Family Friday: Enno Lerian, Kali Ini Siap Lahir Batin

Saya kenal Enno sejak ia masih belum punya anak. Bisa dibilang, kami melewati beberapa tahapan kehidupan bersama, dari single sampai sekarang double. LOL. Eh, malah, Enno saat ini sedang hamil lagi, lho!

Banyak sekali perubahan yang saya lihat dari Enno di kehamilannya yang memasuki usia 6 bulan ini. Salah satunya, ia lebih memerhatikan pola asuh, kesehatan anak dan kehamilan. Simak obrolan saya dengannya ini, yuk!

Ada perbedaan signifikan kehamilan saat ini dibandingkan dengan hamil Bumi dulu?
Pastinya ada, ya .… Kalau kehamilan sekarang jauh lebih siap lahir batin dibanding dengan kehamilan Bumi 10 tahun lalu. Secara umur juga sekarang jauh lebih matang, jiwa keibuannya juga lebih besar dibanding dulu masih ABG :D

Saat mengetahui Enno hamil, bagaimana reaksi Bumi?
Ini adalah kehamilan ketiga, saat kehamilan kedua mengalami keguguran walaupun nggak terlalu nunjukin kesedihannya, tapi Bumi merasakan kehilangan juga … dan begitu tahu hamil lagi dia salah satu yang paling bahagia karena kabar ini.

Bumi, kan, sudah punya adik baik dari papanya (Nayaka) atau dari suami saat ini (Priam). Menurut Enno, Bumi sudah bisa menjalani peran sebagai kakak belum?
Bumi, tuh, bisa dibilang punya karakter bisa ‘ngemong’. Ada beberapa anak yang kayaknya cuek, ya, sama adik-adiknya, tapi kalo dilihat, Bumi, tuh, bisa banget dititipin adik-adiknya buat dia jaga :D.

Bukan hanya adik-adik dari ayahnya saja, tapi ke adik tirinya saja, Bumi, tuh, bisa banget nemenin main atau ngejagain. Padahal adik-adiknya cewek yang jelas-jelas selera mainnya beda.

Banyak ibu yang takut akan sibling rivalry. Nah, kalau Enno gimana mencegah terjadinya hal tersebut?
Kalau dilihat dari bagaimana dia urus dan jagain adik-adiknya, kayaknya saya nggak khawatir bakal terjadinya sibling rivalry, deh. Selain jarak umur yang lumayan jauh, Bumi itu punya karakter yang cukup dewasa untuk anak seumurnya.. Tapi kita nggak tahu ke depannya gimana, ya, saat dia harus menghadapi kondisi ‘serumah’ dengan calon adik barunya ini. Karena, kan, dengan kedua adiknya jarang ketemunya.

Makanya saya selalu melibatkan Bumi begitu kabar hamil ini datang. Bumi pernah menemani kontrol ke dokter, Bumi saya ajak ngobrol, dan saya suruh ngobrol juga sama calon adiknya, main tebak-tebakan jenis kelamin dll, intinya selalu melibatkan dia dalam hal apa pun.

Nah, balik lagi mengenai kehamilan.  Mual/ morning sickness nggak?
Untungnya, sih, nggak separah waktu kehamilan Bumi ya. Paling cuma pusing atau mual kalau telat makan. Dan sekarang rasanya malah seperti nggak hamil, nggak merasakan keluhan apa pun kecuali makin berat saja perutnya, hihi, dan pegal-pegal  saja, sih.

Bagaimana peran suami dalam menghadapi kehamilan ini?

Hamil sekarang yang hamil berdua, bok! Nggak hanya saya, tapi Priam juga, hehe. Sensi-sensinya, manja-manjanya, sempat ngidam juga dia, nggak saya saja, hehe! Setiap kontrol ke dokter juga dia ngusahain banget untuk ikut terus. Apapun saya selalu libatkan dia, setiap pulang kerja juga dia rajin bertanya mau dibawakan apa buat makan, padahal saya nggak minta. Ya, karena prinsip kita ‘hamil berdua’, sih, ya, hehehe. Dia selalu support kemauan saya untuk isi waktu kosong saya di rumah saat menjalani kehamilan ini.

I’m so happy to hear that! Selamat ya, Noiy, semoga kehamilannya lancar sampai masa persalinan nanti :)

 


2 Comments - Write a Comment

Post Comment