Kids Fun Parcs, ‘Surga’ Permainan Balita di Jogja

Saat lajang, saya cukup menikmati main di theme park semacam Dunia Fantasi—masih senang juga, tuh, mencoba wahana yang agak ekstrem dan bikin jantung mencelos. Tapi entah kenapa, sejak melahirkan, kok, mau seseru atau seunik apapun wahananya, saya kurang berminat. Nampaknya adrenalin di tubuh ini ikut luruh bersamaan air ketuban :D

Ditambah lagi, tidak semua wahana permainan bisa dinikmati anak usia balita macam Rakata-Ranaka. Sebagai ibu-ibu pelit, tentu saja merasa rugi. Sudah bayar mahal, tapi tidak semua ‘dicicipi’. Karena itu, sejak punya anak jadi sangat jarang ke theme park.

Awalnya pun, saat diajak mertua ke Kids Fun Parcs, saya kurang berminat. Pikir saya, paling sama saja seperti theme park pada umumnya, di mana setidaknya anak usia SD yang sudah bisa asyik naik ini-itu. Ternyata, saya salah! Hampir semua wahana bisa dinaiki anak balita. Sebaliknya, jumlah wahana yang boleh dinaiki dewasa (di atas usia 14 tahun) justru sangat terbatas. Bahkan, ada beberapa wahana di mana usia maksimal yang boleh naik adalah 7 atau 8 tahun (saya agak lupa). Mungkin itu alasan mengapa harga tiket anak dipatok lebih mahal daripada dewasa, ya.

Tapi gitu, deh. Namanya juga buat balita, jangan bayangkan wahana permainannya ‘canggih-canggih’. Meski memiliki nama dan setting berbeda-beda, basic-nya tetap saja wahananya itu sejenis kereta-keretaan, mobil-mobilan, motor-motoran, atau perahu-perahuan.

Sebagai contoh, ada wahana Kereta Ulat. Keretanya berbentuk ulat lucu berwarna hijau. Setting suasananya adalah dunia kurcaci. Di wahana lain yang bernama Santa Fe, keretanya berupa lokomotif-gerbong, dengan setting daerah penambangan emas. Sementara di wahana Jurassic Park, setting-nya adalah hutan yang ‘dihiasi’ dinosaurus.

Untuk menikmati seluruh wahana, tidak dipungut biaya lagi. Cukup bayar sekali di loket utama, sudah bisa main sepuasnya—meski ada beberapa mesin permainan yang mesti tukar koin dulu, sih.

Satu hal yang menjadi kelebihan theme park ini menurut saya adalah larangan keras untuk merokok sembarangan. Saya pribadi tidak anti rokok. Silakan saja kalau mau merokok, toh, yang rusak badannya sendiri. Tapi, saya suka ‘naik darah’ jika melihat perokok yang cuek menghembuskan asap di tempat umum, sampai asapnya terhirup orang di sekitarnya (apalagi jika ada anak kecil). Beh, pasti langsung saya tegur.

Nah, di theme park seluas 5 hektar ini, peringatan dilarang merokok ditemui di mana-mana. Pengunjung pun patuh. Seharian main, saya hanya menegur satu bapak-bapak yang nekat merokok sekitar 10 meter dari smoking area. Tentu saja, kondisi ini menjadi nilai plus.

Saat saya datang di akhir Oktober, theme park juga tidak terlalu ramai, padahal saat itu long weekend, lho. Mau naik wahana apapun tidak perlu antre (kecuali yang Jurassic Park). Sepertinya, karena lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Jogja, ya (mungkin sekitar 30-40 menit naik mobil). Sayang banget, padahal kalau punya balita, ini theme park, mah, ‘surga’ bener :)

Tiket Masuk:

  • Taman Bermain

–       Anak (2-14 tahun) = Rp 40.000

–       Dewasa (>14 tahun) = Rp 30.000

  • Kolam Renang Aquasplash = Rp 13.000 (usia >2 tahun bayar full)
  • Paket (Taman Bermain + Kolam Renang Aquasplash)

–       Anak (2-14 tahun) = Rp 48.000

–       Dewasa (>14 tahun) = Rp 38.000

Lokasi:

Jl. Wonosari Km 10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta

Website:

www.kidsfun.co.id


Post Comment