Belajar Finansial Bersama Agen Penny

Bing beng bang, yok kita ke bank… Bang bing bung, yok kita nabung… Tang ting tung hey,tau tau kita nanti dapat untung…

Kira-kira, masih ada yang ingat dengan penggalan lagu ini nggak, yah? Lagu ‘Menabung’ ini ciptaan Titiek Puspa yang dulu dibawakan oleh Saskia dan Geofanny ini memang cukup hits. Mungkin, karena lirik lagunya cukup ngena, gampang diingat sehingga mudah dicerna oleh anak-anak. Sayangnya, zaman sekarang lagu anak-anak seperti ini sudah nggak ada lagi ya.

Ngomongin soal menabung, saya pun sudah mulai mengajarkan dan membiasakan Bumi melakukannya. Di rumah, saya punya dua celengan untuknya. Yang satu berbentuk dot besar dan bening, satunya lagi gambar Woody salah satu karakter favorit Bumi dalam film Toy Story.

Harapannya, sih, dengan bentuk celengan yang ia sukai, Bumi jadi lebih semangat untuk nabung.  Tapi benar, loh! Bumi setiap hari setelah punya celengan Woody, Bumi jadi lebih semangat kalau nabung. Bahkan, setiap melihat ada recehan yang tergeletak, Bumi sering antusias bilang, “Bu, ini ada uang, kita tabung, yuk”.

Saya percaya dengan  mengajarkan Bumi menabung sejak dini, bisa membuatnya belajar pentingnya sebuah persiapan secara finansial. Paling nggak, setiap Bumi mau minta beliin kereta Thomas dan teman-temannya itu, saya selalu bilang, “Kita akan beli kalau tabungannya sudah cukup, ya.”

Dan, alhamdulillah, cara ini efektektif. Saya jadi nggak perlu melihat Bumi uring-uringan minta dibeliin mainan baru. Selama uang tabungannya belum cukup, ya, beli mainannya ditunda dulu.

Mengajarkan pendidkan finansial rasanya memang harus dimulai sejak dini, ya. Sebagai orang tua, kita pun harus putar otak supaya si kecil bisa paham. Semakin unik caranya, si kecil pasti jadi tambah suka. Contohnya, seperti dilakukan Citi Indonesia melalui Citi Peka. Mereka punya cara yang unik untuk mengenalkan pendidikan finansial untuk anak-anak, khususnya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Dengan bekerja sama dengan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia dan Teater Koma, mereka mengajarkan pemahaman keuangan dan  berbagai istilah finansial yang sering digunakan lewat pertunjukan teater “Petualangan Agen Penny”. Waktu itu saya sempat melihat pertujukannya bersama siswa kelas 5 dan kelas 6 di SDN Palmerah 17 Pagi, Jakarta. Berbagai istilah finansial, seperti apa itu bank, bunga bank, dan keuntungan lain menabung di bank dijelaskan lewat pertujukan teater ini. Seru dan interaktif banget, deh!

Waktu itu, Gino Latief Sn selaku Executive Director dari Yayasan Mitra Mandiri Indonesia sempat mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan mengingat sampai sekarang pendidikan finansial masih belum menjadi bagian kurikulum di Sekolah Dasar, padahal pembekalan pemahaman finansial sejak dini sangat penting dan bermanfaat.

Tahun 2013, sudah ada 62 pertujukan Petualangan Agen Penny ini yang digelar di berbagi Sekolah Dasar di Jakarta. Selain menghadirkan pertujukan dari Teater Koma, Citi Indonesia memlalui Citi Peka juga mendonasikan 4 unit laptop kepada Sekolah Dasar yang membutuhkan.

Agung Laksamana, Director, Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia juga menegaskan bahwa Citi selalu berkomitmen untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan indonesia, salah satunya melalui pelaksanaan berbagi program pendidikan finansial kepada seluruh lapisan masyarakat.

 


Post Comment