Family Friday: Karenina, “Jadi Ibu Membuat Saya Berubah”

Jika masih single, acara ‘dugem’ menjadi salah satu bagian dari kamus kehidupan Karenina Maria Anderson, kini tidak lagi.  Setelah berkeluarga, ia mengaku banyak perubahan postitif yang ia dapatkan. Sekarang, wanita yang sedang hamil muda ini lebih senang menghabiskan hari-harinya di rumah bersama keluarga kecilnya.

“Banyak sekali perubahan yang saya alami setelah menikah. Kalau dulu sering maunya sendiri, sering bad mood, cepat emosi, sekarang nggak begitu lagi. Saya lebih bisa nrimo dan lebih banyak bersyukur. Oh, ya, memiliki keluarga sendiri berarti saya juga harus lebih banyak bertoleransi, hahahaha.”

Demi keluarganya, Nina pun akan melakukan yang terbaik. Termasuk saat ia memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif untuk putera sulungnya, Krishna Kamal Bhojwani ( kini berusia 2,5 tahun). Alhasil, breast pump-pun selalu tidak luput ia masukan ke dalam tasnya kala berpergian.

Sebagai seorang istri, wanita Jakarta, 28 Februari 1983, ternyata juga tipe yang memegang prinsip zaman dulu, di mana perempuan harus mengabdi sepenuhnya pada sang suami. Pelajaran yang ia petik dari sang mama.

Ada nggak perbedaan kehamilan sekarang dengan yang pertama?

Kerena memang sudah ada pengalaman, jadi sudah  nggak takut-takut lagi. Jadi jalani kehamilan ini juga jauh lebih santai. Tapi, kalau hamil sekarang ini aku jauh lebih sering mual-mual. Beda banget  saat aku mengandung anak pertama, kalau dulu makan saja bisa, makanya berat sampai naik 30 kg. Kalau sekarang karena masih sering mual-mual, jadi makannya lebih milih-milih.

Selama hamil muda ini ada makanan wajib yang harus disantap, nggak?

Ada, setiap hari aku maunya makan yang asem-asem terus. Jadi, setiap hari harus makan rujak. Baru-baru ini aku juga ngidam tahu gejrot, nggak tahu, tuh, kenapa tiba-tiba kepengen. Yah, namanya juga ngidam, ya, kan apa yang kita mau nggak bisa diprediksi.

Selama masa kehamilan muda ini, masih tetap olahraga?

Olahraga masih tetap, kok. Karena saya sejak dulu  setiap seminggu tiga kali memang panggil trainer ke rumah. Tapi sekarang ini olahraganya dipilih yang lebih santai.Sebelum hamil suka boxing, tapi kalau sekarang lebih ke yoga atau yang lebih ringan.

*foto dari Twitter Karenina (@karenina_maria)

Rencananya ingin mempunyai anak berapa?

Maunya, sih, empat, hahahaha. Tapi, ya, tergantung rejekinya juga lah dari Tuhan.

Biasanya, saat di rumah bersama si sulung Krishna, kegiatan apa saja yang sering dilakukan?

Kalau di rumah senangnya, ya, main-main saja, sambil belajar mewarnai mewarnai dan menari-nari.

Sendainya si kecil ingin menggeluti dunia modelling seperti, Nina, bagaimana?

Duh, kalau cowok kayanya lebih baik diarahkan ke dunia yang lain saja, ya. Tapi intinya anak kita harus tetap happy, asal positif dan bagus untuk dia, ya akan aku dukung.

Pola asuh seperti apa, sih, yang Nina terapkan dirumah?

Nomor satu, anak aku harus berhati yang baik, jadi pendidikan moral sudah aku ajarkan sedini mungkin. Sama orang lain itu harus baik, ramah, dan harus bisa saling tolong menolong.

Saat ini apa, sih yang jadi prioritas hidup Karenina?

Prioritas hidup pasti tetap keluarga. Kerja sih kerja, menjalankan aktivitas lain juga masih tetap dijalankan, tapi semuanya harus mendahulukan keluarga.

—-

Semoga hamil yang kedua ini lancar sampai waktu persalinan nanti, ya!


Post Comment