Why Fresh Milk?

Perkara susu, belakangan ini makin banyak terjadi pro dan kontra, apakah susu penting untuk tubuh. Kalau saya pribadi, kebetulan memang nggak ambil pusing perkara ini. Setelah Langit berusia 1 tahun, saya memberikan susu cair untuknya.

Kenapa saya memberikan susu cair?

  • Praktis.

Ini alasan paling utama.  Saya nggak kebayang saja kalau harus menyeduh susu bubuk atau membawa ‘perabotan’ minum susu kemana-mana, padahal saya sering sekali berpergian hanya berdua dengan Langit.

Kebetulan Langit bukan tipe yang harus makan atau minum dalam kondisi hangat. Malah kalau minum susu, dia lebih suka yang dingin. Jadi, sesuai dengan penyimpanan susu cair yang lebih baik dalam kulkas.

Masalah penyimpanan juga menurut saya penting. Jika tidak suka dingin, maka susu UHT bisa tahan hingga 10 bulan, jika kemasan/ segel tidak dibuka dan disimpan di tempat yang kering.

  • Lebih sehat.

Menurut logika saya, susu bentuk asalnya, kan, cair. Maka ketika diolah menjadi susu dalam kemasan, yang dalam bentuk cair tentunya hanya melewati lebih sedikit langkah pemrosesan dibandingkan jika dibuat ke dalam bentuk bubuk.

Lagipula, bandingkan masa kedaluarsa susu cair dengan susu bubuk, jauh sekali! Susu cair (yang pasteurized) hanya bertahan 3-4 hari dalam kulkas, dan tahan 4 jam di luar kulkas. Susu bubuk? Bisa sampai 2 tahun!

Untuk mengetahui proses pengolahan susu, Mommies bisa lihat di situs milkfacts, ya.

  • Susu cair lebih rendah kadar gulanya, dengan catatan, jika Mommies memilih susu yang plain.

O, ya, bagaimana memilih susu cair yang baik? Kalau saya, sih, gampang: semakin sedikit yang tertera di barisan ingredients, maka itulah susu yang saya pilih! Contohnya, Greenfields Fresh Milk, lihat nutrition facts yang terdapat dalam susu ini, deh:

 

  • Susu cair bisa diolah menjadi apa saja.

Kalau bosan dengan sajiannya yang itu-itu saja, susu cair bisa diolah jadi milkshake, dicampur ke jus buah, puding, atau aneka makanan lainnya.

Kalau biasanya saya membeli susu cair dalam kemasan sekali minum, maka belakangan ini saya lebih sering membeli dalam kemasan keluarga. Kenapa? Sebenarnya alasannya sederhana, sih. Langit lagi senang menuang. Ya, proses menuang susu dari kemasan keluarga ke dalam gelas, buat Langit ternyata sangat menyenangkan.

Catatan sedikit, nih, Mommies, walaupun susu mengandung banyak kebaikan, tapi jangan jadikan susu sebagai super food. Jangan jadikan susu sebagai pengganti makanan si kecil, ya. Kalau saya ditanya, kenapa memberikan anak saya susu, jawabannya adalah: daripada anak saya minum aneka minuman kemasan yang nggak jelas? Lebih baik dikasih susu dingin, kan?

Mommies punya pengalaman menarik seputar fresh milk? Ikutan blog competition What Real Milk Can Do-nya Greenfields, yuk! Silakan langsung kunjungi fanpage mereka, ya!


10 Comments - Write a Comment

  1. Wah, langit pinter ya!! kalo anak gw masih campur susu bubuk dan susu cair. susu bubuk masih yang plain, tapi susu cairnya udah mulai suka yang rasa coklat dan strawberry karna “diracunin” ibu gw a.k.a. utinya. lagi mau beralih ke susu cair plain 100% nih, doakan berhasil ya :D

  2. Ahh Greenfields…jadi inget awal Dante mulai dikenalkan dengan susu cair, umur 1 tahun-an, dia masih nolak, resistensi tinggi, waktu itu nyoba yg merk U**tra J**a. Sempat panik dan bingung, karena emaknya udah males dan riweuh banget mau pumping di kantor *jitak diri sendiri*. Akhirnya, ngeliat si Greenfields ini, beli, nyoba kasih ke Dante dan….dia suka :) *emak langsung lega*

    Sekarang sih dia udah doyan merk apa aja asal jangan yg rasanya aneh2 (strawberry menurut Dante aneh, kemanisan kali ya), so far rasa yang ditoleran plain dan coklat aja.

    thanks for the info about the ingredients nenglita, jadi selektif nih eijke :)

  3. Kalau susu bubuk biasanya ada saran penyajian sesuai umurnya nggak mbak? Misalnya 4 tahun seperti anak saya sekarang kurang lebih 3x sehari dengan takaran masing2 180 cc. Kalau susu cair gimana mbak?
    Dalam seminggu atau sebulan biasanya harus beli berapa susu cair? Kalau saya biasanya beli susu formula bubuk yang isinya 900 gram bisa untuk sebulan :)
    Saya jadi mikir-mikir untuk ganti ke susu cair untuk anak saya. Iya memang lebih praktis dan rasanya lebih sehat ya.

  4. Buat para mommiesss… yang mau kasih fresh milk atau UHT greenfields buat balita nya boleh ya contact kami di wa 0812 1099 2286 atau pin 7D7CA8C7. semua variant kami ada, untuk balita biasa nya sih yang full cream. kami melayani delivery order ke rumah juga lho mommies..khusus daerah jakarta barat dan sekitarnya ya.

  5. Buat para mommiesss… yang mau kasih fresh milk atau UHT greenfields buat balita nya boleh ya contact kami di wa 0812 1099 2286 atau pin 7D7CA8C7. semua variant kami ada, untuk balita biasa nya sih yang full cream. kami melayani delivery order ke rumah juga lho mommies..khusus daerah jakarta barat dan sekitarnya ya. thnks yaaaa

Post Comment