Japan For Kids – Part 2

Menyambung dari artikel Japan For Kids bagian pertama, berikut beberapa lagi hal-hal menyenangkan yang kami temui selama liburan kami di sana:

1. Jepang adalah surganya barang-barang unik dan lucu, pilihan tak terbatas untuk anak-anak (dan dewasa) dengan berbagai selera. Tidak lupa juga berbagai makanan kecil dengan bentuk yang sangat menggemaskan sampai rasanya sayang dimakan.

Anak Anda penggemar Cars? – Uniqlo Flaship Store, Ginza area Tokyo

Atau ibunya penggemar Hello Kitty? – Kiyomizudera area, Kyoto

Japanese sweets – Nishiki Market, Kyoto

Aneka biskuit dan makanan kecil, Kiyomizudera area Kyoto

Spring mochi – Nishiki Market, Kyoto

Studio Ghibli store – Kiyomizudera area Kyoto

Aneka pernak pernik Sirotan – Kyoto

Rak popok sekali pakai Babies R Us, Odaiba Tokyo – surganya emak-emak :D

Trolley Babies R Us yang super unyu :D

2. Banyak area terbuka dengan udara yang bersih untuk anak-anak melepaskan energi. Setelahnya dijamin nafsu makan meningkat serta tidurnya nyenyak dan lama sehingga ibunya bisa belanja :D Jangan khawatir bila menemui area wisata dengan banyak tangga dan membawa stroller, yang perlu dilakukan tinggal mencari rute untuk pengguna kursi roda atau stroller bisa dititipkan di pintu masuk – dijamin nggak hilang :)

Silver Pavilion/Ginkakuji, Kyoto

“Ma, banyak duit!” – Silver Pavilion, Kyoto

Silver Pavilion, Kyoto

Kiyomizudera, Kyoto

Cuci tangan yuk, pake air es! – Kiyomizudera, Kyoto

Umekoji Park, Kyoto

 

3. Bila menyukai kehidupan laut, nah di sini tempatnya melihat berbagai satwa laut lucu –  dan sebagian aneh – yang jarang/tidak ditemui di negara kita yang beriklim tropis.

Ikannya punya kaki? – Sea Paradise, Yokohama

Whale shark – Sea Paradise, Yokohama

Ikan buntal – Sea Paradise, Yokohama

Aqua Tube – Sea Paradise, Yokohama

Spider crab – Sea Paradise, Yokohama

Ocean sunfish – Sea Paradise, Yokohama

Animal Show di Sea Paradise – ada sealion, walrus, beluga dan dolphin.

Dan berikut adalah beberapa kiat yang mungkin bisa berguna berdasarkan pengalaman kami kemarin:

1. Jepang memang adalah negara yang indah dengan banyak sekali obyek wisata yang bisa dikunjungi. Apalagi bagi first timer seperti saya, rasanya ‘maruk’ ingin mendatangi sebanyak mungkin tempat dalam waktu singkat. Namun, yah, namanya bersama anak 3 tahun, dalam sehari bisa mengunjungi 2 lokasi saja sudah bagus :D Jadi saran saya, bila mengajak anak – terutama yang berusia di bawah 5 tahun – usahakan untuk tidak membuat itinerary yang terlalu padat. Rencanakan sekitar 1-2 lokasi saja untuk dikunjungi. Yang penting bukan berapa banyak tempat yang sudah didatangi, tapi berapa banyak kenangan indah yang didapatkan :)

2. Bila perlu bepergian dengan sarana transportasi yang ada jadwal fix-nya atau harus tiba di suatu tempat pada jam tertentu, sediakan waktu yang cukup panjang untuk mencari rute dan lama perjalanan. Jepang adalah negara yang amat tepat waktu, terlambat 1-2 menit saja bisa membuat rencana berantakan. Jangan terlalu berpatokan pada perkiraan waktu yang diberikan oleh sarana pencari arah seperti Hyperdia, Google Map, dan sejenisnya – selalu tambahkan minimal 15-30 menit dari jumlah waktu yang tertera di situ, untuk berjaga-jaga.

3. Bila bepergian di musim semi seperti kami, persiapkan setidaknya 3 lapis baju untuk dipakai (termasuk jaket yang cukup tebalnya). Sediakan juga payung (kalau perlu yang anti angin/badai) dan rain cover stroller bila ada. Juga bawa selimut atau sejenisnya untuk menutup badan anak saat dia tidur di stroller, sebaiknya yang cukup tebal.

4. Sediakan waktu untuk mempelajari sistem transportasi di sana sebelum berangkat, juga metode pembayaran yang dapat dipakai. Pengalaman saya, sih, sampai disana masih banyak bingung dan agak nyasar juga, tapi setidaknya nggak bengong-bengong amat :D

5. Dan pada akhirnya, don’t sweat the small stuffshave fun and bring back many beautiful memories..

Sayonara, Japan!

 


4 Comments - Write a Comment

  1. Waah, seru banget! Tapi bener, ya, di Jepang itu makanan bentuknya lucu2 banget! Gue belum pernah ke sana sih, tapi waktu suammi gue ke sana, juga bawainnya snack2 imut2 :))

    Claire seneng banget kelihatannya, Swan! Itu yang terakhir fotonya metal bener, belakangnya ada pajangan JD :p

Post Comment