Goodbye Plastic Bags!

blogplastic1266514997

Rasanya sudah banyak yang tahu soal bahaya dan ancaman yang ditimbulkan oleh sampah plastik. Dari mulai proses produksi yang membutuhkan banyak sekali minyak bumi yang sekarang mulai langka, limbah plastik yang berbahaya karena sangat susah untuk bisa hancur secara alami serta memakan waktu ratusan tahun setelah dibuang untuk bisa terurai, sampai bahaya plastik daur ulang yang masih mengandung beberapa bahan seperti karsinogen yang jika dipakai membungkus makanan yang panas, zat tersebut akan terserap kedalam makanan yang dibungkus.

Well, berbagai bahaya plastik ini sebetulnya sudah dikampanyekan beberapa tahun lalu, bahkan saat saya masih duduk di bangku SMA. Almarhum Bapak yang memang cinta bener sama lingkungan, selalu membawa tas kain saat belanja atau jika lupa, akan meminta kardus bekas untuk menampung belanjaannya. Ada tiga kebiasaan yang saya lakukan agar hidup saya bisa terbebas dari kantung plastik, atau setidaknya bisa mengurangi sampah plastik yang jika jumlahnya mencapai 100 ton maka bisa membalut bumi hingga 10 kali.

    i_m_not_a_plastic_bag_filled 

  1. Bring My Own Shopping Bag. Biasanya saya membawa 3-4 tas belanja untuk belanja bulanan. Jadi begini, jika sudah niat untuk belanja bulanan, bawalah beberapa tas belanja dari rumah. Jika belum punya dan merasa tidak ada tas yang bisa dipakai sebagai tas belanja, beli satu setiap belanja bulanan. Hampir semua swalayan sekarang menyediakan tas belanja ‘go green’ yang bisa dibeli. Ada yang murah, ada juga yang mahal. Bahkan ada yang mempunyai fitur sebagai cooler bag, sehingga jika kita belanja ikan/daging/ayam suhunya bisa tetap terjaga. Pssst, ada beberapa swalayan yang memberikan diskon ketika kita membawa tas belanja sendiri, loh! Nah, jika niatnya hanya jalan-jalan, coba selipkan satu tas kain yang bisa dilipat untuk jaga-jaga, jika ada yang dibeli, tolak plastiknya, masukkan belanjaan ke dalam tas kain yang sudah dibawa.
  2. Gunakan Kantung Plastik Berulang-Ulang. Biasanya, kan, plastik itu hanya sekali pakai, ya? Jika bungkusan plastik dibuka, maka ia akan dibuang. Nah, coba dipikirkan bisa digunakan untuk apa si plastik tadi. Kalau saya, ya, baru sebatas menggunakan ulang sebagai pelapis tempat sampah. At least, I don’t use and toss the plastic bags!
  3. Do Online Groceries Shopping. Belanja secara online ini bisa mengurangi penggunaan kantung plastik, loh. Kalau sudah pernah mencoba belanja bulanan online seperti di sukamart misalnya, belanjaan dikirim dalam beberapa dus. Plastik yang digunakan, tidak sebanyak jika kita belanja langsung di supermarket dan tidak membawa tas belanja sendiri.

Semoga dengan tiga kebiasaan saya ini, jumlah sampah kantung plastik bisa semakin berkurang sehingga dari satu ton sampah plastik yang ‘terselamatkan’ bisa membawa keuntungan bagi bumi seperti menghemat 685 galon minyak bumi, menghemat 5774 kwh energi listrik, mengosongkan 30 meter kubik lahan yang biasanya hanya dipakai menampung sampah plastik, dan juga menyelamatkan beberapa hewan yang sering mati karena terjerat atau makan limbah plastik di habitatnya.

Kalau Mommies bagaimana? :)

*Gambar dari sini dan sini


3 Comments - Write a Comment

  1. Saya selalu bawa kantong belanja kemanapun pergi termasuk belanja bulanan. Nah, ada aja kejadian aneh soal kantong belanja ini pas sampai kasir. Sebelum si mas/mbak kasir menghitung belanjaan, saya udah kasih tas belanja ke dia: “belanjaan saya taro disini aja, mas/mbak.” Dia balik tanya: “ga papa taro sini?” Ada lagi yang ngotot, barang belanjaan saya dimasukin plastik dulu baru ke tas belanja. Lha, apa gunanya saya bawa kantong belanja sendiri. Padahal, di bagian kasir kan biasanya ada semacam woro-woro go green/use recycle bag, apalah. Mungkin ya, penggunaan kantong belanja ini ga disosialisasiin ke pegawai. Kadang-kadang malah saya dilihat aneh sama mereka karena ga mau pake kantong plastik -_-. Meskipun udah ada sih, supermarket yang benar-benar menerapkan pemakaian kantong belanja ini.

  2. Gue juga alhamdulillah udah rutin bawa eco bag (yah, minimal tas bekas launching2an itu pasti ada di dalam tas) untuk menggantikan kalau belanja. Sementara kalau belanja bulanan, kan otomatis udah terencana, jadi gue pasti bawa sekaligus beberapa banyak untuk menggantikan fungsi si plastik belanjaan tersebut.
    Suami gue awalnya agak bingung karena mau belanja bulanan kok bawa tas banyak bener, tapi setelah lihat fungsinya, dia ngerti. Malah sekarang kalau mau belanja bulanan, dia yg suka ngingetin untuk bawa tas tambahan :D

Post Comment