Top 11 Breastfeeding Celebrities

Sebagai ibu menyusui, saya salut sekali pada ibu-ibu lain yang juga memilih untuk menyusui anak-anaknya. Apalagi para selebriti yang membantu mengampanyekan hal ini. Kenapa? Di benak masyarakat, terutama perempuan, selalu ada perasaan me-too. Jadi jika selebriti menyusui anak-anaknya, kenapa kita nggak?

Memang, sih, buat sebagian orang, menyusui itu pilihan. Tapi buat saya, jika kita bisa dan mampu, kenapa nggak?

Para selebriti di bawah ini adalah sebagian kecil dari selebriti dunia yang memilih menyusui anak-anak mereka. Beberapa bahkan cukup militan dalam melindungi hak anak-anak untuk mendapatkan yang terbaik, yakni ASI. Mau tahu siapa aja? Kita intip, yuk!

Btw, harusnya Pink ada di daftar ini. Namun karena dia pernah saya ulas sendiri di artikel terdahulu, posisinya diganti yang lain saja, deh.

  • Miranda Kerr

Supermodel cantik dan seksi ini dikenal gemar memamerkan fotonya saat menyusui sang buah hati, Flynn Christopher Blanchard Copeland Bloom. Meski sudah kembali bekerja di depan kamera dan di atas panggung catwalk, ia tak berhenti menyusui Flynn.

“Saya menyusui sekaligus memompa ASI. Jika saya jauh dari Flynn, saya memompa ASI dan membawanya pulang. Saya kadang merasa seperti sapi perah,” katanya. Jadi inget pengalaman saya sebagai ibu perah dulu, deh, hehehe.

  • Gwen Stefani

Kedua putra Gwen Stefani, Kingston and Zuma, disusui. Pada 2007, Gwen mengaku pada seorang reporter, “Menyusui adalah tindakan yang paling sesuai dengan gaya hidup saya.”

Tak heran kala putra bungsunya, Zuma menyapih dirinya sendiri pada 2009, Gwen mengaku patah hati. “Saya tidak mau ia berhenti menyusu, dan saya merasa ditolak,” katanya.

*gambar dari sini dan sini

  • Jennifer Garner

Sosok Jennifer Garner dikenal dengan citra artis Hollywood yang rendah hati sekaligus ibu yang baik dari Violet, Seraphina dan Samuel. Jennifer mengaku menyusui ketiganya saat mereka masih bayi. Namun, berbeda dari wanita lain yang sukses melangsingkan tubuh saat menyusui, pengalamannya justru berbeda.

“Teman-teman dan saudara saya sukses melangsingkan tubuh sambil menyusui. Saya berharap saya bisa seperti mereka. Ternyata tidak sama sekali. Baru setelah enam bulan, berat badan saya susut sedikit demi sedikit,” katanya.

  • Heidi Klum

Jika banyak ibu yang menyusui karena ingin langsing, tidak demikian halnya dengan Heidi Klum. Menurutnya, menyusui itu adalah hak anak.

“Saya menyusui bukan karena ingin mendapatkan manfaat untuk saya. Saya menyusui karena anak saya butuh itu. Jika kemudian tubuh saya langsing, berarti itu dampak positif yang bisa saya dapat,” kata Heidi.

  • Gisele Bundchen

Supermodel asal Brasil ini sempat memicu kontroversi saat mengemukakan pendapatnya tentang menyusui dalam sebuah wawancara dengan majalah Harper’s Bazaar.

“Saya rasa harus ada hukum internasional yang mewajibkan semua ibu menyusui anaknya minimal selama enam bulan. Apakah Anda mau memasukkan makanan kimia ke tubuh anak Anda saat ia masih amat kecil?” katanya.

Begitu gelombang protes muncul, Gisele meralat komentarnya tersebut. Ia menyatakan, pernyataannya tadi hanya ingin menekankan betapa pentingnya ASI untuk anak.

