Puding Cokelat Cup

Tiap makan di restoran fast food, biasanya saya membelikan Nadira paket anak-anak yang berisikan ayam, nasi, minuman cokelat dan puding cokelat saus vla vanilla dalam cup. Gara-gara ini, waktu Nadira ulang tahun kemarin, saya pun jadi terinspirasi untuk membuat puding serupa.

Biasanya saya membuat puding cokelat seperti ini dalam cetakan biasa yang dipotong-potong. Ternyata dibentuk dalam cup juga enak kok. Nggak repot dan bisa dijadikan isian bekal sekolah atau goody bag ulang tahun.

Ingin mencoba? Berikut resep yang sering saya praktikkan. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:

2 bungkus agar-agar (saya pakai agar-agar Swallow Globe warna Cokelat)

1 liter susu UHT plain

500 ml air

300 g gula (sengaja nggak terlalu manis karena vla-nya sudah manis. Tapi kalau merasa kurang manis, silakan tambah gula lagi ya)

4 sdm coklat bubuk (saya pakai merek Van Houten)

100 g dark cooking chocolate

1 kuning telur

sedikit garam

Cara membuat:

Campurkan semua bahan di dalam panci. Aduk-aduk agar tidak menggumpal.

Jerang di api sedang sambil diaduk rata sampai matang.

Sendokkan ke dalam cup plastik. Diamkan hingga tidak panas, lalu masukkan ke dalam kulkas.

Beri vla vanilla sebelum dimakan atau dibawa ke sekolah.

P.S:

*Untuk vla vanilla, saya cheating sedikit karena menggunakan vla instan. Mereknya My Vla rasa vanilla keluaran Nutrijell. Buat saya, sih, rasanya sudah pas dengan selera, gampang pula dibuatnya. Lagi pula, setelah dihitung-hitung, biaya membeli vla instan ini dengan biaya membuat vla from scratch lebih mahal membuat vla from scratch hahaha…

*UHT plain bisa juga diganti dengan susu UHT rasa coklat atau susu kental manis yang dilarutkan dengan air. Tapi, takaran gulanya dikurangi ya.


One Comment - Write a Comment

Post Comment