Strawberry Shortcake’s Attack! :)

Siapa yang gadis kecilnya sedang tergila-gila sama Strawberry Shortcake? *ngacung tangan tinggi-tinggi*.

Ya, setelah Barney, Backyardigans, lalu era kegelapan di Princess-princess-an (mohon maaf, saya memang kurang suka kalau anak saya menggemari princess, don’t ask why, haha), maka datanglah era Strawberry Shortcake!

Awal kesukaan Langit pada Strawberry Shortcake adalah tanpa sengaja, saya menemukan DVD Strawberry Shortcake saat kami belanja bulanan. Langit, yang sebelumnya sudah punya boneka mini si Strawberry, pun tertarik. Setelah menonton bersama, saya juga menyukai penokohan dalam Strawberry Shortcake.

Karakter yang awalnya diciptakan untuk kartu ucapan oleh American Greetings di era 70-an ini, kemudian dijadikan serial televisi  di tahun 80-an. Serial ini di-relaunch tahun 2003 dan diperbaharui lagi di tahun 2009. Di seri yang terbaru ini Strawberry memiliki sahabat-sahabat yaitu Lemon Meringue, Plum Pudding, Orange Blossom, Raspberry Torte, dan Blueberry Muffin.

*gambar dari sini

Strawberry digambarkan memiliki sifat baik hati, bersahabat dengan siapa saja, bijaksana, dan aneka sifat baik lainnya. Walaupun warna yang dominan adalah pink (yang diasosiasikan sebagai warnanya perempuan), tapi Strawberry digambarkan naik scooter, memanjat gunung, main seluncuran, selayaknya anak-anak yang aktif dan bergerak bebas. Bajunya juga bukan rok megar nan melambai :D

Selain itu, ada beberapa kisah dari Strawberry dan teman-temannya yang saya ingat dan sesuai ditonton dengan usia Langit:

  • Memahami orang lain. Ada satu episode yang menceritakan tentang Strawberry dan sahabat-sahabatnya melakukan kado rahasia. Hanya Strawberry-lah yang memikirkan apa yang disukai  orang yang harus ia beri kado. Ini pas banget kondisinya saat kami akan membelikan kado untuk teman sekolah Langit. Langit jadi ikut mengingat, apa yang disukai oleh temannya itu dan ikut menentukan kado apa yang akan kami beli ;)
  • Memahami rasa kecewa. Di episode yang lain, Strawberry dan teman-temannya akan mengikuti kompetisi dansa. Berhubung yang berprofesi sebagai guru tari hanya Plum, tentu saja yang lainnya kesulitan mengikuti keinginan Plum lalu satu per satu mengalami kecelakaan akibat menari. Plum kecewa dan ‘ngambek’ nggak mau ikut lomba dansa karena pengganti sahabat-sahabatnya bukan yang ia percaya dalam hal menari. Jujur, saya sering kesulitan menerangkan arti kata kecewa pada Langit. Saya sering menggantinya dengan kata sedih. Setelah melihat episode ini, saya bisa mengaitkan arti kata kecewa dengan cerita di atas :)
  • Berkata yang baik. Ada episode lain di mana Strawberry menjadi putri raja. Dua saudarinya (Lemon dan Raspberry), selalu meminta segala hal sambil berteriak dan nggak sabar, sementara Strawberry kebalikannya. Ketebak, kan, gimana episode ini memudahkan saya untuk mengajari Langit untuk berkata-kata baik?

Dan banyak lagi…

Hari ini, Langit berusia 5 tahun.Apakah berarti saya berkeinginan Langit meniru segala sifat dan kelakuan Strawberry? Tentu tidak. Karena saya, yang baru 5 tahun menjadi orang tua ini, masih cetek sekali ‘ilmu’nya. Yang saya sadari, sebagai orang tua, saya harus pintar-pintar memilah dan berkreasi dalam mengenalkan anak mengenai nilai-nilai kehidupan. Mungkin cara ini tidak sempurna, but hey, siapa yang menuntut kita untuk jadi orang tua sempurna, sih? Dan, ehm, sempurna menurut siapa?

Menyadari diri saya, yang masih memiliki BANYAK sekali kekurangan, rasanya saya nggak pantas menuntut Langit, anak usia 5 tahun untuk menjadi sempurna.

Thank you, kiddo, being your mother is the best way to learn about life. Happy birthday, sweetheart :)


11 Comments - Write a Comment

  1. Setelah baca artikel ini, sepertinya gue jadi mau mengarahkan Maika ke Strawberry Shorcake deh. Mungkin akan lebih mudah karena warnanya pink dan cantik juga. Gue masih di masa Princess dan Barbie nihhhh…

    1. Hahaha, Grace, kalo aku tulis, nanti bisa diamuk massa :))
      Tapi sungguh, abis kadang ceritanya nggak sesuai sama usia anak. Ada pangeran, terus dicium pangeran bisa bangun dari tidur panjang, menanti diselamatkan pangeran, nggak empowering women lah :))

      Makasih yaaaaaaaaaa, suka apa aja, yang penting sesuai sama usia, deh! Kiss untuk Ubi :*

    1. aaaaa… Langit udh tambah besar, yaaa…. tambah cantik, tambah sehat, tambah pinterrrr, tambah segala2nya… in a good way, tentunya :D

      Lit, Strawberry Shortcake ini pas nggak, ya, kalau utk anak laki2? Terlalu girly nggak, sih? soalnya Bumi masih aja setia sama Thomas dan teman2nya… sampe gue yang bosen nontonnya. hehehehe

Post Comment