Liburan Bersama Keluarga Besar

Asiknya bisa liburan bersama keluarga besar. Selain bisa refreshing bareng, juga bisa ketemu semua anggota keluarga. Merencanakan liburan dengan keluarga besar repot gak?

Repot sudah pasti, tapi dibandingkan dengan ketemu dengan semua orang dan having fun, malah jadi gak mikir repotnya. Yang ada bikin excited…!

Apa saja ,sih yang harus dipersiapkan untuk liburan keluarga besar. Berdasarkan pengalaman saya dan keluarga (dengan anggota 20 orang yang ikut  liburan), berikut yang bisa saya share:

1. Tentukan tanggal liburan. Berhubung banyak anak-anak yang akan ikut, biasanya akan menyesuaikan dengan liburan anak sekolah. Orang tua nanti akan menyesuaikan cutinya dengan liburan sekolah. Pilihannya libur sekolah, libur lebaran, atau libur natal/tahun baru.

2. List nama-nama seluruh anggota keluarga yang akan ikut liburan (dewasa, usia anak/tanggal lahir yang lengkap, nama lengkap, jenis kelamin, nomor paspor jika akan ke luar negeri).

3. Tentukan destinasi liburan. Apakah mau keluar negeri atau di Indonesia. Berikan beberapa alternatif, untuk mempermudah menyiapkan perbandingan budget masing-masing destinasi.

4. Rencanakan liburan jauh-jauh hari. Misalnya 6-8 bulan sebelumnya. Hal ini untuk mempermudah dalam pemesanan tiket pesawat dan hotel.

5. Mulailah hunting harga tiket pesawat/transportasi dan hotel. Karena biaya ini cukup besar, jadi harus disiapkan dari awal. Rajin-rajin browsing di situs maskapai penerbangan, karena jika beli jauh-jauh  hari biasanya harga lebih murah. Plus searching promo dari maskapai penerbangan yang ada. Untuk pembelian tiket pesawat, biasanya saya menggunakan kartu kredit. Karena bisa kontak ke bank yang mengeluarkan dengan cicilan per bulan. Selain tidak terlalu berat, sampai dengan hari H, pembayarannya sudah lunas. Untuk pesan-pesan tiket biasanya akan ada 1 orang yang handle. Orang ini yang akan melakukan urusan booking tiket pesawat dan hotel. Sebenarnya fleksibel saja, kalau masing-masing keluarga mau booking sendiri juga oke. Hanya saja, nggak semua orang sempat untuk hunting tiket pesawat. jadi kalau ada 1 orang yang bisa handle ini, lebih enak. :)

6. Mencari hotel yang sesuai dengan budget yang akan diinginkan dan menampung seluruh keluarga besar.

7. Lakukan perbandingan biaya masing-masing tujuan. Beberapa hal yang menjadi bagian dari biaya adalah sebagai berikut:

  • Biaya tiket pesawat per kepala/keluarga
  • Biaya hotel (jumlah kamar). Normalnya hotel mengijinkan 2 orang dewasa dan 2 anak-anak per kamar.
  • Biaya selama di tempat tujuan:  sewa mobil, biaya bahan bakar, biaya makan siang dan malam, biaya masuk tempat wisata,  dll

8.  Setelah perbandingan biaya masing-masing alternatif tujuan ada, informasikan ke kepala keluarga atau orang yang handle keuangan keluarga, untuk bisa ditentukan destinasi final liburan. (biasanya sih yang murah yang jadi pilihan..  :) ).

9. Setelah destinasi sudah pasti, siapkan list itinerary selama disana. Misalnya liburannya 5 hari, silahkan siapkan jadwal hari pertama sampai hari ke 5. Walaupun nggak 100% terlaksana, paling tidak ada gambaran dan informasi ke keluarga alternatif-alternatif tempat yang mau dikunjungi. Biasanya jadwalnya dari pagi sampai sore walaupun bisa saja molor sampai malam. Namun karena ada anak kecil, biasanya kami memilih jadwal yang fleksibel, jadi anak-anak juga nggak terlalu capek. Kalo lagi malas keluar, bisa berleha-leha di kolam renang hotel, atau main di pantai, atau sekedar nongkrong di cafe rame-rame.  *yang penting kebersamaannya*

10. Bikin panitia kecil. Misalnya: yang pegang uang cash siapa, alias bendahara (kalau bisa yang anaknya sudah gede dan jago hitung-hitungan, kalau masih punya toddler pasti rempong buat bayar-bayaran) dan seksi dokumentasi (pegang kamera dan video). Walaupun semua keluarga pasti bawa kamera, biasanya pasti cuma foto keluarga masing-masing, nah, seksi dokumentasi ini harus bisa hunting foto-foto untuk semua keluarga.

11. Sediakan waktu khusus ngumpul buat keluarga untuk acara foto ataupun permainan keluarga. Misalnya lokasi di pinggir pantai, bisa bikin acara lomba lari estafet, lomba isi botol air mineral, main sepak bola, main layangan, dll, tergantung lokasi. Semua peserta ikut, dari orang tua sampai anak-anak, bisa per grup atau per orangan. Hadiahnya juga disediakan, nggak harus yang mahal, yang penting buat rame-rame misalnya coklat, biskuit/wafer sekotak, yang isinya buat sama-sama. Biasanya kita bikin permainan 1 hari sebelum pulang, dan anak-anak selalu menunggu acara games ini setiap liburan.

12. Kalau ingin kelihatan kompak, bisa bikin kaus keluarga. Desain, warna, dibicarakan bersama-sama. Ordernya jauh-jauh hari, misalnya 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Pake kaus seragam seru, lho, dan memang bikin kompak. !!

Waaah.. setelah nulis cerita ini jadi pengen liburan lagi…. *gaksabar*

Let’s plan the getaway….!!

 

 

 

 

 


2 Comments - Write a Comment

  1. Keren banget bisa liburan bersama sebanyak ini :) Pake seragam pula!
    Baru mencoba liburan bersama keluarga besar (12 orang) Desember kemarin, capeknyaaaaa.. dan ribet! Hehehe..
    Pas pulang, rasanya butuh liburan yang lain yang lebih ‘tenang’. Mungkin karena perencanaan kurang matang, terutama itinerary-nya :)) Mana gak ada panitia pula.
    Tapi gak kapok koq, akan dicoba liburan keluar besar lainnya.

Post Comment