Bisakah IUD Teraba?

by: - Tuesday, January 8th, 2013 at 1:00 pm

In: OBGYN 4 responses

0 share

Dear dr. Indra,

Saya Susanti, kemarin baru pasang IUD. Kata dokter, wire (kawatnya) bisa dirasakan atau dicek sendiri, itu yang saya tangkap, karena dia bicara dalam bahasa Inggris cepat sekali (saya sedang berada di Belanda). Tapi tadi saya coba cek, kok, nggak merasakan apa-apa, ya? Apa karena tipis banget? Mohon penjelasannya.

Kemudian, setelah dipasang IUD  keluar darah, darahnya seperti darah menstruasi. Sejak melahirkan anak pada 30 Agustus 2012, saya belum haid. Bagaimana bentuk darah yang keluar setelah dipasang IUD, apakah memang seperti menstruasi?

Hormat saya,

Susanti.

 

Dear Susanti,

IUD atau Intra Uterine Device, adalah alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim. Alat ini ada beberapa macam, ada yang murni silastik( LL sudah jarang ), ada yang dipasang campuran tembaga ( Copper T, ini yang sering) dan ada yg mengandung Hormon (Mirena).

*gambar dari sini

Semua IUD ada benang sebagai indikator untuk melihat apakah IUD masih pada tempat yang benar. Benang ini akan tampak di liang vagina ketika dilakukan pemeriksaan dengan spekulum atau dapat diraba oleh si pemakai bila diraba ke dalam liang vagina. Tapi saat ini banyak IUD yang benangnya dibuat sehalus mungkin agar lebih nyaman ketika pasangan melakukan sanggama atau juga mengurangi sekret yang keluar akibat reaksi benda asing.

Jadi mungkin maksud dokternya bukan wire yang teraba (karena ini adalah bagian dari IUD yang tertanam di dalam rahim), tapi filamen yang merupakan bagian dari IUD berupa benang yang keluar dan terletak di liang vagina sehingga mudah diraba (bila terbuat dari bahan yang lebih tebal).

Demikian penjelasan dari saya, mudah-mudahan dapat dimengerti.

Salam.

Share this story:

Tags:

Recommended for you:

4 thoughts on “Bisakah IUD Teraba?

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: Meralda Suhud
  3. Pingback: Sazkia Ghazi

Leave a Reply