Rencana Keuangan, Memang Perlu? ;)

Hingga saat ini, saya (masih) termasuk orang yang kurang pandai merencanakan keuangan. Padahal sudah berkali-kali ikut seminar keuangan, lho! Hal ini bukan berarti saya nggak peduli sama masalah keuangan, apalagi sudah berkeluarga, beranak, anak sudah sekolah, harus tetap bisa belanja, bersenang-senang, wah banyak! Haha!

*gambar dari sini

Karena nggak pandai merencanakan keuangan secara detail, maka saya merasa harus rajin browsing dan menimba ilmu dari berbagai sumber informasi mengenai keuangan. Salah satu situs yang saya suka adalah LiveOlive.com.  Mau tau kenapa?

  • Ada pembagian kategori berdasarkan usia

Bukan berarti membeda-bedakan usia, ya. Tapi saya sendiri merasakan, ketika usia 20-an, tujuan hidup saya masih senang-senang. Terutama saat 20-an awal, tujuan finansialnya belum jelas. Alih-alih punya tujuan finansial, gajian bulan itu, ya habis saat itu.

Berbeda dengan sekarang, di usia 30-an, karena status juga sudah berkeluarga, maka mulai melek sama tujuan finansial. Ingin anak sekolah di sekolah terbaik, keluarga terjamin rumah, kendaraan, konsumsi, dan lain-lain. Nah, dengan pembagian berdasarkan usia ini, saya merasa lebih mudah untuk mencari artikel-artikel yang related dengan kehidupan saat ini.

  • Artikelnya practical

Misalnya di artikel Anggaran Kerja Anda dari Jam 9 Sampai Jam 5, semua komponen yang kita lakukan hari itu dibedah. Mulai dari transportasi hingga segelas kopi dari kedai Starbucks, ada! Saya pernah membuat pengeluaran detail sehari-hari, tapi itu dia, karena nggak pandai menulis pengeluaran/ pemasukan secara detail (tentunya karena sifat pelupa yang saya miliki, hehe). Hasilnya? Cukup kaget, sih, dengan perintilan yang dikeluarkan.

Makanya sekarang, tanpa perlu menulis pengeluaran, saya sudah punya takaran sendiri, berapa lembar kertas yang bisa saya keluarkan setiap harinya. O, ya, saya juga rajin bawa cemilan sendiri dari rumah, selain lebih hemat, juga sehat :)

Kalkulator ini berharga banget untuk membuat kaki kita berpijak di bumi, haha. Serius, deh! Memang sedikit bikin deg-degan, karena “lho, kok pengeluaran banyak amat, yaaa?”, tapi bermanfaat banget!

By the way, Live Olive membuat blog competition bersama Mommies Daily, lho! Ceritakan pengalaman Mommies mengatur keuangan dan bagaimana Live Olive sebagai situs pengaturan keuangan ini membantu Mommies. Blog competition ini dibuka sejak 17 Juni- 16 Juli. Hadiahnya? Ada 3 buah tas Long Champ! Aduh, pas banget saya kebetulan lagi ingin tas ini *halah*.

Lihat detailnya di forum: Me and My Money Story Blog Competition.

O, ya, selain situs, Mommies juga bisa follow Twitter @MyLiveOlive, like fanpage-nya MyLiveOlive, dan bahkan subscribe Youtube Channel-nya My Live Olive. Komplet, kan?