Unjuk Potensi Diri Lewat YCPA

Yeay, YCPA (Young Caring Professional Award) tahun ini kembali digelar! Itu, loh, sebuah ajang pemilihan wanita–wanita hebat yang bisa menjadikan inspirasi untuk wanita seluruh Indonesia. Acara yang digagas oleh Caring Colours ini sebenarnya sudah diadakan sejak 2010 dan menjadi acara reguler setiap tahunnya.

Dan tahun ini acara  yang diadakan dalam rangka Caring Colours dari Martha Tilaar yang begitu perduli dengan perkembangan wanita di Indonesia kembali hadir.  Dimana Caring Colours mengajak seluruh wanita Indonesia untuk lebih percaya diri dan mampu menggali potensi yang dimiliki. Dan, tentunya bisa menginspirasi wanita lainnya.

Asiknya lagi, ajang ini tidak terbatas untuk pengusaha atau wanita karir aja, loh, Mommies. Mungkin jika Mommies mempunyai keponakan atau bahkan anak Mommies yang masih duduk di bangku kuliah namun mempunyai aktivitas yang bisa menginspirasi, juga bisa mengikuti YCPA. Intinya, sih, YCPA ingin menunjukan bahwa semua wanita bisa menjadi inspirasi bagi semua tanpa terhalang oleh apapun. Baik status, umur, dan profesi.

Yang pasti, YCPA juga ingin mengingatkan pada semua wanita Indonesia, bahwa penampilan itu memang tidak sekedar ditunjukan lewat make up semata, tapi secara keseluruhan. Jadi, sebagai wanita Indonesia, kita memang harus bisa menggali potensi sebanyak-banyaknya.

Kalau saya, niatnya ikut ajang ini karena ingin mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Selain itu,  dengan mengikuti YCPA, saya akan lebih termotivasi dengan apa yang saya kerjakan. Baik dalam dalam menjalankan status sebagai ibu rumah tangga, penulis, dan pengusaha.

Ya, untuk ketiga bidang ini saya memang masih dalam tahap belajar. Karena sampai detik ini, saya masih belajar jadi ibu yang baik dari anak saya sendiri, Bumi. Sedangkan untuk penulis, saya masih harus banyak belajar dan latihan. Biar bagaimana pun, buat saya  menulis tidak semudah yang saya bayangkan dulu. Terlebih untuk jadi pengusaha, ini, mah, masih jauuuuuuhhh  banget dari kategori sukses.

Memang, sih, saat ini saya sedang punya usaha sampingan dengan menjual tas, sepatu, dan baju yang terbuat dari bahan-bahan tradisional, seperti batik, atau tenun. Tapi ini masih usaha kecil-kecilan.

Saya bilang kecil, karena memang sampai saat ini saya belum bisa memproduksinya secara massal. Untuk ke depan, impiannya, bisnis saya ini bisa berkembang. Bahkan kalau bisa saya mampu membuka peluang pekerjaan untuk orang lain *amiin*.

Saya sendiri nggak pernah menyangka kalau saat ini saya sedang mencoba bisnis yang berkaitan dengan batik atau jenis bahan khas Indonesia lainnya. Dulu, saya paling males kalau harus mengenakan baju batik. Ya, waktu zaman duduk di bangku SMA, deh. Padahal baju batik hanya saya gunakan seminggu sekali saja, itupun karena memang wajib digunakan.

Rasanya semua jadi (mulai) berubah kala saya mulai bekerja, ditambah lagi dengan adanya penetapan Hari Batik Nasional ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 silam. Bisa jadi, awal mulanya, saya hanya sekedar ikut-ikutan saja. Tapi pola pikir ini kian hari akhirnya jadi berubah dengan sendirinya.

Lagipula, batik ini kan salah satu budaya Indonesia yang harus dilestarikan? Nah, ini semua tentu akan lebih berdampak bersar kalau tidak dimulai dari yang muda-muda *berasa muda* :D lagi pula, saat ini batik kan sudah nggak monoton dan terkesan tua. Motif dan warna-warnanya kian beragam. Sekarang pola baju batik kian modern dan lincah. Jadi, nggak perlu khawatir kalau mengenakan batik kita akan dianggap old school.

Lihat saja sekarang, batik juga nggak hanya terbatas pada pakaian saja. Fashion items lain seperti sepatu, tas, bahkan hingga kalung juga sudah banyak yang menggunakan bahan material dari kain-kain tradisional.

Saya sendiri mulai bisnis ini lahir karena saya ingin membeli tas batik yang memang sudah menjamur di berbagai online shop. Tapi, setelah tanya online shop A, tanya online shop B, tapi, kok, harganya nggak ada cocok ya (baca: kemahalan untuk kantong saya)?

Dari sana, akhirnya timbul, deh, ide untuk membuatnya sendiri. Karena dari dulu saya selalu berprinsip, untuk tampil stylish nggak harus menggunakan barang-barang yang harganya selangit. Intinya, stylish is not about expensive things :)

Nah, untuk Mommies yang lain, yuk, kita sama-sama ikutan Young Caring Professional Award. Ajang ini ditutup 30 April 2013. Selain bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan bersama Caring Colours, siapa tahu hadiah utama berkunjung ke kantor Google di Singapore bisa kita dapatkan. Untuk yang tertarik mendaftar, bisa langsung klik link: http://femaledaily.com/ycpa/

 

 


3 Comments - Write a Comment

Post Comment