MyLiveOlive, Mengatur Uang Lebih Menyenangkan

Salah satu tekad saya (hampir setiap saat setelah gajian) adalah membereskan catatan keuangan. Entah kenapa, urusan yang satu ini, ada saja hal yang membuat saya kehilangan jejak kemana uang-uang itu pergi. Untungnya, nggak selalu bikin uang habis, sih, tapi rasanya kalau semua kecatat akan membuat saya lebih mudah jika ingin memotong anggaran yang sebenarnya tak terlalu perlu.

Beberapa waktu lalu, saya datang ke acara peluncuruan MyLiveOlive, aplikasi keuangan terbaru untuk gadget Samsung. Aplikasi ini bisa diunduh untuk segala gadget Samsung ber-OS Android Honeycomb dan Ice Cream Sandwich secara gratis. Pikir saya saat itu, “Ah, apa bedanya dengan aplikasi lainnya?” Ya, saya sudah pernah mencoba beberapa aplikasi keuangan lain, tapi tetap saja kurang menarik.

Yang membedakan aplikasi MyLiveOlive ini adalah aplikasi ini ditujukan khusus untuk perempuan. Seperti telah kita ketahui bersama, kebanyakan yang mengelola keuangan dalam rumah tangga adalah perempuan. Bahkan Pambudi Baskara Sudirman, Apps Manager Samsung Indonesia, mengutip dari survei yang diadakan oleh Marketing Indonesia, 86,1% perempuan mengatur keuangan rumah tangga. Padahal, menurut saya, nih, keuangan bukanlah hal yang menarik untuk dipelajari. Apalagi, ya, setelah jadi ibu-ibu rasanya hal yang perlu dipelajari buanyak banget!

Nah, di MyLiveOlive ini, tak hanya sekedar pencatat uang keluar dan masuk. Tapi ada juga fitur Perencanaan Anggaran, Kalkulator Pensiun, Kalkulator Kartu Kredit, serta banyak kiat mengenai keuangan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

MyLiveOlive ini dibuat oleh Jocelyn Pantastico, berdasarkan pengalaman pribadinya saat ia berada dalam kesulitan keuangan. Setelah bangkit dari keterpurukannya, ia kemudian sadar, pasti banyak perempuan lain yang pernah mengalami kesulitan keuangan sepertinya.

Menurut saya, perencanaan keuangan itu sangat penting. Apalagi zaman sekarang ini, ya, dana pendidikan anak saja sudah kerap kali bikin pusing tujuh keliling. Belum lagi dana darurat, kesehatan, pensiun, atau shopping :D

Aplikasi keuangan di gadget, menurut saya, jadi sangat penting. Karena terkadang pemasukan dan pengeluaran yang besar-besar saja yang tercatat, tapi justru yang kecil-kecil malah tidak. Padahal, kan, pengeluaran kecil ini yang sering bikin cash flow berantakan. Ya nggak, sih?

What about you, Mommies, apakah sudah memiliki aplikasi keuangan di gadget?

 


Post Comment