Bandung Lautan ASI

aimi4

21 April 2013 kemarin, AIMI atau Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke enam! Iya, sudah 6 tahun rupanya AIMI bekerja untuk menyosialisasikan hak bayi untuk mendapat ASI sejak ia lahir. Ulang tahun ke enam ini, dirayakan dengan melaksanakan Munas dan workshop internal, serta long march di sepanjang jalan Dago, Bandung ketika Car Free Day untuk mendapatkan ribuan tanda tangan dukungan pemberian ASI. Ketua umum AIMI, Mia Sutanto dengan semangat memimpin long march dan meneriakkan “Bandung Lautan ASI” serta mengajak semua orang yang ditemui untuk memberikan tanda tangan sebagai dukungan untuk AIMI.

aimi5

Selain itu, 100 konselor laktasi juga turun langsung memberikan konseling langsung selama mereka berada di area Car Free Day, Dago. Beberapa kali, saya melihat para konselor laktasi ini, aktif mengajak para ibu dan ayah yang ada di jalan untuk memberikan ASI kepada anak-anaknya, tak lupa juga ditanyakan apakah ada masalah selama para ibu ini menyusui, jika ada, para konselor tidak segan mengeluarkan counseling kit agar masalah-masalah menyusuinya bisa diatasi. Oh iya, beberapa hari sebelum acara berlangsung, melalui Twitter-nya, AIMI juga menjual kaos yang bisa dipakai sekeluarga. Tulisan di kaos ayah adalah “Breastfeeding Support”, di kaos ibu bertuliskan “Breastfeeding Supply”, dan kaos anak bertuliskan “Breastmilk Demand” :D Lucu, ya!

aimi6

aimi1

aimi8

Perayaan ulang tahun AIMI yang ke enam juga makin meriah dengan hadirnya para AYAH ASI yang turut memberikan dukungannya, ditambah para anggota milis Asi For Baby yang akhirnya kopi darat sekalian di sini. Long march berhenti di depan Hotel Geulis dan dilanjutkan dengan orasi mbak Mia Sutanto yang mendesak agar Perda Jabar untuk segera mengesahkan UU yang mengatur hak ibu menyusui. Acara ditutup dengan flash mob yang sukses membuat semua orang disekitarnya mengikuti gerakan para ibu-ibu yang kompak memakai kaos berwarna pink ini.

aimi7

aimi3

Semoga misi untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan dukungan bagi para ibu untuk menyusui bayinya terus berjalan lancar dan mendapatkan support penuh dari semua pihak. Selamat ulang tahun untuk AIMI!


Post Comment