banner-detik
HOME

Goodbye Plastic Bags!

author

sazqueen22 Apr 2013

Goodbye Plastic Bags!

blogplastic1266514997

Rasanya sudah banyak yang tahu soal bahaya dan ancaman yang ditimbulkan oleh sampah plastik. Dari mulai proses produksi yang membutuhkan banyak sekali minyak bumi yang sekarang mulai langka, limbah plastik yang berbahaya karena sangat susah untuk bisa hancur secara alami serta memakan waktu ratusan tahun setelah dibuang untuk bisa terurai, sampai bahaya plastik daur ulang yang masih mengandung beberapa bahan seperti karsinogen yang jika dipakai membungkus makanan yang panas, zat tersebut akan terserap kedalam makanan yang dibungkus.

Well, berbagai bahaya plastik ini sebetulnya sudah dikampanyekan beberapa tahun lalu, bahkan saat saya masih duduk di bangku SMA. Almarhum Bapak yang memang cinta bener sama lingkungan, selalu membawa tas kain saat belanja atau jika lupa, akan meminta kardus bekas untuk menampung belanjaannya. Ada tiga kebiasaan yang saya lakukan agar hidup saya bisa terbebas dari kantung plastik, atau setidaknya bisa mengurangi sampah plastik yang jika jumlahnya mencapai 100 ton maka bisa membalut bumi hingga 10 kali.

i_m_not_a_plastic_bag_filled 

  • Bring My Own Shopping Bag. Biasanya saya membawa 3-4 tas belanja untuk belanja bulanan. Jadi begini, jika sudah niat untuk belanja bulanan, bawalah beberapa tas belanja dari rumah. Jika belum punya dan merasa tidak ada tas yang bisa dipakai sebagai tas belanja, beli satu setiap belanja bulanan. Hampir semua swalayan sekarang menyediakan tas belanja 'go green' yang bisa dibeli. Ada yang murah, ada juga yang mahal. Bahkan ada yang mempunyai fitur sebagai cooler bag, sehingga jika kita belanja ikan/daging/ayam suhunya bisa tetap terjaga. Pssst, ada beberapa swalayan yang memberikan diskon ketika kita membawa tas belanja sendiri, loh! Nah, jika niatnya hanya jalan-jalan, coba selipkan satu tas kain yang bisa dilipat untuk jaga-jaga, jika ada yang dibeli, tolak plastiknya, masukkan belanjaan ke dalam tas kain yang sudah dibawa.
  • Gunakan Kantung Plastik Berulang-Ulang. Biasanya, kan, plastik itu hanya sekali pakai, ya? Jika bungkusan plastik dibuka, maka ia akan dibuang. Nah, coba dipikirkan bisa digunakan untuk apa si plastik tadi. Kalau saya, ya, baru sebatas menggunakan ulang sebagai pelapis tempat sampah. At least, I don't use and toss the plastic bags!
  • Do Online Groceries Shopping. Belanja secara online ini bisa mengurangi penggunaan kantung plastik, loh. Kalau sudah pernah mencoba belanja bulanan online seperti di sukamart misalnya, belanjaan dikirim dalam beberapa dus. Plastik yang digunakan, tidak sebanyak jika kita belanja langsung di supermarket dan tidak membawa tas belanja sendiri.
  • Semoga dengan tiga kebiasaan saya ini, jumlah sampah kantung plastik bisa semakin berkurang sehingga dari satu ton sampah plastik yang 'terselamatkan' bisa membawa keuntungan bagi bumi seperti menghemat 685 galon minyak bumi, menghemat 5774 kwh energi listrik, mengosongkan 30 meter kubik lahan yang biasanya hanya dipakai menampung sampah plastik, dan juga menyelamatkan beberapa hewan yang sering mati karena terjerat atau makan limbah plastik di habitatnya.

    Kalau Mommies bagaimana? :)

    *Gambar dari sini dan sini

    Share Article

    author

    sazqueen

    a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan