banner-detik
FOOD & RECIPE

Risoles Sayur

author

Mimi Ali30 Mar 2013

Risoles Sayur

Sudah hampir sebulan ini Mushawi (2 tahun 5 bulan) susah banget makannya. Mulutnya ditutup rapat-rapat waktu saya suapi makanan. Kalaupun saya bisa curi-curi kesempatan buat masukin makanan ke mulutnya, pasti langsung dilepeh. Atau, diemut sampai mamaknya lumutan nunggu itu makanan ditelan. Ugh! Kesel sih, tapi tak apa lah. Memang lagi masanya GTM (Gerakan Tutup Mulut).

Saat GTM seperti ini, biasanya saya suka buatin Mushawi risoles sayur. Selama ini, sih, dia enggak pernah menolak kalo saya suapi risoles.

Untuk isinya, karena di dapur saya cuma ada kentang dan wortel, jadi, deh, dua bahan itu saja yang saya olah. Kalau mau masukin sayuran lain juga bisa. Misalnya, buncis atau brokoli. Ditambah daging ayam pasti makin enak.

Bahan Kulit:

500 gr tepung terigu segitiga biru

2 butir telur

500 cc air

1 sachet susu kental manis

3 sdm minyak goreng

Garam secukupnya

Bahan Isi:

Kentang, potong seukuran korek api

Wortel , potong seukuran korek api

Bumbu halus: Bawang merah

Bawang putih

Lada

Garam

Kaldu bubuk (saya pakai kaldu jamur non-msg)

Minyak goreng untuk menumis

Bahan Pencelup:

Telur

Tepung panir

Cara Membuat:

1. Isi: Tumis bumbu halus sampai matang. Masukkan wortel dan kentang, tambahkan sedikit air. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Masak sampai sayuran layu dan bumbu meresap.

2. Kulit: Kocok lepas telur, tambahkan susu dan air. Aduk sampai rata. Lalu tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam tepung terigu. Tambahkan garam dan minyak. Aduk sampai rata. Jangan sampai ada yang menggumpal ya.

Buat dadar tipis di wajan anti lengket (kalau saya, satu sendok sayur kecil), sampai adonan habis. O, ya, apinya kecil aja.

Sisa bahan isian digado si bocah

3. Ambil selembar kulit, beri isi (kalau saya, isinya agak banyak). Lipat dan gulung. Lalu celupkan ke kocokan telur. Setelah itu, gulingkan di tepung panir. Supaya tepung panir melekat dengan baik, masukkan dulu ke dalam freezer untuk beberapa saat sebelum digoreng..

4. Goreng hingga kekuningan, dengan api sedang ya.

Share Article

author

Mimi Ali

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan