Vanilla Cinnamon Rice Pudding

Pada dasarnya saya memang penggemar makanan yang teksturnya seperti bubur, baik itu makanan asin ataupun manis. Dari mulai bubur ayam, oatmeal, risotto, bubur ketan hitam, bubur sumsum – semua, deh saya doyan! Jadi nggak heran ketika saya membaca tweet teman saya di timeline, tepatnya tweetnya @vipertongue, tentang rice pudding, saya pun langsung sigap meminta resepnya.

Walaupun namanya pudding, jangan bayangkan ini kayak puding agar-agar ala Indonesia, ya, Mommies. Rice pudding ini teksturnya seperti risotto, tapi rasanya creamy, manis dan – karena saya tambahkan pala, kayu manis dan vanilla – wangi! For me, this is the perfect comfort food. Pas banget dimakan saat udara sering mendung dan hujan seperti sekarang :) Coba, ya, Mommies. Gampang banget, kok!

 

Bahan-bahan

  • 2 cups nasi putih matang
  • 3 cups susu cair
  • 1/2 cup gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 buah kuning telur
  • 1/2 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • kismis sesuai selera (optional)

Cara membuat:

  • Panaskan di atas api nasi, susu, gula dan garam, sampai susu mendidih. Sering diaduk, ya!
  • Saat susu mendidih, kecilkan api dan aduk terus sampai susunya terserap ke nasi dan bubur sudah mengental
  • Matikan api, cepat masukan 2 kuning telur, aduk cepat sampai merata
  • Masukan bubuk pala, kayu manis dan vanila. Aduk sampai merata
  • Masukkan kismis
  • Hidangkan selagi hangat. Dingin juga enak, sih … :)

5 Comments - Write a Comment

  1. ini mirip bgt sm Danish rice pudding ato Risengrød bahasa sononya :) cuma bedanya ga pk kuning telor tp pake susu, chopped almond ntar makannya pake melted butter, sprinkle palm sugar+cinnamon sm raisin…huuuumm yummmmeeehh

  2. Aku udah coba dan enak banget! anakku juga doyan n lahap, mamanya suka banget! ternyata bisa dibuat berbagai variasi juga. pas ada kacang pistachio, cacah kasar, campur deh, jadi ada krenyes2. campur buah pear/apel yang dipotong dadu juga enak :D

Post Comment