Cwie Mie

Sejak usia satu tahun, Bumi sudah saya kenalkan dengan mie. Tapi tentu saja, bukan mie instan, yah. Awalnya, sih, mie saya pilih sebagai salah satu variasi untuk pengganti nasi. Biasanya saya mengolahnya menjadi mie rebus atau mie goreng yang saya tambahkan dengan berbagai sayuran, ayam atau udang.

Dan hasilnya, Bumi doyaaaaan sekali dengan mie. Setiap kali dia mengetahui menu yang akan disantap adalah mie, Bumi sering sekali bilang, “Asik, aku mau makan mie”. Benar saja, dalam hitungan menit, mie sepiring pun langsung habis dilahapnya.

Tapi, kok, lama-lama bosen juga, yah, kalau mie goreng atau mie rebus lagi? Mentok-mentok, saya paling hanya membuat martabak mie. Tapi belum lama ini saya akhirnya berhasil membuatkan menu baru untuk Bumi. Cwie Mie, yang resepnya didapatkan dari mama saya sendiri.

Selain rasanya enak dan gurih, yang paling penting Cwie Mie ini juga bisa dimakan oleh seluruh anggota keluarga. Bumi suka, saya suka, suami suka, orang tua saya suka, pun dengan mbak yang bekerja di rumah.

Jadilah akhir pekan itu kami sekeluarga pesta cwie mie. Buat Mommies yang mau mencobanya, berikut resep bisa segera dipraktikkan di rumah.

Bahan:

Ayam atau daging cincang

Jamur kancing

Baso

Mie

Toge

Daun Slada

Tutup Dengkul

Bumbu:

Lada

Bawang putih

Bawang bombay

Kecap

Saus Tiram

Minyak Wijen

Minyak Ayam

Kecap Manis dan kecap asin

Kecap Inggis

Cara membuat:

1. Pertama-tama, lada dihaluskan lebih dahulu. Kemudian bawang putih dan bawang bombay diiris tipis-tipis. Setelah itu, tumis hingga wangi dan dicampur dengan jamur kancing, daging atau ayam. Dan tambahkan kecap manis dan saus tiram.

2. Untuk kuahnya, Mommies bisa merebus baso, tutup dengkul dengan air secukupnya dan berikan garam secukupnya.

3. Setelah kuah siap dan tumisan ayam atau danging matang, Mommies bisa rebus mie yang kematangannya bisa disesuaikan dengan selera.

4. Untuk minyak mie, bahan yang perlu disiapkan adalah minyak ayam, minyak wijen, kecap asin. Ketiga bahan ini Mommies campur di atas mangkuk. Bila suka manis, Mommies bisa menambahkan kecap manis. Campur semua minyak ini bersama mie.

5. Setelah mie dan minyak menyatu, proses pembuatan Cwie Mie sudah hampir selesai. Saat ingin dihidangkan jangan lupa untuk memberikan tumisan ayam, baso, toge dan daun selada. Beri kuah sesuai dengan selera.

6. Supaya tambah nikmat, jangan lupa tambahkan bawang goreng, daun bawang dan kerupuk pangsit.

Cwie Mie pun siap untuk disantap!

 


Post Comment