  • Naomi Watts

Seperti ibu lainnya, Naomi Watts pun menderita kelelahan saat menjadi seorang ibu baru. “Saya sibuk menyusui anak saya seharian penuh. Saya kadang merasa saya kehilangan 75 persen kekuatan otak saya. Tak hanya karena kekurangan tidur, tapi juga karena menyusui,” katanya dalam wawancara dengan David Letterman. Sounds familiar, Moms? :D

  • Catherine Zeta-Jones

Menyusui tak berarti harus tampil seadanya. Itulah prinsip Catherine Zeta-Jones saat menyusui dua anaknya, Dylan dan Carys saat mereka masih balita. Menurutnya, pakaian dalam yang suportif amatlah penting bagi ibu menyusui sepertinya, terutama kala harus menghadiri ajang red carpet.

“Payudara saat menyusui butuh support jadi saya suka sekali dengan pakaian dalam jenis undergarments. Saya selalu minta kepada para desainer untuk membuatkan saya pakaian ini. Saat saya mengenakan gaun malam, saya butuh support agar baju saya tidak kemana-mana,” katanya.

  • Drew Barrymore

Sebagai ibu baru yang juga merupakan aktris Hollywood, Drew Barrymore berusaha tidak mengindahkan tekanan yang didapatkannya dari sekitar untuk segera kembali ke bentuk tubuh semula. “Impossible expectations are impossible,” katanya.

Selain itu, ia menyatakan akan menunda diet demi putrinya, Olive. “Saya tidak melakukan apa pun saat ini. Menyusui saja sudah cukup berat. Jadi jangan minta kiat melangsingkan tubuh pascamelahirkan pada saya,” katanya.

  • Gwyneth Paltrow

Gwyneth Paltrow mengaku tidak menyesal telah menyusui kedua anaknya, Apple dan Moses. Ia menunda kebiasaannya berdiet makrobiotik selama menyusui. “Saya tetap sehat selama menyusui dengan berolahraga tapi tidak berdiet. Sebab, saya ini adalah pabrik susu,” katanya.

Meski begitu, seperti banyak dialami wanita lain, istri dari vokalis Coldplay, Chris Martin ini, mengaku kurang suka dengan efek yang disebabkan menyusui. Payudaranya yang kecil menjadi lebih turun. Tanpa sungkan, Gwyneth mengaku tengah mempertimbangkan untuk melakukan prosedur operasi plastik breast uplifting untuk memperbaiki bentuk payudaranya. Eerr… This really speaks my mind, deh, hihihi…

  • Salma Hayek

Salma Hayek menimbulkan kontroversi saat menyusui seorang bayi dalam kunjungannya ke sebuah kamp pengungsi di Sierra Leone. Saat itu, ia diberitahu bahwa banyak ibu berhenti menyusui beberapa bulan setelah anaknya lahir karena tekanan dari suami mereka. Tak heran jika Sierra Leone memiliki angka kematian bayi tertinggi di dunia, yang diakibatkan malnutrisi.

Secara spontan, Salma pun mengeluarkan payudaranya dan menyusui seorang bayi di depannya. “Saya berusaha menghapus stigma pada ibu menyusui. Apakah saya jadi tidak loyal pada anak saya dengan menyusui anak lain? Saya justru berpikir anak saya akan merasa amat bangga karena berbagi ASI-nya dengan bayi lain. Jika ia besar nanti, saya akan memastikan ia terus menjadi orang yang baik hati dan suka berbagi,” jelasnya.

  • Nicole Richie

Mantan party girl ini sekarang benar-benar berusaha jadi ibu yang baik. Sejak memiliki Harlow dan Sparrow, Nicole Richie berubah menjadi seorang ibu dan istri yang perhatian. Bahkan ia rela mengubah menu makannya agar alergi yang diderita Harlow tidak kambuh selama masih minum ASI.

“Banyak sekali yang tidak bisa saya makan karena dia amat sensitif. Saya makan makanan yang sangat hambar. Saya tidak boleh minum susu, tomat, selada. Saya pikir, saya harus banyak menghindari jenis makanan saat hamil. Ternyata justru saat menyusui baru hal itu dilakukan,” katanya.

Jadi, kalau ada anggapan menyusui itu aktivitas emak-emak banget, enggak, lah, ya! Secara selebriti tingkat dunia saja melakukannya :)


3 Comments - Write a Comment

Post Comment