Celebrating Pregnancy

keep-calm-cus-i-m-pregnant

Apa yang pertama kali Mommies lakukan ketika tahu sedang mengandung? Memberi tahu sanak saudara? Membeli baju hamil? Instal aplikasi hitung usia janin di smart-phone? Update status di sosial media? Atau seperti saya yang membuang hasil test pack pertama dan mencoba lagi sampai tiga kali? Well, apa pun yang kita lakukan, pasti sebetulnya dari dalam hati yang paling dasar, kita merasa bahagia karena akan merasakan hal yang menakjubkan selama kurang lebih 40 minggu.

Selain treat dari diri sendiri, ada juga kebiasaan yang sudah dilakukan turun temurun dalam lingkungan sekitar. Kalau di Indonesia, karena tinggal di Jawa dan beragama Islam, saya terbiasa dengan pengajian 4 bulanan dan mitoni atau nujuh bulanan. Walau saya tidak melakukannya, namun saya selalu menganggap, apa pun yang dilakukan oleh dan untuk para ibu semasa hamil adalah bentuk kasih sayang dan rasa bersyukur karena memang hamil itu adalah suatu yang ajaib, at least for me ;) Ngomongin soal kebiasaan, ternyata ada yang unik di beberapa belahan bumi ini dalam rangka menyambut kehamilan, ini adalah beberapa di antaranya:

AFRIKA

Di Afrika, wanita yang baru mengetahui bahwa dirinya hamil, tidak boleh mengumumkan ke publik sebelum usia kehamilannya memasuki usia 4 bulan, jadi yang tahu hanya suaminya saja. Setelah 4 bulan, boleh diumumkan, tapi wanita hamil tidak boleh berpesta untuk merayakan dan menerima hadiah semasa hamil. Jika hal ini dilanggar, bad mojo will follow, dan akan berakibat buruk pada janin, bayi lahir cacat atau keguguran misalnya.

CINA

Ketika mengetahui berita kehamilan seseorang, biasanya orang yang dituakan akan memberikan buku berisi puisi yang indah, disertai pesan bahwa wanita hamil tidak boleh bergosip, dan tertawa terbahak-bahak, agar janin tetap tenang dan bahagia dalam rahim ibu.

SRI LANKA

Karena percaya kalau hamil itu adalah hal yang sangat sakral dan waktu hamil itu sangat singkat, maka setiap wanita yang mengetahui dirinya hamil, harus bersiap-siap dikunjungi oleh kerabat dan teman-temannya. Hamil adalah momen yang harus dirayakan dengan suka cita, ibu hamil tidak boleh sedih, dan harus mengutarakan semua keinginannya. Apa pun yang diidamkan harus dipenuhi demi kebahagiaan ibu dan calon bayi.

JEPANG

Karena tradisi bahwa suami tidak perlu ‘ikut campur’ dalam urusan pre-natal, maka jika ada wanita yang akan periksa diri apakah dirinya hamil atau tidak, suaminya tidak dipersilahkan masuk ke dalam. Kecuali ada kondisi medis yang berbahaya, baru suami boleh masuk. Selain itu, setiap calon ibu yang baru pertama kali memeriksakan diri dan mendapati dirinya hamil, akan mendapat hadiah gantungan kunci bertuliskan “Onaka ni akachan ga imasu” yang artinya “there’s a baby in you” ;) Gantungan ini harus diletakkan di tempat yang mudah terlihat, agar bisa memanfaatkan fasilitas khusus ibu hamil, jadi tidak perlu khawatir lagi soal tempat duduk di bus misalnya.

Seru, ya, kebiasaan-kebiasaannya, kalau Mommies sendiri bagaimana? Ada ‘ritual’ khusus dari daerahnya masing-masing? :)

 

*Gambar dari sini dan thumbnail dari sini


10 Comments - Write a Comment

  1. Wah!

    Yang ritual di SRILANKA asik juga tuh! Jadi bumil disana pasti bener2 dibikin hepi sama lingkungan sekitarnya ya ^__^
    Kalau aku sendiri sie nda ada ritual yang dilakukan saat hamil, meski dulu pas Mamaku hamil anak pertama (aku), diadakan upacara nujuh bulanan :)

Post Comment