan atau bidan terkait dengan hal-hal yang terjadi dan dirasakan saat hamil.

Pengetahuan dasar menyusui juga ada!

Ternyata, di edisi keempatnya ini, Heidi Murkoff dan sudah memperbarui isi dan juga cara penyampaian agar tidak terkesan galak dan menakut-nakuti. Semua bab ditulis ulang, disesuaikan dengan kritik dan saran yang ia dapatkan dari mulai edisi pertama diterbitkan. Kemudian ditambah satu bab soal pra kehamilan diawal dan satu bab soal hamil anak kembar. Jelas, dong, mengapa buku ini menjadi New York Times best seller, dan sudah terjual lebih dari 14 juta kopi di seluruh dunia.

Buku ini saya dapatkan di Ak.Sa.Ra Pacific Place, waktu itu tinggal satu yang hard cover, dan jika menunggu batch baru datang, saya keburu melahirkan :)) Jadi, saya memutuskan untuk membelinya dan tidak ada rasa penyesalan. Hingga saat ini, buku What To Expect When You’re Expecting jadi sahabat baik jika ada teman atau kerabat yang bertanya seputar kehamilan (atau kalau saya lagi rindu masa hamil, for some sentimental reasons :p). Daftar isi dan index yang sangat terorganisir, memudahkan pembaca saat mencari sesuatu sesuai kategori yang diinginkan.

Ada dua versi, hard atau soft cover edition, silahkan pilih sesuai kesukaan pribadi, ya. Tapi kalau saya merasa beruntung waktu itu tidak ada pilihan selain yang hard cover, karena bukunya jadi awet, tidak ada insiden buku melinting karena terlalu sering dibuka tutup atau dibaca sambil tiduran (jangan ditiru, ya, hehe). Oh iya, karena saya lebih suka text book dibanding buku yang terlalu berwarna-warni dengan banyak gambar, buku ini benar-benar menjadi sahabat baik saya selama hamil.

Heidi Murkoff dan team juga menyediakan situs www.whattoexpect.com yang memiliki customized newsletter untuk setiap orang yang mendaftarkan estimated due date-nya. Why I love this? Karena percaya atau tidak, isi newsletternya 80% tepat sasaran. Pernah suatu pagi saya mimisan hebat, memang sih, saya langsung sms dokter kandungan agar tidak khawatir lagi. Nah, siangnya, saya menerima email newsletter dari What To Expect dengan judul “Nosebleeding? Have No Worry, Mom-to-be!” hahaha, score!!

Jadi kalau sedang merencanakan kehamilan atau mungkin sedang mencari kado untuk sahabat yang sedang hamil, buku ini bisa menjadi salah stau pilihan. Selamat membaca dan menambah pengetahuan.


11 Comments - Write a Comment

  1. Ahahaha Senin kemarin gue sharing session di kantor soal buku ini.
    Memang betul-betul pegangan gue pas hamil, deh. Membacanya seperti menemukan sahabat baru yang bisa diandalkan. Walaupun ada beberapa bagian yang bisa membuat parno tapi gue tipe yang mendingan tahu di awal daripada belakangan, jadi senang2 aja bacanya.

    Sudah nonton filmnya? Lucu dan seruuu.

  2. wah, samaaa, ada seri yang lain juga dari Heidi Murkoff yang menurut saya juga bagus, What to Eat when You are Expecting. Baca buku ini gara-garanya saya panik berat karena makan mayonnaise waktu hamil :D

  3. Sama. Ini juga salah satu buku panduan andalan saya selama hamil. Tapi saya beli yang versi bahasa indonesianya. Kok buat saya sama sekali ngga nakutin ya, banyak bagian yang lucu malah. Hehe.

    Sedikit OOT, ada yang tahukah apa What to Expect the First Year dijual versi bahasa indonesianya. Kalau iya bisa dibeli dimanakah? Tks all :D

Post Comment