#CeritaSiAyah

Selain bermain dengan hashtag #AyahASIonWeekend yang berisi foto-foto kegiatan si Ayah dengan anaknya, admin @ID_AyahASI juga suka bermain dengan #CeritaSiAyah. Tujuannya sederhana, cuma mau kepo aja sebenarnya..hahaha! Seriusnya, sih, cuma mau bikin PeDe si Ayah yang terkadang kurang diapresiasi ketika ngurus anak. Satu sisi yang lain, berharap cerita dari satu Ayah bisa jadi inspirasi bagi Ayah yang lainnya.

Gue inget salah satu tulisan @ernestprakasa di buku #CatatanAyahASI, dia bilang bahwa sebenarnya para Ayah itu bukan enggak peduli, tapi enggak tau bahwa Ayah harus ikut peduli. Gue yakin, selain berkaitan sama ego, banyak dari kita -para Ayah- yang enggak tau bagaimana harus mendukung istri kita.

Nah, pertanyaan si Mimin @ID_AyahASI sederhana dan ditujukan sama followers-nya yang berstatus emak-emak. Pertanyaannya adalah hal sederhana apa yang sudah si Ayah lakuin dan bikin kalian ngerasa ga sendirian mengurus anak.

Jawabannya beragam, mulai dari yang merasa sebagai sebuah tim kompak antara suami dan istri hingga pada hal-hal yang sederhana seperti memberi dukungan lewat SMS. Bahkan, artis Marshanda memberikan pujiannya kepada sang suami karena sudah memasak makanan di kala istrinya sedang sibuk menyusui. Beberapa akun misalnya menulis begini:

@Arcpurple: #CeritaSiAyah aku ga pake pembantu. Ngurus anak+cari uang dilakukan berdua suami. Wiken suami nyuci pakaian,aku nyiapin makan :)

@frisca_cute: nyuapin makan nathan, bersihin pupnya, dan gendong  gantiin mamanya yang lagi kecapekan (thanks papa)#CeritaSiAyah

@alfinafw: karena saya ngajar, suami rela ga ikutan acara tanding bola sama rekan kerja tapi milih untuk ngurusin anak di rumah #CeritaSiAyah

@Laura_Olyviardy: Hari ini @olyviardy sudah mandiin, nyuapin, ajak main, ninaboboin bayi-bayi kembar kami.. :) what could I ask more? :) #CeritaSiAyah

@marliarifai: meski jauhan dengan ayah, tapi tiap hari kasih support dan bikin ketawa via bbm, sms ataupun telp. LDR deh tiap hari :) #CeritaSiAyah

@kartikaanni: #CeritaSiAyah ikut begadang via phone pas barra lagi panas-panasnya. Cc @nharies

@marshanda001: #CeritaSiAyah Ibu suka dimasakin makanan super enak buatan ayah @benkasyafani lalu disuapin Ayah ke Ibu sambil nyusuin Sienna.

*foto dari sini

Tapi, ada juga beberapa emak-emak yang mengeluhkan minimnya dukungan suami dalam mengurus anak, seperti yang disebutkan oleh akun di bawah ini:

@rima_ilyasa: Sayang sekaliiiii, selalu merasa sendirian ngurus si kecil, capek hati cape fisik , ngebatin BETE #CeritaSiAyah

@dc_ayu: Same here, Moms RT @rima_ilyasa: I feel u, really painfull :(“@ratu_devi: Anaknya ga mau sm papa’nya, nangis  #ceritaSiAyah”

@jasy_chubbybaby: apa yah? Sampe bingung karena emang ga ada yang dia lakuin, anak nempelnya sama bundanya,  repot deh.. #CeritaSiAyah

Semua pasangan tentu memiliki cara tersendiri dalam mengurus anak, gaya antara keluarga yang satu belum tentu cocok diaplikasikan di keluarga yang lain. Kita di @ID_AyahASI juga kadang agak risih dengan cuitan yang bilang begini, “tuh pah, contoh dong para ayah di @ID_AyahASI”. Lah, gaya kita ngurus anak nggak akan sama dengan gaya Ayah lain dalam mengurus anak. Karena ada faktor yang berbeda, istrinya saja sudah beda, latar belakang keluarga juga beda, pola asuhnya juga beda, dan hobinya juga beda. Jadi nggak bisa disamain.

Apapun, keluarga kita butuh keberadaan sosok seorang Ayah. Istri dan anak butuh lebih dari sekedar uang transferan setiap bulan :)

So guys, find your own support.

@a_rahmathidayat

 

 

 


Post Comment