Sweet Potato Cold Cheese Cake

Ide bikin cheese cake ini sebetulnya muncul karena cheese cake yang dingin ini adalah salah satu senjata untuk melawan GTM.  Bahan dasarnya seperti kue bolu agar bisa dikukus hehehe, maklum saya belum punya oven, jadi kalau bikin kue pasti cari resep yang bisa dikukus. Saya juga belum punya mixer, jadi mengocok bahannya dengan menggunakan pengocok telur. Oh satu lagi, saya bukan tipe orang yang tepat dalam hal pengukuran bahan. Biasanya dikira-kira saja pakai sendok takar milik suami, hehe!

Bahan:

2 butir telur

50 gram gula

50 gram tepung terigu

100 gram keju parut

2 buah ubi merah

Cara membuat:

1. Kukus ubi hingga matang, kupas kulitnya, haluskan, sisihkan.

2. Kocok telur dan gula hingga rata, masukkan terigu, kocok lagi hingga rata dan tidak ada gumpalan.

3. Masukkan ubi, aduk rata.

4. Masukkan keju parut, aduk rata.

5. Pindahkan ke mangkuk-mangkuk kecil atau pinggan anti panas.

6. Kukus kurang lebih selama 20 menit

Cek dulu pakai garpu, kalau sudah tidak ada yang menempel berarti sudah matang. Jadi, deh. Nah, supaya lebih asyik buat si anak yang lagi GTM, biasanya setelah hawa panas cheese cake kukus ini sudah hilang, saya simpan dulu dalam lemari es selama 1 jam, baru dihidangkan.

Selamat mencoba!


3 Comments - Write a Comment

  1. Kmrn udah bikin, suami sukaaaa bgt meskipun presentasinya amburadul gara2 kue lengket di cetakan. Ubinya saya ganti pake kentang. Tetep ciamik kok.
    Oh iya, karena gak punya timbangan kue jadi urusan timbang-menimbang saya andalkan insting aja. Hahaha…

Post Comment