banner-detik
PARENTING & KIDS

Sudahkah Menjadi Contoh Yang Baik?

author

nynoot18 Jan 2013

Sudahkah Menjadi Contoh Yang Baik?

Semua orang tua pasti mengajarkan hal-hal yang baik pada anaknya. Saya pun mencobanya dalam mengajarkan hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengucapkan terima kasih, maaf, berdoa, mengucapkan salam ketika masuk rumah, melepas sepatu dan taruh ditempatnya.

Tahukah kita (orangtua) bahwa didikan yang baik bukan sekedar kata-kata terucap tetapi juga perilaku yang teladani anak. Yah karena kita adalah role model baginya. Apa yang kita tanam itulah yang kita tuai, begitu kata Ibu Elly Risman.

Pertanyaannya sudahkah kita menjadi teladan yang baik? Sudahkan kita berperilaku sesuai perkataan kita pada anak?

Suatu hari, saya dan Kay seperti biasa asyik di dapur. Dapur memang taman bermain kami. Kay sibuk pura-pura memasak atau memotong-motong dengan sendok dan garpu. Dan saya menyiapkan makan siang. Sippp Mi godog Jawa buatan saya pun jadi. Rasa lapar yang tidak tertahan membuat saya langsung saya menyantapnya. Di tengah "sluuurp" saya kaget karena tangan mungil kay diangkatnya dan mulut kecilnya berucap, "Allahumma ahya amut". Terkejut hati ini karena malu. Ya malu, saya tidak berperilaku seperti ucapan saya pada Kay, "Sebelum makan harus berdoa dulu, ya, Nak". Rasa lapar yang terlalu bukan menjadi alasan untuk tidak melakukannya bukan. Astagfirullah. Meskipun Kay membaca doa tidur (ia sering tertukar antara doa makan dan tidur), tapi ia telah menjadi pengingatku di saat lupa. Terima kasih, ya, sayang.

Sekali lagi? Sudahkah kita menjadi contoh yang baik? :)

 

 

Share Article

author

nynoot

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan